10 Band Rock Terbaik Sepanjang Masa Paling Legendaris

Daftar band rock barat terbaik sepanjang masa - Band rock barat mana yang layak disebut sebagai band rock terbaik dunia? Dari dulu sampai sekarang memang ada banyak grup band rock barat terkenal yang populer, dengan lagu-lagu rock hits yang enak didengar. Dalam artikel ini, akan dibahas mengenai daftar 10 band rock terbaik dan terpopuler sepanjang sejarah musik.

Musik memang menjadi salah satu industri yang paling menjanjikan. Para pelakunya bisa seorang penyanyi solo atau sebuah grup. Banyaknya band yang bermunculan dari berbagai genre, yang paling terkenal adalah band beraliran rock. Namun bisa dibilang band-band rock klasik masih dikategorikan sebagai band rock terbaik.

Contoh band rock legendaris dunia yang dianggap sebagai band paling berpengaruh di dunia adalah The Beatles dan The Rolling Stones. Selain karena lagu lagu rock yang mereka hasilkan, kedua band rock terkenal di dunia tersebut memang sudah banyak diakui oleh kalangan penggemar musik. Selain dua nama itu, juga ada beberapa band rock lain yang layak diperhitungkan dalam list.

Untuk masuk dalam jajaran band rock barat populer, sebuah band juga harus memiliki para personil yang berbakat, mulai dari vokalis, gitaris, bassis, hingga drummernya. Selain itu lagu-lagu yang dihasilkan banyak yang jadi hits yang populer. Beberapa lagu rock terbaik sepanjang masa bahkan sukses menjadi lagu hits yang tak lekang oleh waktu.

Beberapa band rock barat terbaik terbaik mampu populer di era tertentu, mulai dari tahun 60an (The Beatles, The Doors, The Rolling Stones), tahun 70an (Led Zeppelin, Pink Floyd, Queen), tahun 80an (AC/DC, U2, Metallica), tahun 90an (Nirvana, Guns N' Roses, Radiohead) hingga tahun 2000an (Coldplay, Green Day, Arctic Monkeys).

Kami telah menyusun daftar 10 band rock terbaik sepanjang masa yang paling berpengaruh. List hanya menampilkan grup band (minimal 3 personil), tidak termasuk penyanyi solo atau duo. Band harus mengusung aliran rock dan subgenrenya (hard rock, alternative rock, punk rock, progressive rock, dll). Band heavy metal tidak masuk dalam hitungan.


10 Band Rock Terbaik Sepanjang Masa


1. The Beatles

Band Rock Terbaik The Beatles

The Beatles adalah band terkenal asal kota Liverpool, Inggris. Bisa dibilang The Beatles adalah band paling besar dan paling populer sepanjang masa. The Beatles beranggotakan John Lennon, Paul McCartney, Geroge Harrison dan Ringo Starr. Beberapa lagu terbaik The Beatles antara lain seperti Yesterday, Let It Be, I Want to Hold Your Hands, She Loves You, Help, A Day in the Life, Twist and Shout dan lain-lain.

2. The Rolling Stones


Salah satu band legendaris lainnya adalah The Rolling Stones, yang beranggotakan Mick Jagger, Keith Richards, Brian Jones, Mick Avory dan Dick Taylor. The Rolling Stones menghasilkan hits-hits terkenal seperti (I Can't Get No) Satisfaction, Paint It Black, Brown Sugar, Jumpin' Jack Flash, Sympathy of the Devil dan lain-lain. The Rolling Stones kini menjadi salah satu ikon musik rock dan terkenal dengan logo lidah menjulurnya.

3. Led Zeppelin

Band Rock Terbaik

Led Zeppelin juga termasuk salah satu band yang memiliki banyak genre, selain rock tentunya. Led Zeppelin mampu membawakan lagu-lagu bergenre blues, heavy metal, soul, jazz dan lain-lain. Led Zeppelin sukses menghasilkan hits-hits mendunia seperti Kashmir, Whole Lotta Love, Black Dog, Ramble On, dan tentu saja Stairway to Heaven.

4. Queen

Band Rock Terbaik

Berbeda dengan yang lainnya, Queen mengusung genre musik campuran antara rock, klasik, alternative dan progressive. Queen yang digawangi oleh Freddie Mercury juga menghasilkan banyak lagu legendaris seperti Bohemian Rhapsody, Love of My Life, We Will Rock You, I Want to Break Free, We are the Champions, dan lain-lain. Album tersukses mereka adalah A Night at Opera yang terjual laris ke seluruh dunia.

5. AC/DC


AC/DC merupakann band hard rock asal Australia. Band ini sangat populer di dunia musik rock pada tahun 70an dan 80an. Sejumlah lagu hits dari AC/DC antara lain adalah Back in Black, Highway to Hell, Thunderstruck, Shoot to Thrill dan T.N.T. AC/DC pun layak jadi salah satu grup band rock terpopuler sepanjang sejarah.

6. The Who


The Who merupakan band asal Inggris yang paling dikenal di akhir tahun 60an dan tahun 70an. Personilnya yang paling lama terdiri dari Roger Daltrey, Pete Townshend, John Entwistle, dan Keith Moon. Album-album klasik The Who seperti Who's Next, My Generation, Tommy, dan The Who Sells Out berisikan banyak lagu-lagu rock klasik yang hits.

7. Pink Floyd


Pink Floyd sangat terkenal di tahun 70an. Lagu-lagu terkenal dari Pink Floyd antara lain seperti Wish You Were Here, Another Brick at the Wall, Money, Comfortably Numb, Time dan masih banyak lagi. Album The Dark Side of the Moon menjadi salah satu puncak karir dari Pink Floyd yang menjadikannya sebagai salah musisi legendaris.

8. Guns N' Roses


Gun N' Roses menjadi salah satu band bergenre rock paling sukses di era 80an dan 90an. Dengan hits lagu seperti Sweet Child O'Mine, November Rain, Welcome to the Jungle, Paradise City dan lain-lain, Gun N' Roses mencapai kepopuleran yang besar. Band ini juga sempat berganti-ganti personil, namun tetap dikenang lewat formasi andalannya, termasuk Axl Rose dan Slash.

9. Nirvana

Band Rock Terbaik

Nirvana merupakan contoh dan gambaran tepat di mana popularitas dapat naik dan turun dengan sangat pesat. Nirvana memulai karir di label indie pada tahun 1989. Namun semua berubah saat dirilisnya album Nevermind di tahun 1991. Nirvana kemudian menjadi sangat populer. Sayang hal ini tak bertahan lama. Nirvana akhirnya berhenti di tahun 1994 setelah sang vokalis, Kurt Cobain memutuskan untuk bunuh diri. Meski sangat singkat, namun Nirvana layak masuk dalam list ini berkat hits-hits seperti Smells Like Teen Spirit, Come As You Are, In Bloom dan Breed.

10. U2


U2 menjadi salah satu band yang eksis dalam 4 dekade, yaitu mulai di era 80an, 90an, 2000an dan hingga sekarang. U2 yang digawangi oleh Bono, The Edge, Adam Clayton dan Larry Mullen Jr menghasilkan banyak single andalan seperti With or Without You, Vertigo, New Years Day, Sunday Bloody Sunday, dan One. Album tersukses U2 adalah The Joshua Tree pada tahun 1987 lalu.

Grup band rock terbaik dunia lainnya


  • The Doors 
  • Bon Jovi
  • Radiohead 
  • The Beach Boys 
  • Velvet Underground
  • The Clash 
  • Ramones 
  • The Smiths 
  • Deep Purple
  • Oasis 
  • Green Day
  • Red Hot Chili Peppers
  • Aerosmith 
  • Fleetwood Mac
  • Creedence Clearwater Revival
  • Blur
  • Talking Heads
  • Eagles 
  • The Strokes
  • Coldplay
  • Arctic Monkeys
  • Foo Fighters
  • Van Halen
  • Joy Division

Nah itulah list lengkap daftar band rock terbaik yang paling populer dan berpengaruh update terbaru. Sejumlah band terbaik dunia di atas mampu eksis dan sangat populer serta memberi pengaruh dalam industri musik. The Beatles jelas jadi grup band terbaik dunia, sementara band band rock barat seperti Led Zeppelin, The Rolling Stones atau Queen juga layak masuk kategori. Jika punya pendapat lain, silahkan tuliskan di komentar.

51 Komentar untuk "10 Band Rock Terbaik Sepanjang Masa Paling Legendaris"

  1. pilihan bagus, tapi seharusnya radiohead & bon jovi juga pantas masuk ...
    setidaknya gak ada band" baru kayak linkin park ato avenged yg selalu ada di 10 besar daftar lain

    BalasHapus
  2. Anonim20/2/14

    Nirvana & U2 !!!

    BalasHapus
  3. Anonim22/2/14

    good list

    BalasHapus
  4. pilihan yang cukup rasional, didalamnya tdpt musisi2 handal brian may/fredy merc,mickjag,john l,slash,jimmypage,ritchie b, dsb.....

    BalasHapus
  5. The Tielman Brother adalah band yg pantas menduduki peringkat pertama dalam sejarah grup band terbaik sepanjang masa, kamu orang indonesia tetapi tidak tau siapa band pertama di dunia yg menjadi motivasi band-band ternama yg kamu tulis.

    BalasHapus
  6. @reffly : the tielman brother memang dikenal menjadi inspirasi beberapa band besar termasuk the beatles, namun jika meninjau aspek popularitas, penghargaan & karya" yg dihasilkan rasanya masih kalah dr 10 band di atas, terima kasih atas sarannya ...

    BalasHapus
  7. Anonim28/3/14

    black sabbath nya mana ?

    BalasHapus
  8. Nirvana,apanya yang hebat.....malah Bon Jovi gak masuk,parah pemilihannya...hahaahaaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bon jovi masih kalah sama gua

      Hapus
    2. Nirvana jiwanya bro. Ah keliatan banget kalau lu dengerinya cuma 1-2 band aja .

      Hapus
  9. @Onny : nirvana memberikan pengaruh yg lebih besar lewat genre grunge rock, selain itu di beberapa sumber luar nirvana juga selalu masuk 10 besar. utk saat ini, jika daftarnya diperbesar jadi 15 besar, bon jovi baru bisa masuk. namun semuanya kembali kepada selera musik masing-masing :-)

    BalasHapus
  10. Anonim7/6/14

    shit you forget Green Day man -_-

    debut dari tahun 1987 ga masuk ? -_-

    BalasHapus
  11. bring me the horizon mana?

    BalasHapus
  12. Wow .. Rock is never dies !!! Makasih Gan atas sharing pengetahuaanya. Memang ROck bukan sekedar Genre musik tapi Rock adalah saksi perubahan masa ke masa dan penggerak semangat positif dalam kerasnya jaman.

    BalasHapus
  13. @fakdis : saya rasa utk saat ini bring me the horizon masih belum layak utk msuk daftar terbaik sepanjang masa, tpi semua kembali pada masing" individu ...

    BalasHapus
  14. Anonim26/1/15

    Kok gak ada The Who, Sex Pistol, Ramones, Elvis Presley
    The Who salah satu dari 3 band inggris tersukses(1 The Beatleas 2 The Rolling Stones)
    Sex Pistol band yang cara berpakainya paling banyak ditiru(walau gak pernah mendapat penghargaan)
    Ramones ayah Punk ROck
    Elvis Presley ayah Rock N Roll

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karna Sex Pistol itu penyakit !

      Hapus
  15. @marihot : saya rasa muse belum layak dikategorikan band terbaik sepanjang masa, karena masih tergolong 'baru' (debut thn 1999), mungkin beberapa tahun kedepan muse bisa masuk list tersebut...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ac/dc koq gak disebut min?

      Hapus
  16. @Ady Tirta : sex pistol termasuk band yang populer di era 70-an, tapi kalo tdk salah hanya merilis 1 album saja, lalu Elvis Presley tergolong penyanyi solo. tapi semua penilaian kembali pada masing-masing individu...

    BalasHapus
  17. A7X dan DragonForce nya mana!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Avenged itu Genre nya Heavy metal,ini cuma List buat kategori Rock

      Hapus
  18. @Taufik Ikhsan : untuk kali ini saya rasa A7X & DragonForce belum layak masuk list di atas, karena mereka masih tergolong band baru (debut di era 2000-an) dan belum menjadi kiblat musik dunia

    BalasHapus
  19. The beatles tetap nomor 1 itu yang benar !

    BalasHapus
  20. soneta ko ngga msuk yaa

    BalasHapus
  21. Ya betul, memang trgantung dr selera musik masing2 individu. Tapi ane setuju dgn bbrapa pndapat agan-agan yang lain. Bon jovi salah 1 yang paling layak msk 10 bsr dftar trsebut. Baik dilihat dr segi fans, pengaruh musiknya (glam Rock ), prestasi, dan konsistensinya smpai skrg. Itu menurut ane, melihat secara universal.

    BalasHapus
  22. Anonim20/1/16

    Queen ga masuk?

    BalasHapus
  23. Wali kok ga masuk

    BalasHapus
    Balasan
    1. wali nggak cocok ditingkat dunia, yang cocok itu kayak KANGEN BAND! HIDUP KANGEN BAND !!

      Hapus
    2. ngawurrrrr semuanya yang patut masuk itu HIJAU DAUN!!!!!!

      Hapus
  24. Anonim24/3/16

    Wah ngantuk ni bloggernya masak bilang axl keluar dari gun n roses

    BalasHapus
  25. Foo Fighters ? AC/DC ? GNR masuk tapi AC/DC nggak masuk ? lynyrd skynyrd ? yang nggak habis pikir itu AC/DC, padahal permainan Angus banyak mengispirasi musisi di era 90 an .. Koplak lu !

    BalasHapus
  26. Rock legemdaris inspirasi musik banyak orang

    BalasHapus
  27. AC/DC gantiin Nirvana ntu..
    Pink Floyd jg apaan ntu,ganti ama Bon Jovi yg bnr2 mah exist ampe skrg!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anonim30/8/18

      @BAHARIM : gua rasa lu kidz jaman now karena beranggapan Bon Jovi lebih besar dari Pink Floyd, dan kalo gatau kualitas musik yang bagus mending gausah bacot njing, lu gatau seberapa besarnya Pink Floyd di zaman nya. Dalam penjualan album, Pink Floyd sukses menempati posisi pertama, dengan menjual lebih dari 50 millions album diseluruh dunia.

      Hapus
  28. band nirvana nevermind terdepan gue dendy armstrong

    BalasHapus
  29. kobe dan jamrud mana gan, hahahahahaha

    BalasHapus
  30. Anonim9/4/17

    red hot chilli peppers mana hoooeeee?...

    BalasHapus
  31. Anonim16/10/17

    The rolling stones mantab soul

    BalasHapus
  32. Anonim13/12/17

    Pada kualat.. seharusnya soneta di atas..

    BalasHapus
  33. Anonim21/6/18

    Seleraku sih Bon Jovi, GnR, Skid row, motley crue,aerosmith. Yaa musik mah tergantung selera tiap penikmat musik

    BalasHapus
  34. Harusnya scorpion yg masuk karena sebagai band legendaris lagunya banyak orang tahu

    BalasHapus
  35. The mercy kok ga masuk min?? Hadehhh

    BalasHapus
  36. Scorpions gda, bryan adams juga. Tpi pada intinya aku suka semua🤍🖤

    BalasHapus