Aksara Jawa dan Pasangannya | Huruf dan Tulisan Hanacaraka

Aksara Jawa dan pasangannya - Aksara Jawa adalah jenis aksara tradisional nusantara yang digunakan untuk menulis bahasa Jawa. Aksara Jawa masih digunakan dan dipelajari di sekolah-sekolah. Aksara Jawa juga dikenal sebagai aksara Hanacaraka.

Aksara Jawa digunakan di daerah Jawa dan beberapa daerah lain seperti Makassar, Melayu, Sunda, Bali, dan Sasak. Selain sebagai aksara penulisan dan sarana komunikasi, aksara jawa juga digunakan sebagai seni dan karya sastra.

Sejarah aksara jawa dimulai sejak abad 13. Baru di abad 17 Masehi, aksara jawa pertama digunakan pada masa kerajaan Mataram Islam. Tulisan Hanacaraka pun terus digunakan dan dilestarikan hingga menyebar ke berbagai wilayah lain di Indonesia.

Penggunaan aksara jawa memang tidak terlalu populer saat ini. Salah satu alasannya karena kesulitan penggunaan jenis aksara ini secara digital, karena susahnya mendapat akses font aksara jawa di komputer secara digital. Meski begitu aksara jawa masih sering digunakan dan ditemui di kota-kota khususnya di pulau Jawa.

Aksara Jawa Hanacaraka


Di bawah ini akan dijelaskan mengenai aksara jawa atau huruf hanacaraka secara lengkap, baik aksara jawa dasar, aksara jawa pasangan, aksara jawa swara, aksara jawa sandangan, dan aksara jawa wilangan.

Aksara Jawa Carakan


Aksara carakan merupakan jenis aksara jawa dasar. Jenis aksara ini digunakan untuk menulis kata-kata dasar dalam bahasa Jawa. Kata-kata aksara jawa carakan meliputi Hanacaraka Datasawala Padhajayanya Magabathanga.

Aksara Jawa Pasangan


Tiap aksara jawa memiliki pasangan masing-masing dalam wujud simbol tertentu. Aksara pasangan merupakan aksara jawa yang digunakan untuk mematikan atau menghilangkan vokal dari aksara sebelumnya. Jenis aksara pasangan ini digunakan untuk menulis suku kata yang tidak ada vokalnya.

Aksara Jawa Swara


Aksara swara merupakan jenis aksara jawa yang digunakan untuk menuliskan beberapa huruf vokal. Yang termasuk aksara jawa swara adalah huruf a, i, u, e, dan o. Jenis aksara ini digunakan untuk menegaskan pelafalan aksara swara tersebut.

Aksara Jawa Sandangan


Sandangan pada aksara jawa digunakan pada huruf vokal yang tidak mandiri serta pada akhiran huruf konsonan. Pada sandangan terdapat tanda ganti huruf vokal serta tanda ganti huruf konsonan yang dikombinasikan dengan aksara jawa dasar di atas.

Aksara Jawa Wilangan


Aksara jawa wilangan merupakan jenis aksara jawa yang digunakan untuk menuliskan angka dalam aksara jawa. Pada aksara jawa wilangan terdapat angka 0 sampai 9.

Nah demikian info tulisan aksara Jawa dan pasangannya beserta sandangan aksara jawa, aksara swara serta aksara wilangan. Teks huruf Hanacaraka pun masih dipelajari di sekolah-sekolah di wilayah Jawa sebagai pelajaran muatan lokal.

Belum ada Komentar untuk "Aksara Jawa dan Pasangannya | Huruf dan Tulisan Hanacaraka"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel