25+ Nama-Nama Nabi dan Rasul yang Wajib Diketahui dalam Islam

Nama-nama nabi dan rasul dalam Islam - Nabi/rasul adalah seorang laki-laki utusan Allah SWT yang mendapat wahyu untuk disampaikan kepada umatnya. Ada 25 nabi dan rasul yang wajib diketahui oleh umat Islam. Untuk itu kali ini akan dibagikan 25 nama-nama nabi dan rasul beserta urutannya dari awal sampai terakhir.

Istilah nabi dan rasul sebenarnya berbeda. Nabi adalah laki-laki pilihan yang mendapat wahyu dari Allah SWT, namun tidak wajib untuk menyebarluaskannya. Sedangkan rasul adalah laki-laki utusan Allah SWT yang mendapat wahyu dan wajib untuk disebarluaskan kepada umatnya.

Dengan demikian setiap rasul pasti adalah nabi, namun tidak semua nabi adalah rasul. Jumlah nabi dan rasul sebenarnya sangat banyak, namun secara umum ada 25 nabi yang wajib untuk diketahui oleh muslim.

Kisah 25 nabi dan rasul ini banyak diceritakan beserta riwayat dan mukjizatnya. Banyak cerita-cerita nabi yang bisa jadi inspirasi teladan bagi kita semua. Beberapa kisah nabi yang paling banyak dikenal adalah kisah nabi Adam, Nuh, Ibrahim, Musa, Isa dan Muhammad.

Sejarah nabi pun sangat berhubungan dengan sejarah perkembangan agama Islam itu sendiri. Di bawah ini akan dibagikan urutan 25 nama-nama nabi dan rasul dalam Islam yang wajib diimani.

(baca juga nama-nama bulan Hijriyah)

25 Nama-Nama Nabi dan Rasul

Nama 25 Nabi dan Rasul


Berikut merupakan urutan nama nabi dan rasul dalam agama Islam, mulai dari Nabi Adam AS selaku nabi pertama sampai Nabi Muhammad SAW selaku nabi terakhir. Semua Nabi bergelar AS atau alaihis salam, kecuali Nabi Muhammad yang bergelar SAW atau shallallahu 'alaihi wasallam.

  1. Adam
  2. Idris
  3. Nuh
  4. Hud
  5. Soleh
  6. Ibrahim
  7. Luth
  8. Ismail
  9. Ishak
  10. Yakub
  11. Yusuf
  12. Ayub
  13. Sueb
  14. Musa
  15. Harun
  16. Zulkifli
  17. Daud
  18. Sulaiman
  19. Ilyas
  20. Ilyasa'
  21. Yunus
  22. Zakaria
  23. Yahya
  24. Isa
  25. Muhammad

5 Nabi dan Rasul Ulul Azmi


Dari nama-nama nabi yang ada, terdapat 5 nama bergelar Ulul Azmi. Nabi Ulul Azmi ini diberikan pada nabi pilihan dengan tingkat kesabaran dan ketabahan yang luar biasa. Berikut merupakan 5 nabi dan rasul bergelar ulul azmi.

  1. Nuh
  2. Ibrahim
  3. Musa
  4. Isa
  5. Muhammad

Nah demikianlah daftar 25 nama-nama Nabi dalam Islam yang wajib diketahui selengkapnya, termasuk 5 nabi yang mendapat gelar Ulul Azmi. Semoga bisa menambah wawasan pengetahuan.

Belum ada Komentar untuk "25+ Nama-Nama Nabi dan Rasul yang Wajib Diketahui dalam Islam"

Posting Komentar