Sejarah Internet di Dunia dan Perkembangan Internet di Indonesia

Sejarah internet dan perkembangannya - Saat ini internet merupakan sesuatu yang sangat penting. Hampir semua orang membutuhkan internet. Awal sejarah internet bermula pada tahun 60an. Perkembangan internet pun terus meningkat hingga di era modern. Dari tahun ke tahun internet menjadi hal yang sangat penting dan berkaitan dengan pesatnya teknologi dan komunikasi. Kali ini akan dibahas mengenai sejarah singkat internet dunia serta perkembangan internet di Indonesia selengkapnya.

Pengertian Internet


Sebelum membahas mengenai sejarah internet tahukah anda apa itu internet? Internet merupakan kependekan dari interconnection-networking. Pengertian internet adalah seluruh jaringan komputer di seluruh dunia yang saling terhubung menggunakan standar sistem global TCP/IP. TCP/IP berfungsi sebagai protokol pertukaran paket untuk melayani seluruh user di seluruh dunia, yang terhubung melalui sistem antarjaringan.

Di era modern saat ini, akses internet sudah menjadi hal yang penting. Manfaat internet antara lain bisa membantu pekerjaan kita, berinteraksi dengan teman di sosial media, berkirim pesan lewat email, mencari informasi dan berita dengan cepat serta hal dan keperluan lain, baik yang penting maupun hanya sekedar refreshing.

Meski begitu internet memiliki sejarah panjang dari era dulu hingga bisa diakses dengan mudah seperti sekarang. Awal perkembangan internet di dunia dimulai pada era 1960an, hingga kemudian berkembang dengan sangat pesat di era 90an.

Sejarah Internet

Sejarah Internet


Tahun 60an

Internet awalnya merupakan sebuah jaringan komputer yang dibentuk pada 1969. Jaringan tersebut dibentuk oleh lembaga Departemen Pertahanan Amerika Serikat, melalui proyek yang disebut Advanced Research Project Agency Network atau disingkat ARPANET. Fungsi internet saat itu adalah untuk keperluan militer.

Dalam proyek ini, mereka memperagakan cara berkomunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon dengan bantuan hardware dan software komputer dengan basis UNIX. Sehingga para pengembangnya mulai menyadari bahwa hal tersebut dapat membantu manusia untuk berkomunikasi jarak jauh melalui saluran telepon.

Proyek ini lalu menjadi awal mula dari pembentukan sebuah protokol baru yang dikenal sebagai TCP/IP. Penemuan ini pun terus dikembangkan dan menjadi cikal bakal internet yang kita kenal di era modern seperti sekarang.

Tahun 70an

ARPANET diperkenalkan secara publik pada 1972. Setelah itu, proyek ini berkembang pesat di seluruh dunia dimana banyak universitas di negara-negara lain yang ingin bergabung sehingga ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.

Untuk mengatasi masalah tersebut, ARPANET kemudian dibagi menjadi dua, yaitu ARPANET dan MILNET. Khusus untuk MILNET hanya berfungsi untuk keperluan bidang militer. Sedangkan ARPANET berfungsi untuk bidang non-militer. Keduanya bergabung dan dikenal dengan nama DARPA Internet, yang akhirnya disingkat menjadi Internet.

Di tahun 1974, Vint Cerf bersama dengan Bob Kahn mengumumkan spesifikasi detail Transmission Control Protocol (TCP). Pada tahun ini juga muncul penyedia layanan internet (ISP) yang pertama kali yang bernama Telenet.

Jumlah komputer yang terhubung jaringan ARPANET pun semakin banyak. Tahun 1978, protokol TCP mulai dibagi menjadi 2 bagian, yaitu Transmission Control Protocol dan Internet Protocol atau yang disingkat menjadi TCP/IP.

Tahun 80an

Tahun 1979 berdiri newsgroup pertama bernama USENET. Di tahun 1981 gebrakan baru tercipta dengan munculnya telepon televisi pertama. Selain itu makin banyak tersedia layanan file transfer protocol (FTP) dan electronic mail (e-mail).

Pada 1984 sistem domain pertama diperkenalkan atau yang dikenal dengan DNS (Domain Name System). Saat itu mulai dikenalkan sistem pemberian nama website seperti nama .com, .net, .info dan .org.

Di tahun 80an diperkirakan ada sektar 100.000 komputer yang terhubung ke jaringan. Jumlah ini terus naik dari tahun ke tahun. Hal ini menjadi sejarah awal internet yang akhirnya mulai benar-benar booming di era 90an.

Tahun 90an

Pada tahun 1990 sebuah terobosan baru kembali dibuat. Tim Berners Lee mengembangkan HyperText Markup Language (HTML). Ia juga menemukan program editor dan browser yang bisa digunakan untuk menjelajah antara satu komputer dengan komputer yang lainnya yang membentuk jaringan itu. Program inilah yang kemudian disebut dengan www atau World Wide Web.

Perkembangan internet dunia di tahun 90an kian pesat. Tahun 1992 pertama kali muncul konten audio dan video di internet. Istilah browsing atau berselancar di dunia mayar pun mulai populer.

Hal ini kemudian diikuti dengan munculnya situs lain yang mencapai ribuan halaman dalam kurun beberapa tahun saja. Selain itu sistem komunikasi lewat e-mail dan virtual-shopping juga mulai populer di era 90an. Beberapa instansi pemerintahan dan lembaga lain mulai membuat website masing-masing.

Tahun 1994 perusahaan Yahoo! pertama kali dibuat. Kemudian situs internet populer lain seperti Amazon, eBay dan Match.com juga mulai mengudara. Web browser pun mulai dibuat dimana terjadi persaingan antara Microsoft dan Netscape.

Tahun 1998, Google pertama kali muncul. Saat ini Google menjadi mesin pencari (search engine) paling populer yang paling banyak digunakan.

Tahun 2000an

Internet di tahun 2000an sudah sangat populer dan sangat modern. Meski begitu sektor keamanan internet pun mulai rawan seiring dengan banyaknya serangan virus dan mailware internet yang menyerang.

Di tahun 2000an banyak juga situs internet terkenal muncul. Contohnya seperti Facebook, Skype, MySpace, WordPress, YouTube, Twitter dan lain-lain. Era sosial media di internet pun melanda masyarakat di seluruh dunia.

Tak kurang ada jutaan website yang ada di internet. Tiap orang pun bisa dengan mudah membuat blog dan website sendiri. Internet pun tak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia sehari-hari.

(baca juga list web browser terbaik)

Sejarah Internet di Indonesia

Sejarah Internet di Indonesia


Bagaimana dengan sejarah internet di Indonesia? Perkembangan internet di Indonesia baru benar-benar booming sejak tahun 90an. Yang menjadi pemrakarsa internet di Indonesia adalah dari golongan mahasiswa, akademisi dan ilmuwan.

Awalnya internet hanya digunakan untuk kegiatan non-komesial, seperti minat dan hobi tertentu. Dampaknya sempat muncul komunitas pecinta telekomunikasi dan radio yang mulai memanfaatkan internet sejak era 90an. Penggunaan internet pun menjadi alternatif sambungan komunikasi yang lebih murah dan efisien.

Sejarah internet di Indonesia juga terbantu berkat adanya mahasiswa Indonesia di luar negeri. Mereka banyak membuat mailing list untuk jaringan komunikasi satu sama lain. Lembaga lembaga pendidikan Indonesia pun mulai memanfaatkan internet sebagai media pembelajaran.

Penyedia jaringan internet pertama di Indonesia saat itu adalah Ipteknet yang berdiri sejak tahun 1994. Setelah itu banyak layanan internet lain seperti IndoNet dan IndoInternet. Untuk dapat terhubung ke internet, waktu itu memakai dial-up dari penyedia layanan internet tersebut.

Adanya jaringan IntraNet yang berada di universitas adalah salah satu kunci berkembangnya internet di Indonesia. Sebelumnya hanya mengandalkan Local Area Network atau jaringan komputer pada lingkungan terbatas.

Setelah itu pengembangan internet di Indonesia pun kian pesat berkat usaha para akademisi dan peneliti yang ingin mengembangkan internet. Dari awalnya hanya untuk media komunikasi, internet pun berkembang cepat pada media lain.

Tahun 1997 dan 1998 disebut sebagai tahun pertama kali ada warung internet atau warnet. Keberadaan warnet kemudian semakin menjamur di tahun 2000an. Setelahnya mulai banyak bermunculan media online yang menyebarkan berita dan informasi dari internet. 

Tahun 2000an juga disemarakkan dengan banyaknya blog-blog yang dibuat para pengguna internet di Indonesia. Era sosial media pun muncul berkat kehadiran situs social networking seperti Friendster, MySpace, Facebook atau Twitter.

Nah demikianlah sejarah singkat internet mulai dari pengertian internet, sejarah internet di dunia serta perkembangan internet di Indonesia selengkapnya. Saat ini kehidupan sehari-hari kita memang tidak bisa dipisahkan dengan kehidupan sehari-hari kita. Sekian artikel kali ini, semoga bisa bermanfaat dan menjadi referensi.

2 Responses to "Sejarah Internet di Dunia dan Perkembangan Internet di Indonesia"