10 Laut Terluas di Dunia Beserta Letak dan Penjelasannya

Daftar 10 laut terluas di dunia - Sebanyak dua per tiga bagian Bumi dipenuhi oleh wilayah perairan. Oleh karena itu, banyak lautan-lautan yang tersebar di seluruh penjuru dunia. Ada juga lautan dengan luas wilayah yang sangat besar. Apa saja daftar laut terbesar di dunia? Kali ini akan kami bahas mengenai daftar 10 laut terluas di dunia saat ini.

Permukaan bumi memang dipenuhi wilayah perairan. Di Indonesia sendiri misalnya, terdapat banyak lautan mulai dari Laut Jawa hingga Laut Arafuru. Selain itu ada banyak selat atau teluk yang ada di Indonesia. Hal ini memang wajar, mengingat Indonesia sendiri termasuk kategori negara maritim dimana wilayahnya didominasi oleh kawasan perairan.

Pengertian laut adalah sekumpulan air asin yang sangat luas dan berhubungan dengan samudera. Samudera juga bisa diartikan kumpulan laut yang sangat luas. Contoh samudera terluas di dunia misalnya adalah Samudera Pasifik, Samudera Hindia dan Samudera Atlantik. Selain itu, laut juga memisahkan pulau dan benua yang ada di dunia.

Laut memiliki banyak fungsi dan manfaat bagi kehidupan manusia. Beberapa manfaat laut antara lain adalah sebagai tempat hidup bagi makhluk hidup di laut, seperti ikan-ikan, terumbu karang dan lain-lain. Beberapa biota laut ini tinggal di kawasan perairan yang merupakan habitat alami mereka hingga membentuk ekosistem bawah laut. Laut juga bisa digunakan sebagai sarana olahraga air bagi manusia. Orang-orang bisa melakukan surfing atau berenang di lautan.

Laut juga digunakan untuk tempat persediaan garam mengingat kandungan air laut yang mengandung garam. Tak heran jika laut memiliki peranan penting untuk ekonomi suatu negara. Laut juga memiliki banyak benda-benda laut yang bisa dipakai untuk membuat suvenir dan cinderamata pantai, seperti kerang, mutiara dan sejenisnya.

Beberapa laut memiliki luas yang sangat besar dengan wilayah jutaan kilometer persegi. Deretan laut terbesar di dunia yang paling luas ini terletak di kawasan perairan yang dekat dengan samudera. Berikut akan kami tampilkan artikel informasi mengenai daftar 10 laut terluas di dunia, tidak termasuk dari wilayah perairan samudera.

(baca juga pulau terbesar di dunia)

Laut Terluas di Dunia

10 Laut Terluas di Dunia


1. Laut Cina Selatan


Luas permukaan laut : 3.500.000 km persegi
Letak : Bagian dari Samudera Pasifik

Laut terluas di dunia adalah Laut Cina Selatan atau dikenal sebagai South China Sea. Luas Laut Cina Selatan adalah 3,5 juta km persegi. Laut ini merupakan bagian dari Samudera Pasifik. Adapun negara yang memiliki wilayah perairan disini adalah China, Taiwan, Filipina, Malaysia, Brunei, Indonesia, Singapura dan Vietnam.

2. Laut Karibia


Luas permukaan laut : 2.754.000 km persegi
Letak : Bersebalahan dengan Samudera Atlantik

Urutan laut terluas di dunia adalah Laut Karibia atau dikenal sebagai Caribbean Sea. Luas Laut Karibia adalah 2,75 juta km persegi. Laut ini bersebelahan dengan Samudera Atlantik. Adapun negara yang memiliki wilayah di perairan ini ada banyak, di antaranya adalah Meksiko, Belize, Honduras, Guatemala, Kuba, Haiti, Jamaika dan negara-negara Karibia lain.

3. Laut Tengah


Luas permukaan laut : 2.500.000 km persegi
Letak : Antara benua Eropa, Asia dan Afrika

Laut terbesar di dunia berikutnya adalah Laut Tengah atau dikenal sebagai Mediterranean Sea. Luas Laut Tengah adalah 2,5 juta km persegi. Laut ini berada di antara benua Eropa, Asia dan Afrika. Terkadang laut ini juga dikategorikan sebagai danau. Ada banyak negara yang memiliki wilayah perairan ini di antaranya adalah Albania, Aljazair, Kroasia, Siprus, Mesir, Italia, Yunani, Prancis, Libya, Tunisia, Maroko, Spanyol, Suriah, Slovenia, Turki dan lain-lain.

4. Laut Bering


Luas permukaan laut : 2.291.900 km persegi
Letak : Bagian dari Samudera Pasifik

Laut terluas di dunia berikutnya adalah Laut Bering atau biasa dikenal sebagai Bering Sea. Luas Laut Bering secara keseluruhan adalah 2,29 juta km persegi. Laut ini merupakan bagian dari wilayah perairan Samudera Pasifik. Negara yang memiliki wilayah perairan di Laut Bering adalah Rusia dan Amerika Serikat.

5. Laut Meksiko


Luas permukaan laut : 1.600.000 km persegi
Letak : Di antara Meksiko dan Amerika Serikat

Peringkat laut terluas di dunia selanjutnya adalah Laut Meksiko atau dikenal sebagai Gulf of Mexico. Laut ini memang juga dikategorikan sebagai teluk. Luas Laut Meksiko mencapai 1,6 juta km persegi. Letak laut ini berada di antara negara Meksiko dan Amerika Serikat. Selain kedua negara tersebut, Kuba juga memiliki wilayah di laut ini.

6. Laut Okhtsk


Luas permukaan laut : 1.392.000 km persegi
Letak : Terletak di perairan Rusia

Laut Okhtsk atau biasa dikenal sebagai Sea of Okhotsk menjadi laut terluas di dunia yang keenam berdasarkan luas wilayahnya. Luas Laut Okhtsk secara keseluruhan adalah 1,39 juta km persegi. Letak laut ini berada di perairan Rusia. Adapun negara yang memiliki wilayah di laut ini adalah Rusia dan Jepang.

7. Laut Jepang


Luas permukaan laut : 1.012.000 km persegi
Letak : Di sebelah barat Samudera Pasifik

Urutan ketujuh lautan terluas di dunia adalah Laut Jepang atau dikenal sebagai Sea of Japan. Luas Laut Jepang adalah 1,01 juta km persegi. Letak Laut Jepang ada di sebelah barat Samudera Pasifik. Beberapa negara memiliki wilayah perairan di Laut Jepang, di antaranya yaitu Jepang, Rusia, Korea Selatan dan Korea Utara.

8. Laut Hudson


Luas permukaan laut : 730.000 km persegi
Letak : Terletak di Timur Laut Kanada

Peringkat kedelapan laut terluas di dunia adalah Laut Hudson dikenal juga sebagai Hudson Bay. Luas Hudson ini adalah 730 ribu km persegi. Lokasi Laut Hudson berada di sebelah timur laut wilayah Kanada. Adapun negara yang memiliki wilayah perairan di Laut Hudson ini ada dua, yaitu Kanada dan Amerika Serikat.

9. Laut Cina Timur


Luas permukaan laut : 664.000 km persegi
Letak : Bagian dari Samudera Pasifik

Laut Cina Timur atau biasa dikenal sebagai East China Sea menjadi laut terluas kesembilan di dunia. Luas Laut Cina Timur adalah 664 km persegi. Letak Laut Cina Timur merupakan bagian dari Samudera Pasifik. Ada 4 negara yang memiliki wilayah perairan di laut ini yaitu China, Korea Selatan, Jepang dan Taiwan.

10. Laut Andaman


Luas permukaan laut : 564.000 km persegi
Letak : Bagian dari Samudera Hindia

Urutan kesepuluh laut terbesar di dunia adalah Laut Andaman. Luas Laut Andaman adalah 564 km persegi. Laut ini merupakan bagian dari Samudera Hindia. Negara-negara dengan wilayah perairan di lautan ini adalah India, Myanmar, Thailand, Malaysia dan Indonesia. Laut Andaman juga menjadi laut terluas di Indonesia.


Nah itulah sekilan info mengenai daftar 10 laut terluas di dunia yang paling besar selengkapnya update terbaru. Lautan-lautan tersebut memiliki total luas permukaan terbesar. Lautan terluas di dunia adalah Laut Cina Selatan yang wilayahnya mencapai kawasan selatan Cina hingga membentang ke kawasan Asia Tenggara. Semoga info tersebut bisa bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan.

0 Response to "10 Laut Terluas di Dunia Beserta Letak dan Penjelasannya"

Posting Komentar