Kode Ban Mobil dan Maknanya yang Harus Kamu Ketahui

Kode ban mobil - Bagi kamu yang punya mobil, bagian ban adalah bagian penting dari mobil yang harus dirawat. Tanpa ban, mobil tentu tidak akan bisa berjalan. Nah dalam memilih ban mobil yang bagus, spesifikasinya harus diperhatikan, termasuk info yang ada pada kode ban mobil. Kali ini akan dibahas apa saja arti dan makna kode ban mobil.

Memilih ban mobil memang tidak boleh sembarangan. Tidak semua ban cocok untuk semua jenis mobil yang ada. Tipe-tipe ban juga harus diperhatikan agar sesuai dan pas bagi kendaraan mobil kita. Jika salah pilih ban, maka performa kendaraan kita tidak akan optimal, bahkan bisa saja membuat mobil kita rusak.

Perlu diketahui jika tiap ban mobil memiliki kode-kode tertentu. Jika kita ingin membeli ban baru yang sesuai, maka kode produksi ban mobil ini tentu memiliki makna-makna tertentu yang harus diperhatikan dengan cermat.

Kode-kode yang tertera pada ban mobil tersebut meliputi informasi seperti lebar nominal ban, perbandingan tinggi dan lebar ban, tipe ban, diameter nominal ban, batas kecepatan maksimum ban hingga batas beban maksimum ban.

(baca juga 10 mobil tercepat di dunia)

Kode Ban Mobil

Kode Ban Mobil


Berikut akan kami infokan mengenai arti dan makna kode ban mobil lengkap beserta kode kecepatan maksimum ban dan kode beban maksimum ban mobil.

Arti Kode Ban Mobil


Pada tiap ban mobil, di bagian sisi pinggir bagian luar biasanya tertera rangkaian kode angka dan huruf. Tiap kode memiliki arti dan makna tertentu yang menjabarkan deskripsi dan spesifikasi ban yang digunakan.

Misalnya saja sebuah ban mobil memiliki kode 205 / 70R15 95H X1502 maka arti tiap-tiap kode tersebut adalah sebagai berikut : 

205

Angka ini menunjukkan lebar nominal bagian ban dalam ukuran milimeter (mm), spesifikasi ini mempengaruhi daya cengkram mobil dan akselerasi mobil.

70

Angka ini menunjukkan rasio aspek, perbandingan bagian tinggi ban dengan lebar bagiannya dalam satuan persen.

R

Huruf ini menjukkan konstruksi ban dengan lapisan radial.

15.

Angka ini menunjukkan diameter nominal penggunaan pelek atau velg roda dalam satuan inci. Hal ini penting diperhatikan saat akan membeli ban baru yang sesuai.

95

Angka ini merupakan simbol yang menunjukkan kapasitas maksimum beban yang bisa ditumpu oleh ban. Angka 95 berarti ban mampu menahan beban 600-800 kg. Untuk makna simbol ini silahkan lihat info kode beban ban di bawah.

H

Huruf ini merupakan simbol yang menunjukkan kecepatan maksimum ban yang aman untuk dioperasikan. Huruf H berarti ban mampu berjalan pada kecepatan maksimum sampai 210 km/jam. Untuk makna simbol ini silahkan lihat info kode kecepatan ban di bawah.

X1502

Kombinasi 4 digit terakhir pada kode ban ini menunjukkan waktu produksi ban. Artinya ban dibuat pada minggu ke-15 pada tahun 2002.

Kode Kecepatan Ban Mobil


P : 150 km/jam
Q : 160 km/jam
R : 170 km/jam
S : 180 km/jam
T : 190 km/jam
H : 210 km/jam
V : 240 km/jam
W : 270 km/jam
Y : > 300 km/jam

Kode Beban Ban Mobil


62 : 265 kg
63 : 272 kg 
64 : 280 kg
66 : 300 kg
68 : 315 kg
70 : 335 kg
73 : 365 kg
75 : 387 kg
80-89 : 450-580 kg
90-100 : 600-800 kg

Nah itulah informasi mengenai kode ban mobil beserta arti, makna dan cara membacanya. Ditampilkan juga kode kecepatan maksimum dan kode beban ban mobil. Hal ini perlu diperhatikan jika kita ingin membeli ban baru untuk mobil kita.

Belum ada Komentar untuk "Kode Ban Mobil dan Maknanya yang Harus Kamu Ketahui"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel