Profil dan Biografi Jokowi Terbaru, Presiden Indonesia Periode 2014-2024

Biografi Jokowi - Joko Widodo atau bisa disapa Jokowi, merupakan tokoh politik Indonesia yang merupakan Presiden Indonesia ke-7 para periode tahun 2014 sampai 2019, serta terpilih lagi pada periode 2019 sampai 2024. Ia memiliki nama lengkap Joko Widodo namun akrab dipanggil Jokowi saja. Jokowi lahir di kota Solo (Surakarta) pada tanggal 21 Juni 1961. Sebelum menjabat sebagai presiden Republik Indonesia, Jokowi juga pernah menjabat sebagai Walikota Solo dan Gubernur DKI Jakarta.

Kali ini akan dibahas mengenai profil dan biografi Jokowi terbaru lengkap beserta info riwayat hidup, tanggal lahir, agama, foto dan keluarga Jokowi saat ini.

Biodata Jokowi


Nama : Ir. H. Joko Widodo
Tempat Lahir : Surakarta, Jawa Tengah
Tanggal Lahir : 21 Juni 1961
Kebangsaan : Indonesia
Lulusan : Universitas Gajah Mada (UGM)
Partai : Partai Demokrat Indonesia Perjuangan (PDIP)
Agama : Islam

Biografi Jokowi

Profil Jokowi


Jokowi terpilih sebagai presiden Indonesia di tahun 2014. Sebelumnya Jokowi menjabat sebagai walikota Solo dari tahun 2005 hingga tahun 2012. Setelah itu Jokowi ditunjuk oleh partainya PDIP untuk maju ke pemilihan gubernur DKI Jakarta. Ia pun berhasil memenangkan pilgub dan menjadi gubernur DKI Jakarta bersama dengan wakilnya Ahok. 

Di tahun 2014, Jokowi kembali ditugaskan oleh partai PDIP untuk maju dalam pemilihan presiden RI 2014. Ia berhasil memenangi pemilihan umum presiden dengan ditemani Jusuf Kalla sebagai wakil presiden, menghadapi lawannya, yakni Prabowo Subianto dan Hatta Rajasa. Jokowi akhirnya terpilih sebagai presiden Indonesia periode 2014-2019.

Pada pemilihan umum presiden periode 2019-2024, Jokowi kembali mencalonkan diri, kali ini dengan menggandeng ulama karismatik, Ma'ruf Amin sebagai wakil presidennya. Jokowi-Ma'ruf kembali memenangi pemilu mengalahkan pasangan Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno hingga terpilih sebagai presiden Indonesia periode 2019 sampai 2024.

Biografi Jokowi


Karir Politik Sebagai Walikota Solo dan Gubernur DKI Jakarta

Jokowi merupakan lulusan universitas Gajah Mada (UGM) di Yogyakarta. Ia mengambil fakultas Kehutanan. Pada tahun 2005, ia maju dalam pilkada Solo dengan diusung partai PDIP dan PKB. Dengan didampingi wakil walikota FX. Hadi Rudyatmo, Jokowi kemudian terpilih sebagai walikota Solo. Ia kemudian dinilai berhasil membenahi kota Solo menjadi lebih baik.

Jokowi kemudian diajukan sebagai calon gubernur DKI Jakarta oleh partai PDI. Meski awalnya menolak, Jokowi kemudian setuju meninggalkan jabatan walikota Solo dan maju dalam pilgub DKI bersama wakil gubernur Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok. Jokowi-Ahok akhirnya berhasil memenangkan pilgub putaran kedua setelah unggul dalam perolehan suara atas pasangan Fauzi Bowo dan Nachrowi Ramli.

Jokowi menjajikan perubahan besar di awal jabatannya sebagai gubernur DKI Jakarta. Ia pun kerap diliput oleh media media massa, baik televisi, koran atau portal online. Singkatnya ia makin terkenal dan populer layaknya selebriti. Hampir tiap hari beritanya selalu ada di TV. Ia juga dikenal dengan kebiasaan blusukan, yaitu berkeliling ke daerah dan wilayah di Jakarta, mulai dari pasar, permukiman dan tempat umum.

(baca juga biografi Soekarno)


Terpilih Sebagai Presiden Indonesia Periode 2014-2019 dan 2019-2024

Popularitas Jokowi yang menaik dengan drastis membuatnya selalu berada dalam daftar calon presiden di survey jajak pendapat yang diadakan oleh berbagai lembaga nasional maupun independen. Hal ini kemudian dimanfaatkan oleh PDI-P untuk mengajukannya sebagai kandidat presiden pada pemilu presiden Indonesia periode 2014-2019 setelah berakhirnya masa kepemimpinan presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). 

Jokowi dideklarasikan sebagai calon Presiden pada tanggal 14 Maret 2014. Jusuf Kalla (JK) kemudian dipilih sebagai calon wakil presiden mendampinginya. Mereka bersaing dengan kandidat presiden-wakil presiden lainnya, yaitu Prabowo Subianto dan Hatta Rajasa. Jokowi akhirnya terpilih sebagai presiden Republik Indonesia ketujuh setelah memenangkan pemilu.

Selama 5 tahun masa kepemimpinannya, banyak publik mengaku puas, meski banyak kritik di bidang ekonomi serta penanganan korupsi, hukum dan HAM. Jokowi akhirnnya kembali maju pada pemilu presiden periode 2019-2024 dengan menggandeng Ma'ruf Amin. Keduanya berhasil mengalahkan lawannya, lagi-lagi Prabowo Subianto yang kini berpasangan dengan Sandiaga Uno.

Masa kepresidenan Jokowi periode kedua dilantik pada tanggal 20 Oktober 2019. Ia pun akan memimpin Indonesia selama total 10 tahun, mulai dari tahun 2014 hingga 2024 kelak. Selama menjadi presiden, Jokowi dikenal sebagai sosok yang merakyat dan dikenal luas oleh masyarakat. Sementara performa dan kinerja pemerintahannya mendapat tanggapan pro-kontra, ada yang mengapresiasi tapi tidak sedikit yang memberi kritik.

(baca juga biografi Prabowo Subianto)

Keluarga Jokowi


Jokowi adalah anak anak tertua dalam keluarganya. Ayah Jokowi bernama Noto Mihardjo sedangkan Ibu Jokowi bernama Sudjiatmi Notomihardjo. Ia memiliki tiga orang adik perempuan yaitu Iit Sriyantini, Ida Yati dan Titik Relawati. Istri Jokowi bernama Iriana Widodo. Bersama Iriana, Jokowi memiliki tiga orang anak. Anak Jokowi bernama Gibran Rakabuming Raka, Kahiyang Ayu dan Kaesang Pangarep.

Nah itulah profil Joko Widodo beserta biodata, pekerjaan, karir politik dan organisasi, keluarga dan biografi Jokowi lengkap update terbaru.

2 Komentar untuk "Profil dan Biografi Jokowi Terbaru, Presiden Indonesia Periode 2014-2024"

  1. ibarat tumbuhan langka, jokowi ini musti dilestarikan

    BalasHapus
  2. Optimisme Indonesia Menang
    Lanjutkan 2 periode Pak InsyaAllah ..

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel