25+ Film Perang Terbaik Sepanjang Masa, Wajib Tonton !!!

Rekomendasi film perang terbaik - Film-film barat banyak dikenal karena kualitasnya yang bagus, terutama film produksi Hollywood. Dari berbagai genre, film perang jadi salah satu yang paling digemari, karena menghadirkan plot cerita yang seru dan sesuai aslinya. Untuk itu akan dibahas mengenai daftar film perang barat terbaik sepanjang masa sampai saat ini.

Banyak genre film barat terbaik yang populer, mulai dari action, drama, comedy, romance, thriller, horor, dan sci-fi. Salah satu genre yang paling menarik adalah film perang atau war movies. Film jenis ini juga banyak digemari oleh para penggemar film, terutama karena menyajikan ketegangan dan pertarungan seru antar kubu-kubu yang berperang. 

Tak jarang kehadiran baku tembak peluru, bom, tank, ledakan dan pesawat tempur menjadi daya tarik film yang bertemakan war/perang. Selain itu alur cerita dan karakter yang ada juga patut diperhitungkan. Film genre ini juga erat berkaitan dengan organisasi militer beserta para tokoh dan jabatan militer yang terlibat, mulai dari kolonel, jendral, sersan, kopral dan lain-lain.

Pengertian film perang sendiri adalah film yang mengambil tema perang atau waktu di zaman perang. Oleh karena itu film ini diklasifikasikan jika terdapat kubu-kubu yang berperang, bisa dua kubu atau lebih. Film perang pun bisa dikategorikan sebagai perang nyata sesuai dengan sejarah asli. Bisa juga dikategorikan sebagai perang fiktif, asalkan sesuai dengan zona teritorial yang ada.

Film jenis ini juga bisa mengambil sisi lain dari perang, seperti kehidupan saat zaman perang. Jadi tak melulu tentang perang yang menjadi fokus utama sepanjang durasi film, bisa juga kisah para korban perang atau tim medis yang bertugas. Dan jika ada film tentang perseteruan antar dua kelompok seperti perang geng atau komunitas, maka tidak bisa disebut dalam kategori film perang, jika tidak sesuai dengan event perang nyata.

(baca juga film action terbaik sepanjang masa)

Ada beberapa film dengan genre ini yang sukses dan laris di bioskop dan mendapat banyak respon serta review positif. Beberapa perang nyata yang sering dijadikan tema film perang antara lain adalah Perang Dunia II atau Perang Vietnam. Dua perang itu sering dijadikan background film, mengingat kebanyakan film barat adalah produksi Amerika Serikat.

Deretan film perang terbaik ini juga banyak mendapat penghargaan internasional seperti Academy Award. Banyak juga film perang yang sukses menembus predikat box office dan jadi salah satu film terlaris sepanjang masa di seluruh dunia. Sampai saat ini pun banyak film-film perang terbaru yang dibuat dan diproduksi di layar bioskop internasional.

Film Perang Terbaik Sepanjang Masa


Berikut ini akan kami tampilkan list rekomendasi 10 film perang terbaik, terdiri dari film-film war atau perang yang paling bagus dan populer sepanjang sejarah perfilman.

1. Saving Private Ryan

Film Perang Terbaik

Tahun : 1998
Sutradara : Steven Spielberg
Pemain : Tom Hanks, Tom Sizemore, Dennis Farina, Matt Damon, Edward Burns
Tema : Invasi Normandy, Perang Dunia II

Saving Private Ryan layak disebut sebagai film perang terbaik sepanjang masa. Film yang dirilis pada tahun 1998 ini dibintangi oleh aktor ternama seperti Tom Hanks, Matt Damon dan Tom Sizemore. Saving Private Ryan mengambil tema Invasi Normandy saat Perang Dunia II. Film ini begitu sukses besar hingga berhasil menyabet 11 nominasi Oscar dan memenangi 5 di antaranya di ajang Academy Awards.

2. Schindler's List

Film Perang Terbaik

Tahun : 1994
Sutradara : Steven Spielberg
Pemain : Liam Neeson, Ralph Fiennes, Ben Kingsley, Caroline Goodall
Tema : Konflik Nazi-Yahudi, Perang Dunia II

Film ini menjadi salah satu film perang terbaik dan bahkan kerap disebut dalam list film barat terbaik sepanjang masa secara umum. Sama seperti Saving Private Ryan, film ini disutradarai oleh Steven Spielberg. Liam Neeson dan Ben Kingsley menjadi 2 aktor utama dalam film Schindler's List. Film ini diadaptasi dari novel dengan judul yang sama karya Thomas Keneally.

3. The Pianist

Film Perang Terbaik

Tahun : 2002
Sutradara : Roman Polanski
Pemain : Adrien Brody, Thomas Kretschmann, Frank Finlay, Emilia Fox
Tema : Invasi Jerman ke Polandia, Perang Dunia II

Film ini merupakan film drama-biografi dengan tema perang yang dirilis tahun 2002. The Pianist disutradarai oleh Roman Polanski dan dibintangi oleh Adrien Brody. The Pianist diadaptasi dari novel karya Wladyslaw Szpilman. Film ini menghadirkan sisi lain dari invasi Jerman ke Polandia pada Perang Dunia II lalu.

4. The Hurt Locker

Film Perang Terbaik

Tahun : 2008
Sutradara : Kathryn Bigelow
Pemain : Jeremy Renner, Anthony Mackie, David Morse, Evangeline Lilly, Guy Pearce
Tema : Perang Irak

The Hurt Locker merupakan film perang arahan sutradara Kathryn Bigelow yang dirilis tahun 2008. Film yang dibintangi oleh Jeremy Renner, Anthony Mackie dan Evangeline Lily ini sukses besar, hingga berhasil meraih penghargaan film terbaik atau Best Picture Academy Awards. Film ini berfokus pada event Perang Irak.

5. Black Hawk Down

Film Perang Terbaik

Tahun : 2002
Sutradara : Ridley Scott
Pemain : Josh Hartnett, Ewan McGregor, Tom Sizemore, Eric Bana, Tom Hardy
Tema : Penyergapan Mogadishu, Somalia

Black Hawk Down termasuk salah satu film perang terpopuler yang banyak digemari. Film ini diputar perdana di bioskop tahun 2002 dan diarahkan oleh Ridley Scott. Black Hawk Down diadaptasi dari novel non-fiksi karya Mark Bowen. Film ini mengusung tema penyergapan militer Amerika Serikat di Mogadishu, Somalia.

6. Apocalypse Now

Film Perang Terbaik

Tahun : 1979
Sutradara : Francis Ford Coppola
Pemain : Marlon Brando, Martin Sheen, Robert Duvall, Larry Fishburne
Tema : Perang Vietnam

Film produksi tahun 1979 ini menjadi salah satu film perang terpopuler, bahkan sebagai film barat terpopuler secara umum. Apocalypse Now yang diarahkan oleh Francis Ford Coppola dan dibintangi oleh aktor ternama Marlon Brando ini memang sangat terkenal. Setting film Apocalypse Now adalah pada era Perang Vietnam.

7. Dunkirk

Film Perang Terbaik

Tahun : 2017
Sutradara : Christopher Nolan
Pemain : Fionn Whitehead, Tom Glynn-Carney, Harry Styles, Kenneth Bragan, Tom Hardy
Tema : Evakuasi Dunkirk, Perang Dunia II

Dunkirk merupakan film perang terbaru yang ada dalam daftar film perang terbaik ini. Dunkirk dirilis tahun 2017 dan diarahkan oleh sutradara populer Christopher Nolan. Film ini sukses besar dan menyandang status box office. Sesuai namanya, film ini bercerita tentang peristiwa evakuasi Dunkirk pada Perang Dunia II.

8. Platoon

Film Perang Terbaik

Sutradara : Oliver Stone
Pemain : Keith David, Tom Berenger, Willem Dafoe, Charlie Sheen
Tahun : 1986

Film ini juga kerap masuk dalam daftar film perang barat terbaik di dunia. Platoon diarahkan oleh sutradara Oliver Stone dan berfokus pada Perang Vietnam. Film ini juga jadi film perang pertama dari trilogi film perang Vietnam dari sutradara Oliver Stone. Dua lainnya adalah Born on the Fourth of July (1989) dan Heaven & Earth (1993).

9. Downfall

Film Perang Terbaik

Tahun : 2004
Sutradara : Oliver Hirschbiegel
Pemain : Bruno Ganz, Alexandra Maria Lara, Ulrich Matthes, Juliane Kohler
Tema : Runtuhnya Nazi Jerman, Perang Dunia II

Berbeda dengan kebanyakan film lain dalam list ini, film Downfall ini merupakan film produksi Jerman. Film ini disutradarai oleh Oliver Hirschbiegel. Downfall menceritakan kisah 10 hari terakhir Adolf Hitler saat memerintah Nazi Jerman di tahun 1945. Film ini sangat ikonik dan dianggap sebagai salah satu film Jerman terpopuler di dunia.

10. Full Metal Jacket

Film Perang Terbaik

Tahun : 1987
Sutradara : Stanley Kubrick
Pemain : Matthew Modine, Adam Baldwin, Vincent D'Onofrio, R. Lee Ermey
Tema : Perang Vietnam

Satu lagi film perang terbaik yang dirilis di tahun 80an. Kali ini berjudul Full Metal Jacket yang diarahkan oleh sutradara terkenal, Stanley Kubrick. Film ini begitu populer dan sempat jadi standar film perang yang bagus. Film ini juga berfokus pada Vietnam War atau Perang Vietnam. Banyak adegan ikonik yang memorable dari film ini.

Rekomendasi Film Perang Terbaik Lainnya : 


  • The Bridge on the River Kwai (1957)
  • American Sniper (2014)
  • The Deer Hunter (1978)
  • Paths of Glory (1957)
  • Fury (2014)
  • Jarhead (2005)
  • Dr. Strangelove (1964)
  • Hotel Rwanda (2004)
  • The Thin Red Line (1998)
  • Letters from Iwo Jima (2006)
  • Tears of the Sun (2003)
  • Inglourious Basterds (2009)
  • Tora! Tora! Tora! (1970)
  • Hacksaw Ridge (2016)
  • Pearl Harbor (2001)
  • The Great Escape (1963)

Nah itulah info rekomendasi film perang terbaik sepanjang masa di dunia lengkap update terbaru. Daftar tersebut bersifat tentunya subyektif sehingga bisa berbeda tiap individu. Kebanyakan film di atas mengambil konsep perang nyata, seperti World War I, World War II, Vietnam War dan lain lain. Sekian info film kali ini, semoga bisa menjadi referensi.

5 Komentar untuk "25+ Film Perang Terbaik Sepanjang Masa, Wajib Tonton !!!"

  1. saya suka 2,5,8 bagus

    BalasHapus
  2. Ane paling suka pearl Harbour gan, filmnya seru, lama pula :D

    BalasHapus
  3. Memang film-film diatas pantas masuk ke dalam box office karna kualitas yang bagus dan seruuu...

    Nah untuk tahun 2014 ini A.O. Scott, seorang pereview film menuliskan 5 film terbaik tahun 2014 untuk majalah The New York Times. Apa saja film2 tersebut cek yuuuk http://penulispro.com/film-terbaik-tahun-2014/16291/

    BalasHapus
  4. setuju gan, udah nonton semua film di atas, emang rekomendasi bgt deh.
    oya gan, black hawk dawn bukan nya tahun 2001 ya? hhehe

    BalasHapus
  5. The pacific juga hebat bro

    BalasHapus