25 Negara Terbesar di Dunia dan Terluas Wilayahnya

Apa sajakah negara terbesar di dunia? Di dunia ini banyak negara-negara dengan total area yang luas. Beberapa negara terluas di dunia memiliki laus wilayah mencapai jutaan kilometer persegi. Dalam artikel ini akan dibahas mengenai daftar 20 negara terbesar di dunia berdasarkan total luas wilayahnya yang paling besar.

Terdapat ratusan jumlah negara di dunia yang tersebar di 5 benua yaitu Asia, Amerika, Afrika, Eropa dan Australia. Tiap negara memiliki teritori dan wilayah yang beragam dan berbeda. Ada negara dengan wilayah yang sangat besar, namun ada juga negara terkecil di dunia dengan luas wilayah yang sangat kecil sekali.

Untuk menentukan daftar negara terbesar di dunia maka didasarkan pada total luas area, baik luas daratan maupun luas lautan. Negara dengan area luas juga memiliki banyak provinsi dan wilayah kota. Biasanya negara terluas di dunia memiliki penduduk yang banyak pula, meski ada juga beberapa negara terpadat di dunia dengan area yang tidak terlalu luas.

Saat ini negara terbesar di dunia adalah Rusia yang wilayahnya mencakup di benua Eropa dan Asia sehingga termasuk juga sebagai negara terluas di Eropa dan Asia. Sementara negara terluas di Asia secara keseluruhan adalah China. Adapun negara terluas di Asia Tenggara adalah Indonesia yang juga menjadi negara kepulauan terbesar di dunia.

Berikut ini merupakan daftar urutan negara terbesar di dunia saat ini. List berikut dihitung berdasarkan luas wilayah tiap negara mencakup luas darat dan laut dan hanya menyertakan negara independen yang diakui di dunia internasional, tidak termasuk wilayah sengketa, negara bagian atau teritorial dependen lainnya.

25 Negara Terbesar di Dunia


1. Rusia

Negara Terbesar di Dunia Rusia

Luas wilayah : 17.098.246 km persegi
Ibukota : Moscow
Benua : Eropa/Asia

Rusia adalah negara terbesar di dunia dengan luas wilayah mencapai 17,098 juta km persegi. Wilayah negara ini membentang dari benua Eropa hingga Asia dan menjadi salah satu negara trans-kontinental di dua benua. Wilayah Rusia bagian Eropa menjadi negara terbesar di Eropa, sementara wilayah Rusia bagian Asia menjadi negara terbesar di Asia.

Wilayah Rusia mencapai seperdelapan daratan di Bumi. Negara Rusia sangat luas hingga terdapat 11 zona waktu yang berbeda di Rusia. Ibukota Rusia adalah Moscow, sementara beberapa kota besar di Rusia adalah Saint-Petersburg, Yekaterinburg dan Kazan. Jumlah penduduk Rusia mencapai 144 juta jiwa, terbanyak ke-9 di seluruh dunia.

2. Kanada

Negara Terbesar di Dunia Kanada

Luas wilayah : 9.984.670 km persegi
Ibukota : Ottawa
Benua : Amerika Utara

Kanada merupakan negara yang terletak di Amerika Utara, di sebelah utara negara Amerika Serikat. Luas wilayahnya adalah 9,98 juta km persegi dimana Kanada menjadi negara terluas di dunia dari total areanya. Kanada juga diklaim sebagai negara terbesar di benua Amerika. Ibukota Kanada ada di kota Ottawa.

3. China

Negara Terluas di Dunia China

Luas wilayah : 9.596.961 km persegi
Ibukota : Beijing
Benua : Asia

China adalah negara terluas di Asia yang wilayah seluruhnya ada di benua Asia. Total luas wilayah China adalah 9,59 juta km persegi. Ibukota China adalah Beijing. Negara ini menjadi negara penduduk terbanyak di dunia dengan total penduduk sebanyak 1,404 miliar jiwa. Wilayah China sangat luas hingga memiliki perbatasan terbanyak dengan negara tetangga lain di sekitarnya.

4. Amerika Serikat

Negara Terluas di Dunia Amerika Serikat

Luas wilayah : 9.525.067 km persegi
Ibukota : Washington
Benua : Amerika Utara

Amerika Serikat menjadi negara paling luas di dunia yang keempat dengan total area sebesar 9,53 juta km persegi. Negara yang beribukota di Washington ini juga menjadi negara terbesar di Amerika yang kedua setelah Kanada. Terdapat 50 negara bagian Amerika Serikat. Jumlah penduduk Amerika Serikat adalah yang terbanyak ke-3 di seluruh dunia.

5. Brasil

Negara Terluas di Dunia Brasil

Luas wilayah : 8.515.767 km persegi
Ibukota : Brasilia
Benua : Amerika Selatan

Brasil menjadi negara paling besar di dunia di belahan Bumi bagian selatan. Brasil juga menjadi negara terluas di Amerika Selatan. Luas wilayah Brasil adalah 8,52 juta km persegi dan beribukota di Brasilia. Karena areanya yang luas, Brasil memiliki wilayah perbatasan darat dengan 9 negara Amerika Selatan lainnya.

6. Australia

Negara Terbesar di Dunia Australia

Luas wilayah : 7.692.024 km persegi
Ibukota : Canberra
Benua : Australia

Australia adalah negara-benua di belahan Bumi bagian selatan. Dengan luas sebesar 7,692 juta km persegi, Australia adalah negara terbesar di Oceania dan benua Australia serta negara terbesar ke-6 di dunia. Negara ini juga menjadi negara terbesar yang tidak memiliki perbatasan darat dengan negara lain di sekitarnya.

7. India

Negara Terbesar di Dunia India

Luas wilayah : 3.287.263 km persegi
Ibukota : New Delhi
Benua : Asia

India menempati urutan 7 negara paling besar di dunia dengan luas wilayah sebesar 3,29 juta km persegi. India dikenal sebagai negara dengan jumlah penduduk terbanyak kedua di dunia setelah China dengan populasi sebesar 1,2 miliar jiwa. Negara ini pun menjadi negara terluas di Asia Selatan. Ibukota India berada di kota New Delhi.

8. Argentina

Negara Terbesar di Dunia Argentina

Luas wilayah : 2.780.400 km persegi
Ibukota : Buenos Aires
Benua : Amerika Selatan

Urutan negara terbesar di dunia berikutnya adalah Argentina. Negara ini menempati urutan 2 negara terluas di Amerika Selatan setelah Brasil, dengan total area sebesar 2,78 juta km persegi. Argentina menjadi negara terluas di antara negara lain yang berbahasa Spanyol. Ibukota Argentina adalah Buenos Aires.

9. Kazakhstan

Negara Terbesar di Dunia Kazakhstan

Luas wilayah : 2.724.900 km persegi
Ibukota : Astana
Benua : Asia

Urutan negara terluas di dunia selanjutnya adalah Kazakhstan. Negara ini terletak di Asia Tengah, berbatasan juga dengan wilayah benua Eropa serta beribukota di Astana. Kazakhstan menjadi negara terbesar di dunia yang tidak memiliki wilayah perairan dengan total luas daratan mencapai 2,73 juta km persegi.

10. Aljazair

Negara Terbesar di Dunia Aljazair

Luas wilayah : 2.381.741 km persegi
Ibukota : Algiers
Benua : Afrika

Peringkat negara terbesar di dunia yang ke-10 adalah Aljazair. Negara ini menjadi negara terbesar di Afrika dan menjadi negara Arab terbesar di dunia. Luas wilayah Aljazair adalah 2,38 juta km persegi. Negara ini terletak di kawasan Afrika Utara dan beribukota di Algiers.

11. Republik Demokratik Kongo

Luas wilayah : 2.344.858 km persegi
Ibukota : Kinshasa
Benua : Afrika

12. Arab Saudi

Luas wilayah : 2.149.690 km persegi
Ibukota : Riyadh
Benua : Asia

13. Meksiko

Luas wilayah : 1.964.375 km persegi
Ibukota : Mexico City
Benua : Amerika Utara

14. Indonesia

Luas wilayah : 1.910.931 km persegi
Ibukota : Jakarta
Benua : Asia

15. Sudan

Luas wilayah : 1.861.484 km persegi
Ibukota : Khartoum
Benua : Afrika

16. Libya

Luas wilayah : 1.759.540 km persegi
Ibukota : Tripoli
Benua : Afrika

17. Iran

Luas wilayah : 1.648.195 km persegi
Ibukota : Tehran
Benua : Asia

18. Mongolia

Luas wilayah : 1.564.110 km persegi
Ibukota : Ulaanbaatar
Benua : Asia

19. Peru

Luas wilayah : 1.285.216 km persegi
Ibukota : Lima
Benua : Amerika Selatan

20. Chad

Luas wilayah : 1.284.000 km persegi
Ibukota : N'Djamena
Benua : Afrika

21. Niger

Luas wilayah : 1.267.000 km persegi
Ibukota : Niamey
Benua : Afrika

22. Angola

Luas wilayah : 1.246.700 km persegi
Ibukota : Luanda
Benua : Afrika

23. Mali

Luas wilayah : 1.240.192 km persegi
Ibukota : Bamako
Benua : Afrika

24. Afrika Selatan

Luas wilayah : 1.221.037 km persegi
Ibukota : Cape Town
Benua : Afrika

25. Kolombia

Luas wilayah : 1.141.748 km persegi
Ibukota : Bogota
Benua : Afrika


Demikianlah info daftar 25 negara terbesar di dunia menurut luas wilayahnya lengkap update terbaru. Rusia masih menjadi negara terluas dunia diikuti oleh Kanada, China, Amerika Serikat dan Brasil. Sementara Indonesia yang merupakan negara terbesar di Asia Tenggara menempati peringkat 14 urutan negara terbesar di dunia.

1 Response to "25 Negara Terbesar di Dunia dan Terluas Wilayahnya"