14 Macam-Macam Browser Tercepat dan Terbaik di Dunia (PC & Android)

Macam-macam browser terbaik di dunia - Saat ini teknologi makin berkembang terutama dengan mudahnya mendapatkan akses internet. Dengan internet kita bisa mendapat berita terbaru dan membuka sosial media. Untuk itu dibutuhkan web browser agar kita bisa mengakses internet. Apa sajakah web browser tercepat di dunia saat ini, baik pada versi PC atau mobile?

Pengertian web browser adalah aplikasi yang bisa digunakan untuk membantu mengakses internet. Browser yang tepat mempengaruhi aktifitas kita dengan internet, seperti searching, browsing atau download. Tiap jenis-jenis browser juga memiliki tingkat koneksi yang berbeda-beda, tergantung dengan beberapa faktor. 

Sebagai user PC atau smartphone, kita harus bisa memilih aplikasi broswe yang sesuai untuk digunakan di gadget masing-masing. Beberapa browser terbaik yang populer memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. 

Ada browser yang hanya bagus digunakan di PC, ada juga yang direkomendasikan digunakan di handphone. Ada yang memiliki kecepatan kencang, ada yang memiliki varian adds-on yang banyak dan ada juga yang memiliki spek ringan.

Tiap spesifikasi dan performa browser inilah yang mempengaruhi kualitas browser yang kita gunakan. Di bawah ini kami telah memilih tips rekomendasi daftar 7 web browser terbaik dan tercepat di dunia, baik untuk versi PC (komputer/laptop) atau versi mobile (hp/smartphone) beserta kelebihan dan kekurangannya.

(baca juga sejarah internet)


7 Web Browser Tercepat dan Terbaik untuk PC


1. Mozilla Firefox


Mozilla Firefox dinobatkan sebagai browser terbaik saat ini. Dalam beberapa tahun terakhir browser Google Chrome dianggap lebih baik, namun update terbaru Firefox membuat web browser kembali mengambil tahta sebagai web browser no. 1 di dunia.

Kelebihan Mozilla Firefox antara lain adalah kecepatan yang kencang ditambah keunggulan pada sistem privacy. Selain itu fleksibilitas dan ketersediaan ekstensi yang lengkap juga menjadi faktor sebagai web browser terbaik di dunia.

2. Google Chrome


Sebenarnya tak ada perbedaan terlalu jauh dari segi kualitas antara Mozilla Firefox dan Google Chrome. Chrome dikenal sebagai salah satu web browser tercepat di dunia dengan performa kencang dan banyaknya ekstensi yang menjadi kelebihan Google Chrome.

Namun kekurangan Google Chrome adalah software ini yang begitu berat. Menggunakan Chrome maka kita harus siap-siap menghabiskan banyak daya RAM dalam waktu bersamaan. Untuk komputer/laptop spek rendah, Chrome tentu bisa menjadi kendala.

3. Opera


Opera juga dikenal sebagai salah satu web browser yang paling banyak digunakan. Web browser ini pun bisa jadi alternatif bagi yang memiliki koneksi rendah. Adanya mode excellent turbo dan ad-blocker yang terintegrasi menjadi kelebihan Opera.

Tentu ada beberapa kekurangan Opera jika dibandingkan dengan Firefox dan Google Chrome, salah satu yang mencolok adalah sedikitnya fitur plugin yang disediakan.

4. Microsoft Edge


Microsoft Edge menjadi browser baru yang menghadirkan fitur integrasi penuh di Windows 10. Kelebihan Microsoft Edge adalah performa yang kencang dan tersedia mode built-in reading yang cukup bermanfaat.

Web browser ini menjadi browser default untuk Windows 10. Hanya saja salah satu kekurangan Microsoft Edge adalah tidak kompatibel pada OS lama.

5. Internet Explorer


Internet Explorer atau IE sering dijadikan olok-olok netizen sebagai browser yang lemot dan lelet. Namun faktanya versi terbaru Internet Explorer sudah berubah dan cukup bagus performa.

Kelebihan Internet Explorer adalah desainnya yang jelas dan kompatibel di versi lama. Sedangkan kekurangan Internet Explorer adalah kecepatan dan plugin yang sedikit.

6. Vivaldi


Vivaldi menjadi web browser yang cukup unik dan bisa jadi alternatif. Dengan web browser ini, kita bisa mengkustomisasi tampilan display web browser dengan memilih menu dan tab yang perlu ditampilkan.

Sementara kekurangan Vivaldi adalah kecepatannya yang tidak terlalu kencang, ditambah dengan penggunanya yang masih relatif sedikit.

7. Tor Browser


Nama Tor Browser mungkin agak sedikit asing bagi sebagian kalangan. Namun faktanya Tor Browser menjadi salah satu web browser terbaik saat ini.

Keunggulan Tor Browser di antaranya adalah bisa terus menggunakan fitur private browsing. Meski begitu, kecepatan Tor Browser bisa dibilang cukup rendah dibanding yang lain.

7 Web Browser Tercepat dan Terbaik untuk HP


Bagaimana dengan browser hp? Ada beberapa aplikasi browser hp yang bagus dan favorit serta bisa diunduh secara gratis lewat PlayStore, baik pada versi Android, Windows Phone atau iOS.

1. Google Chrome


Untuk versi mobile, Google Chrome menjadi rekomendasi browser terbaik saat ini. Fitur-fitur yang tersedia pada versi PC bisa digunakan pada versi mobile, termasuk fitur login akun Google. Soal kecepatan, Chrome pun dianggap sebagai web browser tercepat di dunia.

2. Opera Mini


Versi Opera Mini juga cukup populer sebagai aplikasi browser yang banyak digunakan oleh para user. Hal ini bisa dilihat dari jumlah unduhan Opera Mini yang sangat banyak. Tak heran jika Opera Mini menjadi browser smartphone terpopuler.

3. Firefox


Tak hanya untuk versi PC, Firefox juga sangat direkomendasikan digunakan di hp. Keunggulan-keunggulan Firefox pun sangat banyak, dengan kecepatan kencang, fitur adds-on yang cukup banyak serta adanya mode icognito.

4. Puffin


Puffin menjadi salah satu browser terbaik, khusus untuk mobile. Ada beberapa keunggulan Puffin yang tidak ada di browser lain, misalnya pemilihan tema, integrasi Adobe Flash, gamepad virtual dan loading yang sangat kencang.

5. Dolphin Browser


Dolphin Browser juga jadi rekomendasi browser terbaik di hp saat ini. Browser ini memiliki fitur Dolphin Sonar yang membuat kita bisa melakukan pencarian dengan suara. Ada banyak keunggulan Dolphin lain yang cukup berguna.

6. Safari


Tak lengkap membicarakan aplikasi browser terbaik versi mobile. Safari menjadi salah satu browser hp paling bagus dan paling recommended. Banyak keunggulan Safari yang sangat efisien dan bermanfaat bagi user.

7. UC Browser


UC Browser sangat dikenal sebagai salah satu aplikasi browser hp terbaik dan tercepat di dunia. Aplikasi ini sangat populer di kalangan user android, hingga menjadi browser favorit yang banyak diunduh di PlayStore.


Nah itulah info tips teknologi mengenai rekomendasi macam-macam browser terbaik dan tercepat di dunia, baik untuk versi PC maupun versi smartphone. Pemilihan aplikasi penyedia internet memang perlu untuk diperhatikan karena nantinya bisa berdampak pada peningkatan efektifitas dan produktifitas kerja kita. Semoga info tersebut bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "14 Macam-Macam Browser Tercepat dan Terbaik di Dunia (PC & Android)"

Posting Komentar