5+ Struktur Resensi Beserta Pengertian, Unsur-Unsur, dan Penjelasannya

Struktur resensi - Resensi adalah ulasan mengenai suatu buku. Istilah resensi kemudian juga digunakan untuk membahas mengenai karya lain selain buku, seperti film atau musik. Namun secara umum, resensi masih identik sebagai istilah untuk mengulas buku atau novel. Dalam resensi, juga terdapat unsur-unsur dan struktur resensi yang harus disertakan dan diikuti.

Ada beberapa tujuan resensi dibuat di antaranya adalah membantu pembaca memahami gambaran dan penilaian umum dari sebuah hasil karya dengan ringkas, memahami kelebihan dan kelemahan pada karya yang diresensi, serta menguji kualitas karya lalu membandingkannya terhadap karya lainnnya.

Resensi juga penting untuk memberi masukan kepada pembuat karya berbentuk kritik dan saran. Adanya resensi juga bisa jadi bahan pertimbangan dan sebagai sarana promosi buku. Tidak semua orang bisa menulis resensi, karena dibutuhkan kepekaan dan metode khusus untuk menulis resensi buku, termasuk struktur-struktur resensi buku yang harus dipatuhi.

(baca juga macam-macam majas)

Struktur Resensi

Pengertian Resensi


Pengertian resensi menurut KBBI adalah ulasan buku atau pertimbangan atau pembicaraan tentang buku. Adapun definisi resensi secara umum adalah kegiatan menilai, membahas, dan mengkritik atau mengungkapkan kembali dari isi yang ada didalam sebuah karya caranya dengan memaparkan data – data, sinopsis, dan kritikan dari karya tersebut.

Menurut WJS. Poerwadarminta, resensi didefinisikan sebagai suatu pertimbangan atau perbincangan mengenai sebuah buku yang menilai kelebihan atau juga kekurangan buku tersebut, menarik tidaknya tema dan isi dari buku, kritikan, serta memberi dorongan untuk khalayak mengenai butuh tidaknya buku tersebut dibaca dan dimiliki ataupun dibeli.

Struktur Resensi


Sebuah resensi juga memiliki struktur-struktur tersendiri, dari bagian awal sampai bagian akhir resensi. Berikut merupakan 5 struktur resensi beserta penjelasannya.

1. Identitas

Bagian pertama adalah identitas. Pada bagian identitas ini meliputi informasi-informasi umum yang ditampilkan misalnya seperti judul, pengarang, penerbit, tahun terbit, tebal halaman, dan juga ukuran dari sebuah buku. Bagian ini kemungkinan tidak dinyatakan secara langsung, seperti yang nampak pada teks ulasan film dan lagu.

2. Orientasi


Selanjutnya ada bagian orientasi. Bagian ini umumnya diletakkan pada paragraf pertama resensi. Isinya menjelaskan mengenai latar belakang serta kelebihan-kelebihan buku seperti penghargaan yang pernah diperoleh dari buku yang diresensi tersebut.

3. Sinopsis


Struktur resensi berikutnya adalah bagian sinopsis. Bagian sinopsis ini berisikan mengenai ringkasan yang menggambarkan sebuah pemahaman penulis terhadap isi buku atau karya yang sedah dibahas dalam resensi tersebut.

4. Analisis


Selanjutnya ada bagian analisis. Pada bagian analisis ini berisikan mengenai penjelasan dan paparan mengenai keberadaan unsur-unsur cerita dari buku yang diresensi, misalnya seperti tema, penokohan, setting, alur cerita, serta amanat atau pesan yang coba disampaikan.

5. Evaluasi


Struktur resensi yang terakhir adalah evaluasi. Bagian ini terletak di bagian paling akhir sebuah resensi. Evaluasi berisikan penjelasan dan paparan mengenai kelebihan dan kekurangan suatu karya, serta penilaian dari penulis resensi terhadap buku yang diresensi.

Unsur-Unsur Resensi


Resensi memiliki unsur-unsur tertentu yang terkandung di dalamnya yang pasti bisa ditemui di tiap jenis resensi. Berikut merupakan unsur-unsur resensi dan penjelasannya.

  • Judul resensi, yakni judul dari resensi yang disusun, diusahakan memiliki judul yang menarik.
  • Menyusun data buku, yakni penyusunan data buku yang dilakukan dengan susunan seperti judul buku, nama pengarang, penerbit, tahun terbit beserta cetakannya, dimensi buku, dan harga buku yang diresensi.
  • Isi, yakni berisikan tentang sinopsis, ulasan singkat buku, kutipan buku secara singkat, kelebihan dan kelemahan buku, rumusan kerangka buku, serta bahasa yang digunakan
  • Penutup, biasanya berisikan tentang alasan kenapa buku tersebut ditulis dan kepada buku tersebut ditujukan.

Nah itulah penjelasan mengenai pengertian resensi, tujuan resensi, struktur resensi, serta unsur-unsur resensi dan penjelasannya. Secara umum resensi terdiri dari 5 struktur utama yakni identitas, orientasi, sinopsis, analisis, dan evaluasi.

0 Response to "5+ Struktur Resensi Beserta Pengertian, Unsur-Unsur, dan Penjelasannya"

Posting Komentar