10 Negara Terpadat di Dunia dengan Penduduk Terbanyak & Paling Padat

Negara terpadat di dunia - Tiap negara tentu memiliki penduduk. Saat ini beberapa negara dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia antara lain adalah China, India, Amerika Serikat dan Indonesia. Lalu bagaimana dengan negara paling padat di dunia saat ini? Kali ini akan dibahas mengenai daftar 10 negara terpadat penduduknya di dunia dihitung dari perbandingan luas wilayah dan populasi jumlah penduduknya.

Jika menghitung populasi penduduk, maka negara penduduk terbanyak di dunia adalah Republik Rakyat China dengan total penduduk sebesar 1,38 miliar jiwa. Sementara India, Amerika Serikat, Indonesia, Pakistan, Brasil dan Nigeria. Namun jika dihitung dari kepadatan penduduknya, maka ada negara lain yang lebih padat.

Untuk mengetahui kepadatan penduduk atau density, maka dilakukan perhitungan dengan membagi populasi penduduk dan luas wilayah. Misal sebuah negara memiliki luas 100 km persegi dan penduduknya ada 2500 jiwa, maka kepadatan penduduknya adalah 250 jiwa per km persegi. Artinya tiap 1 km ditempati oleh 250 penduduk.

Faktanya kebanyakan negara terpadat di dunia adalah negara-negara dengan luas wilayah kecil. Dengan luas area kecil, negara ini memiliki proporsi penduduk yang cukup besar. Berikut ini merupakan daftar 10 negara terpadat penduduknya di dunia berdasarkan luas wilayah dan jumlah penduduknya update terbaru.

Negara Terpadat di Dunia

10 Negara Terpadat di Dunia


1. Makau


Benua : Asia
Kepadatan penduduk : 21.339 jiwa/km persegi
Luas wilayah : 30,5 km persegi
Jumlah penduduk : 650 ribu jiwa

Makau merupakan salah satu negara di Asia Timur. Negara ini masih merupakan bagian dari negara Republik Rakyat China, namun memiliki otoritas pemerintahan sendiri. Total penduduk Makau adalah 650 ribu jiwa dengan luas area hanya 30,5 km persegi saja. Artinya kepadatan penduduk negara Makau sebesar 21339 jiwa per km persegi yang menjadikannya sebagai negara terpadat penduduknya di dunia.

2. Monako


Benua : Eropa
Kepadatan penduduk : 18.589 jiwa/km persegi
Luas wilayah : 2,02 km persegi
Jumlah penduduk : 37 ribu jiwa

Monako adalah sebuah negara di Eropa yang merupakan salah satu negara terkecil di dunia. Luas wilayah Monako hanya 2 kilometer saja. Dengan luas yang sangat kecil, ternyata penduduk Monako ada 37 ribu jiwa. Kepadatan penduduk Monako yang sebesar 18 ribu jiwa per km persegi merupakan yang terpadat kedua di dunia.

3. Singapura


Benua : Asia
Kepadatan penduduk : 7.796 jiwa/km persegi
Luas wilayah : 719,9 km persegi
Jumlah penduduk : 5,61 juta jiwa

Urutan negara terpadat di dunia berikutnya adalah Singapura yang merupakan salah satu negara terkaya di dunia. Luas Singapura adalah 719 km persegi, sementara jumlah penduduknya mencapai 5 juta jiwa lebih. Kepadatan penduduk Singapura mencapai 7796 jiwa  per km persegi. Singapura pun menjadi negara terpadat di Asia Tenggara, melebihi Indonesia.

4. Hong Kong


Benua : Asia
Kepadatan penduduk : 6.698 jiwa/km persegi
Luas wilayah : 1106,34 km persegi
Jumlah penduduk : 7,41 juta jiwa

Sama seperti Makau, negara Hong Kong masih menjadi bagian dari Republik Rakyat China meski juga memiliki otoritas pemerintahan sendiri. Hong Kong menjadi salah satu negara paling padat penduduknya di dunia. Tingkat kepadatan penduduk di negara Hong Kong mencapai angka 6698 jiwa tiap kilometernya.

5. Bahrain


Benua : Asia
Kepadatan penduduk : 1.917 jiwa/km persegi
Luas wilayah : 757 km persegi
Jumlah penduduk : 1,45 juta jiwa

Peringkat 5 negara terpadat di dunia ditempati oleh Bahrain. Negara ini merupakan negara yang terletak di kawasan Barat dan termasuk salah satu negara Timur Tengah. Dibandingkan negara Timur Tengah lain, luas wilayah Bahrain tidak terlalu besar, berkisar di angka 757 km persegi saja. Namun Bahrain memiliki kepadatan penduduk yang cukup besar, yaitu 1917 jiwa tiap kilometernya. 

6. Vatican City


Benua : Eropa
Kepadatan penduduk : 1.818 jiwa/km persegi
Luas wilayah : 0,44 km persegi
Jumlah penduduk : 800 jiwa

Vatican City merupakan negara terkecil di dunia. Bayangkan saja, luas wilayah Vatican City tidak sampai 1 kilometer, yaitu hanya 0,44 km persegi saja. Dalam waktu beberapa menit maka kita bisa menjelajahi negara ini. Terdapat 800 jiwa penduduk Vatican, artinya kepadatan penduduknya mencapai angka 1818 jiwa/km persegi.

7. Malta


Benua : Eropa
Kepadatan penduduk : 1.363 jiwa/km persegi
Luas wilayah : 315 km persegi
Jumlah penduduk : 429 ribu jiwa

Malta merupakan negara pulau di benua Eropa. Negara ini memang kurang dikenal, namun Malta ternyata termasuk salah satu negara penduduk terpadat di dunia. Kepadatan penduduk di Malta sebesar 1363 jiwa tiap kilometernya. Jumlah penduduk Malta sendiri mencapai 429 ribu jiwa, meski luasnya hanya 315 km persegi.

8. Maladewa


Benua : Asia
Kepadatan penduduk : 1.154 jiwa/km persegi
Luas wilayah : 298 km persegi
Jumlah penduduk : 344 ribu jiwa

Maladewa adalah salah satu negara di Asia Selatan. Negara ini dikenal sebagai salah satu destinasi wisata favorit di benua Asia dan sering dikunjungi oleh wisatawan mancanegara. Luas wilayah Maladewa hanyalah 298 km persegi saja, sementara kepadatan penduduk di Maladewa sebesar 1154 jiwa per kilometer persegi.

9. Bangladesh


Benua : Asia
Kepadatan penduduk : 1.140 jiwa/km persegi
Luas wilayah : 143.998 km persegi
Jumlah penduduk : 164 juta jiwa

Sama seperti Maladewa, Bangladesh juga terletak di Asia Selatan. Bangladesh termasuk 10 besar negara dengan penduduk terbanyak di dunia. Populasi Bangladesh sekitar 164 juta jiwa. Dalam segi kepadatan penduduk, Bangladesh juga cukup padat dengan total kepadatan sebesar 1140 jiwa per kilometer persegi.

10. Palestina


Benua : Asia
Kepadatan penduduk : 800 jiwa/km persegi
Luas wilayah : 6.020 km persegi
Jumlah penduduk : 4,81 juta jiwa

Peringkat negara terpadat di dunia berikutnya adalah Palestina. Negara yang masih dirundung konflik ini memiliki luas wilayah sebesar 6020 km persegi, sementara jumlah penduduknya diperkirakan sebesar 4,81 juta jiwa. Artinya kepadatan penduduk di Palestina berkisar di angka 800 jiwa tiap kilometernya, salah satu yang paling padat di dunia.

Negara terpadat di dunia lainnya


  • Barbados (Amerika Tengah - 664 jiwa/km persegi)
  • Taiwan (Asia - 651 jiwa/km persegi)
  • Lebanon (Asia - 596 jiwa/km persegi)
  • Korea Selatan (Asia - 513 jiwa/km persegi)
  • Rwanda (Afrika - 448 jiwa/km persegi)
  • Belanda (Eropa - 414 jiwa/km persegi)
  • Haiti (Amerika Tengah - 411 jiwa/km persegi)
  • India (Asia - 404 jiwa/km persegi)
  • Israel (Asia - 400 jiwa/km persegi)
  • Belgia (Eropa - 373 jiwa/km persegi)
  • Jepang (Asia - 335 jiwa/km persegi)
  • El Salvador (Amerika Selatan - 313 jiwa/km persegi)
  • Filipina (Asia - 294 jiwa/km persegi)

Nah demikianlah daftar 10 negara terpadat di dunia update terbaru lengkap. Negara dengan kepadatan penduduk paling padat adalah Makau, diikuti oleh Monako dan Singapura. Ketiganya memiliki rasio luas wilayah dan jumlah penduduk terbesar dibandingkan dengan negara-negara lain di dunia saat ini.

0 Response to "10 Negara Terpadat di Dunia dengan Penduduk Terbanyak & Paling Padat"

Posting Komentar