25+ Nama-Nama Dinosaurus dan Gambarnya (Jenis-Jenis Dinosaurus)

Nama nama dinosaurus dan gambarnya - Dinosaurus adalah hewan purbakala yang hidup di Bumi jutaan tahun lalu. Meski semua jenis jenis dinosaurus sudah punah, namun bentuknya bisa diidentifikasi berkat fosil-fosil yang ditemukan ilmuwan. Ada banyak macam-macam dinosaurus yang terkenal yang diketahui hingga saat ini.

Secara umum, definisi dinosaurus adalah kelompok hewan purbakala dan prasejarah dari klad Dinosauria. Sejarah dinosaurus pertama kali muncul pada periode Trias yaitu sekitar 230 juta tahun lalu. Mereka hidup pada periode Jura hingga periode Kapur, yakni 65 juta tahun lalu.

Diperkirakan alasan dinosaurus punah adalah akibat peristiwa kepunahan Kapur-Paleogen sebelum era Mesozoikum. Menurut ilmuwan, fosil dinosaurus menunjukkan bahwa dinosaurus theropoda juga berevolusi menjadi spesies burung sampai saat ini.

Lalu ada berapa banyak macam-macam dinosaurus? Ternyata ada banyak, bahkan diperkirakan ilmuwan terdapat 500 genera dinosaurus yang berbeda dengan lebih dari 1000 spesies yang beragam. Banyak dinosaurus herbivora namun ada juga yang karnivora seperti T-Rex atau Raptor.

Di antara jenis jenis dinosaurus juga ada yang bipedal (berkaki dua), meski kebanyakan adalah quadrupedal (berkaki empat). Ada juga jenis dinosaurus air dan dinosaurus terbang. Ukuran dinosaurus pun bervariasi, ada yang besar sampai 10 meter, namun juga ada yang sangat kecil, bahkan sama dengan ukuran manusia.

Kehadiran dinosaurus menjadi kian dikenal berkat kehadiran film tentang dinosaurus seperti Jurassic Park, Jurassic World, film kartun The Land Before Time dan lain-lain. Di bawah ini kami bagikan daftar 20 nama-nama dinosaurus yang paling terkenal beserta info dan gambarnya.

(baca juga nama-nama hewan)

20 Jenis-Jenis Dinosaurus dan Gambarnya


Berikut ini merupakan daftar nama-nama jenis dinosaurus di era prasejarah yang paling dikenal beserta foto dan gambarnya.

Tyronnosaurus Rex

Nama-Nama Dinosaurus Tyronnosaurus Rex

Tyronnosaurus Rex atau disingkat T-Rex, bisa jadi merupakan jenis dinosaurus paling populer, terutama berkat pengaruh film-film Hollywood tentang dinosaurus. Hewan ini menjadi karnivora darat terbesar sepanjang sejarah. T-Rex pun dikenal sebagai predator ganas dengan gigitan tertajam di antara hewan purba.

Brontosaurus/Apatosaurus

Nama-Nama Dinosaurus Brontosaurus

Brontosaurus menjadi salah satu jenis jenis dinosaurus. Jenis aslinya bernama Apatosaurus, namun sering disebut Brontosaurus. Jenis dinosaurus ini memiliki leher yang panjang dan tubuhnya bisa mencapai 26 meter dengan berat 32 ton. Habitat Brontosaurus ada di tepi danau dan hutan serta termasuk hewan herbivora.

Triceratops

Nama-Nama Dinosaurus Triceratops

Triceratops merupakan salah satu jenis dinosaurus yang terkenal dan biasa disebut Tritop. Ini merupakan merupakan jenis dinosaurus bertanduk tiga yang berbadan besar. Tanduknya pun bisa berfungsi sebagai penyerangan atau pertahanan dari musuh. Panjangnya bisa mencapai 9 meter, dengan tinggi 3,8 meter, sedangkan beratnya mencapai 6,8 ton.

Velociraptor

Nama-Nama Dinosaurus Velociraptor

Velociraptor atau biasa disingkat Raptor saja, merupakan jenis dinosaurus pemangsa yang mirip dengan T-Rex, hanya saja dalam ukuran yang lebih kecil. Jenis Velociraptor biasa hidup berkelompok dan tergolong sebagai jenis dinosaurus yang cerdas. Mereka memangsa dengan menggunakan strategi pengalih perhatian.

Pterodactyl

Jenis Jenis Dinosaurus Terbang Pterodactyl

Pterodactyl atau biasa disebut juga Pterosaurus dan Pterodactylus, memiliki arti kadal bersayap. Secara teknis Pterodactyl bukanlah jenis dinosaurus, namun karena hidup di masa dinosaurus, maka Pterodactyl sering dikategorikan sebagai dinosaurus. Pterosaurus adalah vertebrata paling awal yang diketahui memiliki kemampuan terbang yang kuat.

Compsognathus

Nama-Nama Dinosaurus Compsognathus

Compsognathus merupakan salah satu dari macam-macam dinosaurus dengan ukuran yang kecil. Bahkan ukurannya hanya mencapai 60 cm atau sebesar ayam saja, sehingga Compsognathus diperkirakan sebagai jenis dinosaurus terkecil di dunia. Mereka hidup secara berkelompok dan mirip dengan Tyronnasaurus Rex atau Velociraptor.

Spinosaurus

Nama-Nama Dinosaurus Spinosaurus

Salah satu jenis dinosaurus terbesar di dunia sepanjang sejarah adalah Spinosaurus. Spinosaurus merupakan theropoda raksasa yang dapat tumbuh hingga 15 meter dengan tinggi sekitar 5 meter dan berat mencapai 7,6 ton. Panjang tengkorak Spinosaurus 1,75 m dengan seratus gigi-gigi runcing yang lurus sepanjang kira-kira 17 cm.

Ankylosaurus

Nama-Nama Dinosaurus Ankylosaurus

Ankylosaurus adalah salah satu dari jenis-jenis dinosaurus dengan tubuh sepanjang 9 meter. Sedangkan berat Ankylosaurus bisa sampai 9 ton. Dinosaurus ini memiliki cangkang tubuh yang keras sebagai perisai pertahanan. Di bagian ekornya, terdapat bola dari batu dengan berat sekitar 5 kg sebagai alat untuk menyerang lawan.

Megalosaurus

Nama-Nama Dinosaurus Megalosaurus

Megalosaurus dianggap sebagai salah satu jenis dinosaurus yang pertama ditemukan. Dinosaurus jenis ini merupakan dinosaurus terbesar pada zaman pertengahan jurasik. Ukuran Megalosaurus bisa tumbuh hingga mencapai 9 meter sedangkan tingginya mencapai 3 sampai 4 meter dengan berat sekitar 3,5 ton.

Stegosaurus

Nama-Nama Dinosaurus Stegosaurus

Stegosaurus menjadi salah satu bentuk dinosaurus yang paling mudah diidentifikasi. Hal ini karena ciri-ciri dinosaurus ini yang mudah dikenali, yakni kedua baris sisik yang saling silang yang ada di punggung serta 2 pasang duri panjang yang ada di ekor Stegosaurus.

Giganotosaurus Carolinii

Jenis-Jenis Dinosaurus Giganotosaurus Carolinii


Hadrosaurus

Jenis-Jenis Dinosaurus Hadrosaurus


Utahraptor

Jenis-Jenis Dinosaurus Utahraptor


Allosaurus

Jenis-Jenis Dinosaurus Allosaurus


Liopleurodon

Jenis-Jenis Dinosaurus Liopleurodon


Suchomimus

Macam-Macam Dinosaurus Suchomimus


Archaeopteryx

Jenis-Jenis Dinosaurus Terbang Archaeopteryx


Parasaurolophus

Macam-Macam Dinosaurus Parasaurolophus


Brachiosaurus

Macam-Macam Dinosaurus Brachiosaurus

Ultrasauros

Macam-Macam Dinosaurus Ultrasauros


Seismosaurus

Nama-Nama Dinosaurus Seismosaurus


Mamenchisaurus

Nama-Nama Dinosaurus Mamenchisaurus


Carcharadontosaurus

Nama-Nama Dinosaurus Carcharadontosaurus


Ornitholestes

Sejarah Dinosaurus Ornitholestes


Diplodocus


Sejarah Dinosaurus Diplodocus

Nah, demikianlah daftar jenis dan nama nama dinosaurus yang paling terkenal lengkap beserta foto dan gambar dinosaurus. Contoh jenis nama dinosaurus yang paling dikenal adalah Brontosaurus, Tyrannasaurus Rex, Velociraptor, Triceratops dan lain-lain. Sekian penjelasan mengenai pengertian, sejarah dan jenis tipe dinosaurus kali ini.

8 Komentar untuk "25+ Nama-Nama Dinosaurus dan Gambarnya (Jenis-Jenis Dinosaurus)"

  1. Dinosaurus telah purba/mati tidak ada lagi di jagat raya ini telah hidup berjuta-juta tahun yang lalu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang penting dinosaurus adalah hewan terkenal

      Hapus
  2. Terimakasih infonya ya

    BalasHapus
  3. Keren om! Saya suka dinosaurus saya pengen jadi Arkeolog dan ilmuwan dinosaurus! Nanti kalo udah besar, ilmu saya udah besar juga (hehe), nanti saya tulis kayak blognya om...

    BalasHapus
  4. Anonim10/6/22

    Anak saya suka sekali dengan gambar dan nama" dinosaurus

    BalasHapus
  5. Anonim28/6/22

    maaf om, aku mau nanya, ornitholestes itu dinosaurus pertama ya?

    BalasHapus
  6. Anonim24/7/22

    👍💅

    BalasHapus