Sejarah Awal Perkembangan Musik Reggae

Musik terdiri dari banyak genre, seperti genre rock, pop, punk, metal, rap, country, blues, jazz, electronic, R&B, hip hop, dan lain-lain. Salah satu genre musik yang cukup populer saat ini adalah genre musik reggae. Musik reggae memiliki ciri khas yang berbeda dari genre musik yang lainnya. Antara lain adalah irama musik yang lebih pelan dan berirama serta menggunakan tempo yang cenderung lebih lambat. Musik reggae sendiri berasa dari negara Jamaika. Beberapa musisi reggae banyak berasal dari Jamaika, meski kini sudah ada banyak musisi dan penyanyi reggae lain di seluruh dunia. Dengan semangat rastamania yang menyerukan kebebasan, reggae pun bukan hanya dianggap sebagai musik, namun juga sebaga gaya hidup dan pedoman. Meski begitu, reggae juga melalui perkembangan dan pembentukan panjang hingga bisa menjadi populer seperti sekarang ini.

Sejarah Musik Reggae


Sejarah kelahiran musik reggae diduga terjadi pada sekitar tahun 1968. Saat itu, di kalangan masyarakat Jamaika, musik dengan tempo lebih lambat lebih digemari dibandingkan dengan musik ska dan rocksteady. Musik dengan tempo lambat ini kemudian disebut dengan musik reggae dan mulai popuelr di negara Jamaika. Hal ini lah yang kemudian membuat negara Jamaika itu sendiri disebut sebagai tempat asal mula yang pertama kali mempopulerkan musik reggae. 

Sejarah Awal Perkembangan Musik Reggae

Kata reggae itu sendiri diduga berasal dari logat dalam kamus bahasa Afrika. Dalam bahasa Afrika, kata reggae berarti gerakan badan yang menari sesuai dengan irama musik yang dibunyikan. Hal ini mungkin cocok dengan reggae yang menghadirkan irama lambat yang membuat badan bergerak sesuai irama. Musik reggae banyak dipengaruhi oleh genre musik yang lainnya, seperti R&B, soul, dan musik mento yang merupakan musik daerah rakyat Jamaika.

Pada tahun 1972, kehadiran Bob Marley and The Wailers yang sukses merilis album reggae Catch A Fire mampu melambungkan musik reggae ke seluruh penjuru dunia. Hal inilah yang kemudian menjadikan nama Bob Marley menjadi salah satu ikon reggae di dunia. Ia dikenal konsisten menyanyikan lagu-lagu reggae yang sukses menjadi hits dan populer. Bob Marley bahkan menjadi salah satu musisi paling berpengaruh sepanjang masa dan menjadi tokoh penting dalam industri musik sepanjang masa.

Beberapa musisi terkenal lain yang sempat membawakan lagu reggae di Amerika Serikat antara lain adalah Eric Clapton, Paul Simon, Lee 'Scratch' Perry dan UB40. Kehadiran penyanyi-penyanyi tersebut mampu kian membuat reggae menjadi populer. Di era modern ini pun musisi reggae banyak bermunculan baik berupa grup atau penyanyi solo. Indonesia pun juga tidak ketinggalan dengan cukup banyaknya musisi-musisi reggae yang bermunculan, seperti Tony Q, Shaggy Dog, Steven and the Coconutz Treez, Souljah dan masih banyak lagi yang lainnya. 

(baca juga lagu reggae terbaik Indonesia)

Irama reggae pun kemudian mempengaruhi aliran-aliran musik pada dekade setelahnya. Subgenre dan jenis-jenis reggae pun muncul akibat perpaduan reggae dengan aliran musik lain. Beberapa contoh varian musik reggae antara lain adalah reggae hip hop, reggae rock, blues, dan lain-lain. 

Itulah artikel info mengenai sejarah musik reggae selengkapnya. Perkembangan musik reggae ke seluruh dunia pun terbilang sangat cepat dan pesat. Hingga kini, musik reggae pun sudah tersebar ke banyak negara dan bahkan seluruh pelosok dunia, termasuk di negara Indonesia juga. Banyaknya penggemar reggae dan komunitas khusus membuat musik ini cepat populer. Semoga info tersebut bisa menambah wawasan.



(CepatLambat)

2 Komentar untuk "Sejarah Awal Perkembangan Musik Reggae"