Tips Trik Formasi Terbaik PES 2018 Tak Terkalahkan Paling Jitu

PES 2018 atau Pro Evolution Soccer 2018 merupakan salah satu game bola populer yang merupakan lanjutan game PES 2017. Terdapat beberapa tips dan trik PES 2018 yang bisa digunakan untuk memainkan game versi baru ini. Selain itu juga ada trik formasi PES 2018 terbaik yang tak terkalahkan. Kali ini akan diulas mengenai cheat dan trik formasi terbaik PES 2018 yang paling ampuh dan paling jitu selengkapnya.

Sejak dirilis di bulan Sempteber 2017, game PES 2018 langsung jadi populer dan banyak dimainkan. Terdapat perubahan grafik dan gameplay PES 2018 menjadi lebih bagus dibanding versi versi sebelumnya, seperti PES 2017 hingga PES 2013 sekalipun. Konami selaku pengembang pun membuat beberapa perubahan pada cara bermain PES 2018 ini.

(baca juga tips trik PES 2017)

Perbedaan gameplay PES 2018 membuat para pemain harus menyesuaikan permainan. Dibutuhkan tips PES 2018 dan trik PES 2018 yang ampuh agar bisa lancar memainkan game PES 2018 ini. Beberapa tutorial PES 2018 pun mencakup gameplay baru PES, misalnya trik tendangan bebas PES 2018, cara merebut bola PES 2018 hingga cara diving PES 2018.

Terdapat pula beberapa password dan kode PES 2018 yang bisa diaplikasikan untuk menciptakan skill PES 2018 saat sedang bertanding. Namun kali ini akan difokuskan pada pembahasan tips taktik dan strategi PES 2018. Seperti diketahui bahwa banyak formasi PES 2018 yang tersedia lengkap dengan variasi taktik PES 2018 baik taktik menyerang atau pun taktik bertahan.

Formasi yang digunakan pun tergantung pada tim atau klub yang kita gunakan. Formasi klub seperti Real Madrid dan Barcelona berisikan banyak pemain terbaik. Sementara klub lain seperti Juventus, Manchester United, PSG, Chelsea, Arsenal, AC Milan, Inter Milan, Liverpool, Manchester City atau Bayern Munchen juga memiliki banyak pemain dengan skill dan atribut bagus.

Lantas bagaimana formasi PES 2018 agar selalu menang? Adakah formasi PES 2018 tak terkalahkan yang paling jitu? Berikut ini akan kami sajikan info tips trik formasi terbaik PES 2018 yang paling ampuh dan paling jitu berupa trik formasi PES 2018, tips memilih pemain hingga trik taktik dan strategi PES 2018 selengkapnya.

Trik Formasi Terbaik PES 2018

Trik Formasi PES 2018 yang Paling Ampuh


Formasi Terbaik PES 2018


Formasi 4-3-3

Mungkin kebanyakan gamers PES 2018 sepakat bahwa formasi 4-3-3 adalah salah satu formasi terbaik PES 2018. Taktik ini memang sangat seimbang antara penyerangan dan pertahanan. Saat dalam posisi menyerang, bek sayap kita akan maju ke depan hingga membentuk formasi 2-3-5. Sedangkan saat bertahan, 2 winger kita akan mundur ke tengah hingga membentuk pola 4-5-1.

Kunci dari formasi 4-3-3 adalah peran bek sayap (bek kanan dan bek kiri) serta winger (winger kanan dan winger kiri). Tiga gelandang tengah juga dituntut menguasai jalannya permainan. Sangat penting untuk menurunkan gelandang dengan karakter berbeda, misalnya 1 gelandang bertahan, 1 gelandang tengah dan 1 gelandang serang atau playmaker.

Formasi 4-2-3-1

Salah satu formasi terbaik PES lainnya adalah 4-2-3-1. Formasi ini pun cukup identik dengan pola 4-3-3, bedanya terdapat satu gelandang serang utama di belakang striker. Dalam hal ini, pemain yang berada di belakang striker juga bisa menggunakan tipe support striker (SS) untuk menimbulkan ancaman lebih bagi pertahanan lawan.

Pemain yang bermain sebagai playmaker dituntut memiliki kreativitas tinggi dengan kemampuan passing dan shooting yang bagus.Sementara 2 gelandang tengah juga harus memiliki kemampuan umpang yang bagus untuk membagi bola, baik pada winger atau playmaker atau langsung ke striker utama. Salah satu gelandang harus bertipe bertahan untuk memberi cover bagi pertahanan.

Tips Memilih Pemain dan Peran


Memilih pemain yang diturunkan

Untuk memilih pemain yang akan diturunkan, terdapat 3 faktor yang harus dipertimbangkan yaitu player rating, level kelelahan serta performa yang ditandai dengan simbol warna panah. Dalam hal ini cobalah untuk memprioritaskan warna panah. Pemain yang biasa-biasa saja mungkin akan bermain lebih baik jika dalam performa terbaik (warna merah) dibanding pemain hebat dengan performa biasa (misalnya warna hijau atau biru).

Pemilihan pemain berdasarkan performa sangat beralasan. Setelah itu faktor kelelahan (fatigue level) bisa jadi prioritas kedua. Pemain yang kelelahan mungkin hanya bisa bermain 60 menit saja sebelum kehabisan tenaga. Setelah itu baru kita memprioritaskan player rating setelah prioritas pertama dan kedua, yaitu warna panah dan tingkat kelelahan terpenuhi.

Tentu hal ini juga bersifat fleksibel tergantung situasi dan kondisi. Artinya jika dibutuhkan kita harus menurunkan pemain terbaik dalam tim kita meski tidak dalam performa terbaik. Jika hal ini terjadi, cobalah untuk mencetak gol sesegera mungkin dan jika sudah unggul segera gantikan pemain terbaik tersebut agar bisa beristirahat.

Memilih peran pemain

Terdapat banyak jenis dan variasi taktik PES 2018. Memiliki skuad yang seimbang antara menyerang dan bertahan mungkin bisa menjadi opsi terbaik untuk memilih formasi PES 2018 yang tak terkalahkan. Upayakan untuk menentukan role atau peran khusus bagi tiap pemain dalam skuad. Misalnya untuk posisi gelandang, ada yang berperan sebagai box to box dan untuk gelandang sayap sebagai profilic winger.

Cobalah untuk menghindari 2 pemain dengan karakter yang sama dalam susunan pemain yang diturunkan. Memainkan 2 pemain dengan tipe yang sama malah akan menimbulkan ketidakseimbangan dalam formasi PES 2018. Pengecualian terjadi untuk pemain sayap karena keduanya berada pada 2 sisi posisi yang berbeda. Pilih 1 peran untuk tiap pemain dan gunakan taktik lain untuk menetukan formasi terbaik PES 2018.

Menentukan skill pemain

Secara umum, terdapat beberapa peran dan posisi pemain dalam tim, yaitu kiper (GK), bek tengah (CB), bek sayap (SB), gelandang bertahan (DMF), gelandang tengah (CMF), gelandang serang (AMF), winger (WF), second striker (SS) dan penyerang (CF). Dalam menentukan pemain yang akan bermain di tiap posisi ada beberapa atribut dan skill yang harus diperhatikan di antaranya yaitu:

Kiper (GK) : saving, goalkeeping, jump
Bek tengah (CB) : physical strength, ball winning, header
Bek sayap (SB) : speed, passing, dribbling speed
Gelandang bertahan (DMF) : ball winning, physical strength, interception
Gelandang tengah (CMF) : work rate, stamina, teamwork
Gelandang serang (AMF) : passing, final ball, vision
Winger (WF): speed, dribbling speed, final ball
Second striker (SS) : passing, ball control, kicking power
Penyerang (CF) : finishing, header, attacking prowess

Tips Taktik dan Strategi PES 2018


Formasi Menyerang

Terdapat 2 opsi yang digunakan dalam taktik penyerangan dalam PES 2018 yaitu taktik possesion game dan counter attack. Strategi possesion game mungkin akan lebih seimbang dan lebih minim resiko. Para pemain juga akan saling memberi support satu sama lain. Namun penyerangan akan berlangsung dengan tempo lambat.

Sedangkan strategi counter attack akan berlangsung dengan tempo cepat. Taktik ini cocok jika di tim terdapat winger dengan kecepatan yang kencang. Meski begitu strategi juga akan beresiko jika penyerangan gagal. Pemilihan taktik antara possesion game dan counter attack akan tergantung pada kondisi pemain dalam skuad.

Formasi Bertahan

Terdapat 2 opsi yang digunakan dalam strategi bertahan pada PES 2018 yatiu frontline pressure atau all-out defense. Frontline pressure akan memungkinkan pemain kita melakukan pressure atau tekanan pada pemain lawan sejak awal. Taktik ini efektif untuk merebut bola dari lawan namun juga beresiko karena membutuhkan banyak stamina dan membuat lini pertahanan menjadi lebih kosong.

Sementara untuk taktik all-out defense pemain kita akan lebih menunggu dan menumpuk di lini pertahanan. Hal ini membuat lawan akan kesulitan menembus pertahanan kita, namun kelemahannya tim lawan akan lebih leluasa membangun serangan. Pemilihan strategi antara frontline pressure dan all-out defense akan tergantung pada kondisi pemain dalam skuad.


Itulah info cheat tips trik cara bermain PES 2018 berupa trik formasi PES 2018 yang paling jitu lengkap. Seperti diketahui bahwa PES menjadi salah satu seri game bola terbaik. Tentu dibutuhkan formasi terbaik PES agar kita bisa mudah memenangkan pertandingan dalam bermain game PES 2018 ini. Varian taktik dan strategi pun harus terus dieksplor untuk menentukan formasi paling jitu dan ampuh bagi tim yang digunakan.

1 Komentar untuk "Tips Trik Formasi Terbaik PES 2018 Tak Terkalahkan Paling Jitu"

  1. Apa formasi tersebut bisa untuk semua club yang ada? Soalnya, Saya lebih suka memakai Manchester City. Kalau memang ada formasi tersendiri untuk Manc.City, tolong dibagikan juga ya gan!
    Thanks

    BalasHapus