10 Negara Terkecil di Dunia dan Luas Wilayahnya (+Gambar)

Apa negara terkecil di dunia saat ini? Kondisi geografis tiap negara berbeda. Indonesia termasuk salah satu negara terluas di dunia, namun ada juga negara dengan luas wilayah yang sangat kecil, bahkan kurang dari 500 km persegi. Untuk itu kali ini akan dibahas mengenai daftar 10 negara terkecil di dunia beserta luas wilayahnya dan jumlah penduduknya.

Terdapat banyak negara-negara di dunia yang dibedakan menjadi beberapa benua, seperti Asia, Afrika, Eropa, Amerika hingga Australia. Tentunya dari tiap negara yang ada bisa diklasifikasikan berdasarkan karakteristik tertentu, salah satu karakteristik tiap negara yang berbeda-beda adalah area luas wilayah negara negara di dunia.

Tiap negara memiliki luas yang berbeda. Beberapa negara terluas di dunia antara lain adalah Rusia, China, Amerika Serikat, India, Brasil atau Kanada. Tentunya deretan negara terbesar di dunia tersebut sudah sangat dikenal dengan luas wilayahnya yang besar. Lantas bagaimanakah dengan negara paling kecil di dunia?

Terdapat beberapa negara terkecil di dunia dengan luas wilayah kurang dari 500 km persegi. Hal ini tentu sangat kecil karena berarti luas negara ini tak lebih besar dari kota Jakarta atau Surabaya. Beberapa negara terkecil di Asia Tenggara misalnya seperti Singapura dan Brunei.

Meski begitu, dua negara tersebut masih belum masuk dalam list 10 negara terkecil di dunia. Di antara lebih dari 200 negara yang telah diakui, ada negara lain dengan luas area yang lebih kecil. Luas yang ada merupakan luas daerah otonomi negara tersebut, yang merupakan gabungan luas daratan dan luas lautan jika ada. 

Negara yang masuk dalam list negara terkecil di dunia ini merupakan negara independen yang telah merdeka dan bukan merupakan bagian dari negara lain, sehingga negara seperti Gibraltar, Guam, Macau, Bermuda atau Hong Kong tidak termasuk. Berikut ini daftar 10 negara terkecil di dunia lengkap beserta luas wilayah dan jumlah penduduk update terbaru.

10 Negara Terkecil di Dunia


1. Vatikan

Negara Terkecil di Dunia Vatican City

Luas : 0,44 km2
Benua : Eropa
Ibukota : Vatican City
Populasi : 842 jiwa

Negara terkecil di dunia adalah Vatican City. Negara ini hanya memiliki luas sebesar 0,44 km persegi saja, sekaligus menjadikan Vatikan sebagai negara terkecil di Eropa. Letak Vatikan berada di dalam area kota Roma di Italia.

Jumlah penduduk Vatican City diperkirakan tak kurang dari 1000 jiwa. Hal tersebut juga menjadikan negara ini sebagai negara dengan jumlah penduduk paling sedikit di dunia. Vatikan dipimpin oleh seorang Paus sebagai kepala negara.

2. Monako

Negara Terkecil di Dunia Monako

Luas : 2 km2
Benua : Eropa
Ibukota : Monako
Populasi : 36.371 jiwa

Monako menjadi negara terkecil kedua di Eropa dan juga di dunia. Negara ini berbatasan dengan Prancis dan Laut Mediterania. Monako juga menjadi negara terkecil yang memiliki garis pantai. Luas wilayah Monako hanya 2 km persegi saja.

Jumlah penduduk Monako adalah 36.371 jiwa. Dengan kepadatan penduduk mencapai 18.713 jiwa/km persegi, Monako menjadi negara terpadat di dunia. Negara ini terkenal karena memiliki pajak kecil. Tiap tahun, sirkuit Monte Carlo di Monako digunakan sebagai lintasan balap ajang Formula 1 dan ajang balap lainnya.

3. Nauru

Negara Terkecil di Dunia Nauru

Luas : 21 km2
Benua : Australia/Oceania
Ibukota : Yaren
Populasi : 10.084 jiwa

Nauru menjadi negara terkecil di dunia yang tidak berada di benua Eropa. Lokasi Nauru ada di kawasan Oceania, tepatnya di Mirkonesia di perairan Samudera Pasifik. Sebagai negara pulau, Nauru hanya memiliki luas wilayah sebesar 21 km persegi saja.

Ibukota Nauru ada di kota Yaren secara de faktor sebagai pusat pemerintahan di Nauru. Negara ini memiliki bentuk pemerintahan republik, sementara mata uang yang digunakan adalah dollar Australia (AUD).

4. Tuvalu

Negara Terkecil di Dunia Tuvalu

Luas : 26 km2
Benua : Australia/Oceania
Ibukota : Funafuti
Populasi : 10.837 jiwa

Satu lagi negara kecil di kawasan Oceania yakni Tuvalu. Lokasinya berada di antara Australia dan Hawaii. Luas wilayah Tuvalu hanya 26 km persegi saja. Sementara jumlah penduduk di Tuvalu diperkirakan mencapai lebih dari 10 ribu jiwa.

Penduduk Tuvalu didominasi suku Polynesia yang menjadi penduduk pribumi. Negara ini juga menjadi bagian negara Persemakmuran Inggris. Sejak tahun 2000, Tuvalu diakui resmi sebagai negara anggota PBB.

5. San Marino

Negara Terkecil di Dunia San Marino

Luas : 61 km2
Benua : Eropa
Ibukota : City of San Marino
Populasi : 32.576 jiwa

Luas wilayah San Marino hanya 61 km persegi saja, menjadikan negara ini sebagai negara terkecil kelima di dunia. Letaknya ada di benua Eropa, tepatnya di semenanjung Italia. Ibukota San Marino ada di City of San Marino.

Diperkirakan populasi penduduk San Marino sebesar 32.576 jiwa. Negara ini menjadi salah satu negara terkaya di dunia dengan pendapatan per kapita yang tinggi. San Marino juga dikenal memiliki tingkat pengangguran yang rendah serta tidak memiliki utang luar negeri sama sekali.

6. Liechtenstein

Negara Terkecil di Dunia Liechtenstein

Luas : 160 km2
Benua : Eropa
Ibukota : Vaduz
Populasi : 37.340 jiwa

Satu lagi negara kecil di dunia yang ada di benua Eropa yakni Liechtenstein. Negara yang beribukota di Vaduz ini hanya memiliki luas wilayah sebesar 160 km persegi saja. Sedangkan populasi penduduk Liechtenstein adalah 37.340 jiwa.

Negara ini menggunakan bahasa Jerman sebagai bahasa sehari-hari. Berdasarkan pendapatan per kapitanya, Liechtenstein menjadi salah satu negara paling kaya di dunia. Tingkat pengangguran di Liechtenstein juga jadi salah satu yang terendah di dunia.

7. Kepulauan Marshall

Negara Terkecil di Dunia Marshall Islands

Luas : 181 km2
Benua : Australia/Oceania
Ibukota : Majuro
Populasi : 53.066 jiwa

Kepulauan Marshall merupakan negara di kawasan Oceania di perairan Samudera Pasifik. Negara ini letaknya di sekitar garis khatulistiwa dan menjadi bagian dari kepulauan Mikronesia. 

Negara ini hanya memiliki luas 181 km persegi saja, salah satu yang terkecil di dunia. Sedangkan jumlah penduduk negara ini diperkirakan sebesar 53.066 jiwa. Ibukota Marshall Islands ada di kota Majuro yang juga menjadi kota terbesarnya.

8. Saint Kitts and Nevis

Negara Terkecil di Dunia Saint Kitts and Nevis

Luas : 261 km2
Benua : Amerika Tengah
Ibukota : Basseterre
Populasi : 54.961 jiwa

Saint-Kitts and Nevis adalah salah satu negara paling kecil di dunia yang terletak di Amerika Tengah, tepatnya di kawasan Karibia. Luas wilayah Saint-Kitts and Nevis adalah 261 km persegi. Sementara jumlah penduduk Saint-Kitts and Nevis mencapai 55 ribu jiwa.

Ibukota Saint-Kitts and Nevis adalah Basseterre. Negara ini menjadi negara terkecil di benua Amerika sekaligus negara terkecil di Bumi bagian barat.

9. Maladewa

Negara Terkecil di Dunia Maladewa

Luas : 300 km2
Benua : Asia
Ibukota : Male
Populasi : 341.356 jiwa

Maladewa menjadi negara terkecil di benua Asia dan salah satu yang terkecil di dunia. Luas wilayah Maladewa adalah 300 km persegi, sementara jumlah penduduk di Maladewa adalah 341.356 jiwa. Ibukotanya adalah kota Male.

Negara ini merupakan negara Asia Selatan yang termasuk negara pulau dan terletak di perairan Samudera Hindia. Maladewa memiliki ketinggian dataran rendah dan menjadi negara dengan permukaan dataran paling rendah di dunia.

10. Malta

Negara Terkecil di Dunia Malta

Luas : 316 km2
Benua : Eropa
Ibukota : Valletta
Populasi : 445.426 jiwa

Malta memiliki luas wilayah sebesar 316 km persegi dan menempati peringkat 10 urutan negara terkecil di dunia. Ibukota Malta adalah Valletta yang menjadi ibukota negara Eropa dengan luas wilayah terkecil.

Negara ini berada di benua Eropa bagian Selatan. Malta berbentuk kepulauan di perairan Laut Mediterania. Malta memiliki penduduk 445.426 jiwa dan menjadi salah satu negara paling padat yang ada di Eropa dan dunia.

Nah itulah info daftar 10 negara terkecil di dunia berdasarkan luas wilayahnya (update terbaru). Ada juga negara terkecil di dunia dengan penduduk hanya 3 orang yaitu Republik Molossia, namun negara itu tidak diakui karena didirikan secara sepihak. Sebagai perbandingan, bahkan sepuluh negara di atas tidak lebih besar dari luas wilayah kota-kota metropolitan di Indonesia, seperti Jakarta dan Surabaya. Sekian artikel unik terbaru kali ini.

3 Komentar untuk "10 Negara Terkecil di Dunia dan Luas Wilayahnya (+Gambar)"