5+ Perusahaan Terbesar di Indonesia dan Nilai Asetnya [Terbaru]

Perusahaan terbesar di Indonesia - Ada banyak perusahaan dan badan usaha yang beroperasi di Indonesia dari berbagai bidang. Di antaranya, ada beberapa perusahaan terbesar dengan nilai keuntungan besar dan nilai kapitalisasi pasar yang tinggi. Apa sajakah perusahaan terkaya di Indonesia di tahun 2019 ini?

Secara umum perusahaan di Indonesia dibedakan menjadi dua, yakni BUMN atau badan usaha milik negara, serta BUMS atau badan usaha milik swasta. BUMN dikelola oleh pemerintah dan melayani sektor publik strategis, sementara BUMS dikelola oleh pihak swasta.

Tiap perusahaan tentu memiliki sektor dan bidang yang berbeda, misalnya pada bidang perbankan, telekomunikasi, industri retail, layanan publik, produksi makanan, tekstil, dan sebagainya. Hal ini disesuaikan dengan target pasaran yang dituju oleh masing-masing perusahaan.

Lantas apa saja perusahaan di Indonesia yang paling besar? Baru-baru ini majalah finansial ternama Forbes menyusun list The World's Largest Public Companies yang meranking 2000 perusahaan terbesar di dunia. Dari jumlah itu, ada 5 perusahaan asal Indonesia yang berhasil masuk list.

(baca juga orang terkaya di Indonesia)

5 Perusahaan Terbesar di Indonesia


Berikut ini adalah urutan perusahaan terbesar di Indonesia pada posisi 5 besar, baik perusahaan BUMN atau perusahaan milik swasta. Kriteria penilaian merupakan gabungan dari nilai kapitalisasi pasar (market value), aset perusahaan (assets), keuntungan (profits), dan total penjualan (sales) yang dikutip dari data Forbes magazine.

1. Bank BRI 


Nama perusahaan : Bank Rakyat Indonesia
Bidang : Perbankan dan keuangan
Tahun berdiri : 1895
Jenis : BUMN (badan usaha milik negara)
Nilai kapitalisasi pasar : US$ 38,8 miliar
Aset : US$ 90,2 miliar
Keuntungan : US$ 2,3 miliar
Penjualan : US$ 9,4 miliar

Bank Rakyat Indonesia atau BRI merupakan perusahaan BUMN milik negara yang bergerak di bidang perbankan. Bank BRI dinobatkan sebagai perusahaan terbesar di Indonesia tahun 2019 versi majalah Forbes.

Bank BRI diperkirakan memiliki nilai kapitalisasi pasarnya mencapai 38,8 miliar US dollar, dengan jumlah aset sebesar 90,2 miliar US dollar. Selain itu bank BRI berhail memperoleh keuntungan sebesar 2,3 miliar US dollar dengan total penjualan sebesar 9,4 miliar US dollar.

Jika melihat ranking dunia, Bank BRI merupakan perusahaan terbesar ke-363 di dunia, dan yang pertama di Indonesia. Bank BRI merupakan bank pemerintah terbesar dengan total puluhan ribu jumlah karyawan di seluruh penjuru Indonesia. 

Bank BRI pertama kali didirikan pada tanggal 16 Desember 1895 dan kantor pusatnya ada di Jakarta. BRI juga memiliki beberapa anak perusahaan di bidang syariah, agroniaga, asuransi, multifinance, dan remitansi.

2. Bank Mandiri


Nama perusahaan : Bank Mandiri
Bidang : Perbankan dan keuangan
Tahun berdiri : 1998
Jenis : BUMN (badan usaha milik negara)
Nilai kapitalisasi pasar : 25,9 miliar US dollar
Aset : US$ 83,6 miliar
Keuntungan : US$ 1,8 miliar
Penjualan : US$ 8 miliar

Nomor 2 peringkat perusahaan terbesar di Indonesia ditempati oleh Bank Mandiri, yang juga bergerak di bidang keuangan dan perbankan. Dalam peringkat dunia, Bank Mandiri menempati peringkat 481 perusahaan terbesar di dunia saat ini.

Bank Mandiri diperkirakan memiliki nilai kapitalisasi pasarnya mencapai 25,9 miliar US dollar, dengan jumlah aset sebesar 83,6 miliar US dollar. Selain itu bank Mandiri berhail memperoleh keuntungan sebesar 1,8 miliar US dollar dengan total penjualan sebesar 8 miliar US dollar.

Bank Mandiri baru berdiri pada tahun 1998, terbilang cukup baru jika dibandingkan bank BUMN lainnya. Saat ini Bank Mandiri jadi salah satu bank dengan jumlah nasabah terbanyak yang tersebar di seluruh penjuru Indonesia.

Bank Mandiri fokus melayani layanan korporat, komersial bisnis, mikro ritel, konsumer, treasury, institusi keuangan dan special assets. Banyak nasabah bank Mandiri yang tersebar baik dari kelas atas, menengah, dan bawah.

3. Bank BCA


Nama perusahaan : Bank Central Asia
Bidang : Perbankan dan keuangan
Tahun berdiri : 1955
Jenis : BUMS (badan usaha milik swasta)
Nilai kapitalisasi pasar : US$ 49,4 miliar
Aset : US$ 57,4 miliar
Keuntungan : US$ 1,8 miliar
Penjualan : US$ 5,2 miliar

Posisi berikutnya ditempati oleh Bank Central Asia (BCA) sebagai perusahaan terbesar di Indonesia di urutan ketiga. Bank BCA pun dinobatkan menjadi bank swasta terbesar di Indonesia saat ini dibanding bank-bank non-pemerintah lainnya. Pada ranking dunia, bank BCA menempati peringkat ke-553 perusahaan terbesar di dunia.

Bank BCA diperkirakan memiliki nilai kapitalisasi pasarnya mencapai 49,4 miliar US dollar, dengan jumlah aset sebesar 57,4 miliar US dollar. Selain itu bank BCA berhail memperoleh keuntungan sebesar 1,8 miliar US dollar dengan total penjualan sebesar 5,2 miliar US dollar.

Bank BCA sendiri pertama kali berdiri sejak tahun 1955 lalu. Awalnya bank ini dikenal dengan nama Bank Central Asia NV. Hingga kini bank BCA masih konsisten melayani layanan keuangan umum dan komersial.

4. Telkom


Nama perusahaan : Telkom Indonesia
Bidang : Telekomunikasi
Tahun berdiri : 1884
Jenis : BUMN (badan usaha milik negara)
Nilai kapitalisasi pasar : US$ 27,2 miliar
Aset : US$ 13,8 miliar
Keuntungan : US$ 1,3 miliar
Penjualan : US$ 9,4 miliar

Urutan perusahaan terbesar di Indonesia yang keempat ditempati oleh Telkom Indonesia. Perusahaan ini bergerak di bidang telekomunikasi dan informasi. Telkom menjadi satu-satunya perusahaan yang bukan bank yang ada di peringkat 5 besar perusahaan terbesar di Indonesia tahun ini. Pada ranking dunia, Telkom menempati peringkat ke-747 perusahaan terbesar di dunia.

Telkom Indonesia diperkirakan memiliki nilai kapitalisasi pasarnya mencapai 27,2 miliar US dollar, dengan jumlah aset sebesar 13,8 miliar US dollar. Selain itu Telkom Indonesia berhail memperoleh keuntungan sebesar 1,3 miliar US dollar dengan total penjualan sebesar 9,4 miliar US dollar.

Telkom Indonesia pertama kali didirikan pada tahun 1856. Produk-produk Telkom antara lain adalah telepon, ponsel, aplikasi, properti, konstruksi, perangkat teknologi, dan layanan di bidang telekomunikasi dan informasi.

5. Bank BNI


Nama perusahaan : Bank Negara Indonesia
Bidang : Perbankan dan keuangan
Tahun berdiri : 1946
Jenis : BUMN (badan usaha milik negara)
Nilai kapitalisasi pasar : US$ 13,1 miliar
Aset : US$ 56,2 miliar
Keuntungan : US$ 1,1 miliar
Penjualan : US$ 4,9 miliar

Pada urutan 5 ranking perusahaan terbesar di Indonesia tahun ini ditempati oleh Bank Nasional Indonesia atau biasa disingkat BNI. Artinya dari 5 perusahaan terbesar, 4 di antaranya ditempati oleh perusahaan perbankan. BNI merupakan BUMN milik negara.

Bank BNI diperkirakan memiliki nilai kapitalisasi pasarnya mencapai 13,1 miliar US dollar, dengan jumlah aset sebesar 56,2 miliar US dollar. Selain itu Bank BNI berhail memperoleh keuntungan sebesar 1,1 miliar US dollar dengan total penjualan sebesar 4,9 miliar US dollar.

Bank BNI pertama kali didirikan pada tahun 1946. Kini ada lebih dari 1000 cabang bank BNI yang beroperasi di seluruh penjuru Indonesia. Pada ranking dunia, bank BNI menempati peringkat ke-835 perusahaan terbesar di dunia.

Nah itulah info mengenai daftar 5 perusahaan terbesar di Indonesia tahun 2019 update terbaru saat ini. Dari peringkat 5 besar, ada 4 yang berstatus sebagai BUMN milik negara dan 1 perusahaan swasta. Adapun kriteria peringkat di atas diranking berdasarkan kombinasi dari nilai kapitalisasi pasar (market value), aset perusahaan (assets), keuntungan (profits), dan total penjualan (sales).

Belum ada Komentar untuk "5+ Perusahaan Terbesar di Indonesia dan Nilai Asetnya [Terbaru]"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel