10+ Negara Tertua di Dunia yang Masih Ada Sejak Pertama Dibentuk

Negara tertua di dunia - Terdapat banyak negara di dunia yang diakui saat ini dan tersebar di berbagai benua, baik Asia, Eropa, Amerika, Afrika maupun Australia. Tiap negara memiliki hari kemerdekaan yang berbeda-beda dan pertama didirikan pada masa periode yang berbeda-beda pula.

Jika dilihat dari pertama terbentuknya, ada beberapa negara yang sudah dibentuk sejak ribuan tahun sebelum masehi sekalipun. Yang dimaksud dibentuk bukanlah pertama merdeka, melainkan pertama kali memiliki sistem pemerintahan yang diakui.

Umumnya pemerintahan di era kuno berbentuk kekaisaran atau kerajaan. Negara-negara tertua tersebut dikenal sebagai negara yang mengenalkan peradaban dan sistem pemerintahan, misalnya adalah Yunani, China, Mesir dan Iran/Persia.

Tentunya negara tertua di dunia berpusat di benua Asia, Eropa dan Afrika (disebut Afro Eurasia) yang dikenal sebagai Old World di era kuno, berbanding terbalik dengan benua Amerika yang dikenal sebagai New World dan baru ditemukan lama setelah 3 benua tersebut.

10 Negara Tertua di Dunia


Di bawah ini adalah daftar 10 negara tertua di dunia beserta info dan keterangan tahun pertama kali terbentuknya sejak dulu.

1. Yunani


Tahun dibentuk : 3200 SM
Benua : Eropa
Ibukota : Athena

Yunani menjadi negara tertua di dunia. Peradaban Yunani sudah ditemukan sejak tahun 3200 Sebelum Masehi dan menjadi cikal bakal peradaban negara-negara Eropa lainnya. Yunani juga menjadi negara pertama yang menganut sistem demokrasi.

2. Mesir


Tahun dibentuk : 3150 SM
Benua : Afrika
Ibukota : Kairo

Berikutnya ada negara Mesir yang memang dikenal memiliki kekayaan akan peradaban kuno. Diperkirakan Mesir sudah terbentuk sejak 3150 Sebelum Masehi, meski banyak perbedaan pendapat pula. Terdapat banyak bukti peninggalan sejarah akan peradaban kuno Mesir.

3. China


Tahun dibentuk : 2070 SM
Benua : Asia
Ibukota : Beijing

China menjadi negara tertua di Asia. Hal ini bisa dilihat dari terbentuknya China sejak tahun 2070 Sebelum Masehi. Tentunya negara dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia ini mengalami beberapa kali pergantian dinasti hingga menjadi bentuk Republik Rakyat China seperti sekarang ini.

4. India


Tahun dibentuk : 1500 SM
Benua : Asia
Ibukota : New Delhi

India diperkirakan terbentuk sejak tahun 1500 Sebelum Masehi, ditandai dengan masa Verdic. Peradaban di India pun berlangsung lama dan mengalami beberapa kali fluktuasi. Pada akhirnya negara India modern seperti sekarang baru merdeka sejak tahun 1947.

5. Portugal


Tahun dibentuk : 1139 SM
Benua : Eropa
Ibukota : Lisbon

Portugal menempati urutan kelima negara tertua di dunia. Negara ini telah terbentuk sejak tahun 1139 Sebelum Masehi. Ibukotanya adalah Lisbon yang sudah menjadi pusat negara Portugal sejak dulu. Negara Portugal tetap memiliki batas-batas wilayah yang stabil sampai sekarang.

6. Ethiopia


Tahun dibentuk : 980 SM
Benua : Afrika
Ibukota : Addis Ababa

Secara mengejutkan, Ethiopia juga termasuk negara tertua di dunia. Diperkirakan peradaban Ethiopia sudah ada sejak tahun 980 Sebelum Masehi. Ethiopia juga menjadi negara yang tidak pernah dijajah oleh bangsa Eropa, satu-satunya yang berasal dari benua Afrika.

7. Prancis


Tahun dibentuk : 843 SM
Benua : Eropa
Ibukota : Paris

Prancis dikenal sebagai salah satu negara yang paling banyak dikunjungi turis tiap tahunnya, terutama ibukotanya yakni kota Paris. Prancis terbentuk sejak tahun 843 Sebelum Masehi pada masa Kekaisaran Holy Roman Charlemagne.

8. Armenia


Tahun dibentuk : 782 SM
Benua : Eropa
Ibukota : Yerevan

Tanpa diduga, Armenia juga masuk kategori negara tertua di dunia. Armenia diperkirakan terbentuk sejak tahun 782 Sebelum Masehi. Negara ini dikenal memiliki banyak penduduk multietnis, bahkan sejak pertama didirikan.

9. Jepang


Tahun dibentuk : 660 SM
Benua : Asia
Ibukota : Tokyo

Jepang pertama terbentuk pada tahun 660 Sebelum Masehi pada masa Kekaisaran Jimmu. Meski banyak yang mengaggap bahwa Kaisar Jimmu hanya sebuah mitos, namun tanggal 11 Februari diperingati sebagai hari nasional untuk memperingatinya

10. Iran


Tahun dibentuk : 550 SM
Benua : Asia
Ibukota : Tehran

Terakhir ada negara Iran, salah satu negara Asia yang terbentuk sejak tahun 550 Sebelum Masehi. Iran kuno dikenal dengan nama Persia. Persia pertama dipimpin oleh Cyrus II yang mendirikan Kekaisaran Persia.

Nah itulah info daftar 10 negara tertua di dunia berdasarkan tahun dibentuknya. Penyusunan list tidak didasarkan pada waktu kemerdekaannya, melainkan berdasarkan munculnya peradaban di negara yang bersangkutan sejak jaman dulu.

0 Response to "10+ Negara Tertua di Dunia yang Masih Ada Sejak Pertama Dibentuk"

Posting Komentar