10+ Negara Terkaya di Dunia 2018 Versi Forbes (Update Terbaru)

Negara terkaya di dunia 2018 - Ada banyak jumlah negara di dunia dengan masing-masing kekayaan sendiri. Nilai kekayaan suatu negara biasa diukur dengan pendapatan per kapita yang diraih. Lalu negara apa yang masuk 10 besar daftar negara terkaya di dunia saat ini?

Secara umum negara-negara di dunia bisa dibagi menjadi dua yaitu negara maju dan negara berkembang. Negara maju adalah negara yang memiliki tingkat ekonomi dan infrastruktur yang tinggi. Sementara negara berkembang adalah negara yang masih dalam tahap berkembang.
Tentu negara maju di dunia menjadi lebih unggul jika membahas masalah kekayaan. Pendapatan perkapita per tahun tentu menjadi patokan utama dalam menentukan ekonomi suatu wilayah. Hal itu juga menjadi faktor utama dalam menentukan peringkat negara terkaya di dunia saat ini. Banyak negara negara terkaya di dunia yang memiliki sektor industri maju dan canggih.

Kebanyakan negara kaya mengandalkan sektor minyak bumi dan gas alam sebagai bidang utama. Tentunya dalam hal ini kawasan Timur Tengah menjadi yang terdepan. Namun ada juga yang mengandalkan sektor lain yang juga mampu mendapat devisa yang besar, seperti sektor perdagangan, teknologi, industri, perniagaan, perbankan dan pariwisata. 

Negara terkaya di dunia saat ini jika ditinjau dari pendapatan per kapita adalah Qatar. Negara maju dunia lain seperti Amerika Serikat, Singapura dan Belanda juga masuk dalam daftar negara terkaya di dunia dalam posisi 10 besar.

Lalu bagaimana dengan Indonesia? Indonesia sebenarnya memiliki potensi yang besar untuk menjadi salah satu negara kaya di dunia dengan sumber daya yang melimpah. Namun karena pengelolaan yang kurang maksimal, potensi Indonesia belum terpenuhi.

Berikut ini akan kami tampilkan list negara dengan kekayaan terbesar. Urutan negara terkaya di dunia tahun 2018 ini dikutip dari data majalah Forbes selaku salah satu majalah finansial ternama dunia yang sudah terkenal. Inilah daftar 10 negara terkaya di dunia 2018 berdasarkan pendapatan per kapita saat ini lengkap update terbaru.

Daftar 10 Negara Terkaya di Dunia 2018


1. Qatar

Negara Terkaya di Dunia

Ibukota : Doha
Pendapatan per kapita : US$ 88.222
Benua : Asia
Mata Uang : Qatari Riyal

Negara terkaya di dunia saat ini adalah Qatar. Negara ini berada di benua Asia, tepatnya di kawasan Timur Tengah. Berdasarkan Forbes, pendapatan per kapita Qatar adalah 88.222 US dollar, menjadikan Qatar sebagai negara terkaya di dunia no. 1. Sektor utama dalam menunjang negara Qatar adalah minyak dan gas alam.

2. Luksemburg

Negara Terkaya di Dunia

Pendapatan per kapita : US$ 81.466
Ibukota : Luksemburg
Benua : Eropa
Mata Uang : Euro

Secara mengejutka urutan negara terkaya kedua ditempati oleh Luksemburg. Negara ini merupakan negara kecil di benua Eropa, namun ternyata kekayaan negara ini hanya kalah dari Qatar saja. Pendapatan per kapita Luksemburg, dikutip dari Forbes, adalah 81.466 US dollar, yang kebanyakan didapat dari sektor perdagangan dan pajak.

3. Singapura

Negara Terkaya di Dunia

Pendapatan per kapita : US$ 56.694
Ibukota : Singapura
Benua : Asia
Mata Uang : Dolar Singapura

Dengan pendapatan per kapita sebesar 56.694 US dollar, Singapura menjadi negara terkaya di Asia Tenggara dan terkaya ketiga di dunia. Negara ini juga sering dianggap sebagai negara terbersih di dunia. Sektor yang diandalkan pemerintah Singapura adalah teknologi, manufaktur, finansial dan pariwisata.

4. Norwegia

Negara Terkaya di Dunia

Pendapatan per kapita : US$ 51.959
Ibukota : Oslo
Benua : Eropa
Mata Uang : Krone Norwegia

Norwegia menjadi negara terkaya kedua di Eropa dan terkaya keempat di dunia, menurut data Forbes. Kekayaan Norwegia adalah 51.959 US dollar dimana sektor yang diandalkan adalah minyak bumi. Norwegia juga dianggap sebagai negara termaju di dunia dengan standar hidup tertinggi berdasarkan nilai indeks pembangunan manusia-nya.

5. Brunei

Negara Terkaya di Dunia

Pendapatan per kapita : US$ 48.333
Ibukota : Bandar Seri Begawan
Benua : Asia
Mata Uang : Dolar Brunei

Selain Singapura, ada juga negara Asia Tenggara dalam 10 besar urutan negara terkaya di dunia versi Forbes ini. Brunei Darussalam memiliki pendapatan per kapita sebesar 48.333 US dollar, tertinggi kelima di dunia. Sektor minyak bumi dan gas alam menjadi dua sektor penyumbang pendapatan terbanyak bagi Brunei.

6. Uni Emirat Arab

Negara Terkaya di Dunia

Pendapatan per kapita : US$ 47.439
Ibukota : Abu Dhabi
Benua : Asia
Mata Uang : Dirham Uni Emirat Arab

Satu lagi negara kaya yang berasal dari Timur Tengah, yaitu Uni Emirat Arab (nama resminya United Arab of Emirates). Negara yang beribukota di Abu Dhabi ini memiliki kekayaan sebesar 47.439 US dollar. Tentunya negara ini juga masih mengandalkan sektor minyak bumi dan gas alam untuk meraup devisa negara.

7. Amerika Serikat

Negara Terkaya di Dunia

Pendapatan per kapita : US$ 46.860
Ibukota : Washington DC
Benua : Amerika
Mata Uang : Dolar Amerika

Sebagai negara superpower dunia, tentu Amerika Serikat juga tak mau ketinggalam dalam list ini. Amerika Serikat masih menjadi salah satu negara paling kaya di dunia, dengan mengandalkan sektor teknologi, industri, perniagaan dan hiburan. Total pendapatan per kapita Amerika Serikat diperkirakan mencapai 46.860 US dollar. Sebagai catatan dalam deretan orang terkaya di dunia saat ini juga didominasi oleh warga Amerika.

8. Hong Kong

Negara Terkaya di Dunia

Pendapatan per kapita : US$ 45.944
Ibukota : Hong Kong
Benua : Asia
Mata Uang : Dolar Hong Kong

Secara teknis, Hong Kong bukanlah sebuah negara independen karena merupakan bagian dari China. Namun Hong Kong memiliki otoritas khusus dan memiliki pendapatan per kapita sendiri. Dengan mengandalkan sektor perdagangan dan hiburan, Hong Kong menjadi salah satu negara terkaya di Asia dan dunia dengan pendapatan per kapita 45.944 US dollar.

9. Swiss

Negara Terkaya di Dunia

Pendapatan per kapita : US$ 41.950
Ibukota : Bern
Benua : Eropa
Mata Uang : Frans Swiss

Tiap tahun pendapatan per kapita Swiss terus menaik hingga kini masuk 10 besar ranking negara paling kaya di dunia. Pendapatan Swiss kini mencapai 41.950 US dollar menurut data Forbes. Negara di kawasan Eropa Tengah ini mengandalkan sejumlah sektor utama seperti perbankan, finansial dan bahkan sektor kuliner dan makanan.

10. Belanda

Negara Terkaya di Dunia

Pendapatan per kapita : US$ 40.973
Ibukota : Amsterdam
Benua : Eropa
Mata Uang : Euro

Dalam urutan 10 daftar negara terkaya di dunia saat ini ditempati oleh Belanda. Negara di benua Eropa ini diperkirakan memiliki pendapatan per kapita sebesar 40.973 US dollar. Sektor industri pangan dan pertanian dianggap sebagai dua sektor utama dari industri di Belanda.

Urutan negara terkaya di dunia 2018


  1. Qatar (US$ 88.222)
  2. Luksemburg (US$ 81.466)
  3. Singapura (US$ 56.694)
  4. Norwegia (US$ 51.959)
  5. Brunei (US$ 48.333)
  6. Uni Emirat Arab (US$ 47.439)
  7. Amerika Serikat (US$ 46.860)
  8. Hong Kong (US$ 45.944)
  9. Swiss (US$ 41.950)
  10. Belanda (US$ 40.73)
  11. Australia (US$ 39.764)
  12. Austria (US$ 39.761)
  13. Irlandia (US$ 39.492)
  14. Kanada (US$ 39.171)
  15. Kuwait (US$ 38.775)


Nah itulah info mengenai peringkat 10 negara terkaya di dunia tahun 2018 lengkap (update terbaru). List tersebut dirilis oleh majalah Forbes, sehingga datanya cukup valid dan terjamin. Kriteria yang digunakan didapat dengan menghitung pendapatan per kapita tiap negara. Semoga info tersebut bisa bermanfaat dan menambah wawasan.

0 Response to "10+ Negara Terkaya di Dunia 2018 Versi Forbes (Update Terbaru)"

Posting Komentar