10+ Momen Film Tersedih Sepanjang Masa yang Bikin Nangis

Momen film tersedih sepanjang masa - Film merupakan salah satu media untuk berekspresi. Terdapat beberapa genre yang ada mulai dari action, adventure, comedy, drama, thriller, horor, romance, hingga war. Sepanjang sejarahnya juga terdapat beberapa film yang memiliki banyak momen sedih. Hal ini berasal dari berbagai scene yang dapat mengundang air mata penonton, seperti meninggalnya salah satu karakter atau saat adanya sebuah scene perpisahan.

Adegan adegan sedih ini memang tidak diharapkan, namun justru hal itu yang membuat sebuah film menjadi dikenang mendalam oleh para penonton. Kesedihan dalam sebuah film akan membekas pada penonton, hingga kadang bisa menimbulkan jatuhnya air mata. Banyak memang film-film sedih yang bisa bikin nangis atau baper bagi penonton yang melihatnya.

Scene sedih ini bisa bervariasi, seperti perpisahan, meninggalnya karakter, pengorbanan, putus cinta, dan sebagainya. Penonton bisa merasakan kesedihan karena penyajian scene yang apik, akting pemain yang bagus atau mungkin karena scene tersebut sesuai dengan kehidupan nyata yang dirasakan oleh tiap orang.

Berdasarkan data yang kami himpun, telah terpilih 10 scene dalam sejarah film yang paling menyedihkan. Setengah di antaranya berasal dari film animasi, yang memang terkenal memiliki ikatan emosi yang kuat dalam film-filmnya, terutama untuk produksi Disney dan Pixar. Namun ada juga beberapa film live action yang masuk dalam list.

10 Momen Film Tersedih Sepanjang Masa


Berikut ini merupakan list lengkap mengenai adegan dan momen-momen film paling sedih sepanjang sejarah film dunia.

1. Up (2009)



Up merupakan salah satu film animasi terbaik. Inilah salah satu film animasi dan film secara umum yang memiliki salah satu momen paling menyedihkan. Up dibuka dengan opening yang sangat menyentuh. Sebuah 'life montage' atau dokumentasi perjalanan hidup Carl Fredericksen dan Ellie, mulai dari masa kecil hingga menikah. Keduanya juga bermimpi untuk bisa pergi ke Paradise Falls. Meski hanya berlangsung 10 menit, penonton akan disuguhi kisah keduanya sampai melewati masa-masa sulit hingga puncaknya Ellie meninggal. Salah satu sepuluh menit terbaik dan paling sedih dalam industri film.

2. Schindler's List (1993)



Film Schindler's List terkenal sebagai salah satu film perang terbaik. Bercerita tentang masa pembantaian kaum Yahudi oleh para Nazi di Polandia. Seorang pengusaha Nazi, Oskar Schindler (diperankan Liam Neeson) justru berusaha menyelamatkan para Yahudi dengan menampung hingga 1000 warga sebagai pekerja. Puncaknya saat perang akan berakhir dan Nazi kalah, Oskar Schindler menangis dan menyesal karena merasa masih bisa menyelamatkan lebih banyak lagi warga Yahudi lain yang tewas. Film ini diambil dari kisah nyata. Bahkan di akhir film menampilkan dokumentasi asli warga Yahudi yang bertahan sejak zaman perang yang diselamatkan dan mengunjungi makam Schindler.

3. Toy Story 3 (2010)



Semua sepakat jika ending Toy Story 3 masuk dalam list ini. Toy Story 3 menghadirkan scene yang sedih di akhir film, saat Andy berpisah dengan para mainannya, termasuk dua mainan utama, Woody dan Buzz. Moment menyedihkan saat Andy memainkan mainannya untuk terakhir kali bersama Bonnie, si pemilik baru. Andy kemudian pergi dengan mobilnya dan Woody mengucapkan salam perpisahan 'so long partner'.

4. The Green Miles (1999)



Film The Green Miles bercerita tentang kehidupan penjara khusus tawanan hukuman mati. Momen paling sedih ada di bagian akhir film saat eksekusi tahanan John Coffey dilakukan. Sang sipir yang diperankan Tom Hans serta petugas penjara lain pun tak bisa menyembunyikan air mata saat mengeksekusi John Coffey yang banyak membantu dengan 'kemampuan' nya.

5. The Iron Giant (1999)



Mungkin banyak yang belum tahu film The Iron Giant. Film ini bercerita tentang robot dari luar angkasa, Iron Giant yang kemudian 'berteman' dengan seorang anak bernama Hogarth. Meski begitu tentara nasional menganggap Iron Giant tersebut adalah ancaman. Puncaknya, para tentara meluncurkan rudal dan nuklir untuk menghancurkannya yang bisa menghancurkan seluruh kota. Iron Giant kemudian terbang dan mengorbankan dirinya meledak bersama nuklir untuk bisa menyelamatkan kota. Sesaat sebelum meledak, ia menganggap dirinya Superman, sesuai dengan yang Hogarth ceritakan padanya.

6. The Shawshank Redemption (1994)



Film The Shawshank Redemption termasuk salah satu film terbaik dan paling populer. Dalam film ini terdapat beberapa adegan sedih. Mulai dari adegan saat Andy melarikan diri dari penjara atau saat Red bertemu Andy pada akhir film. Namun satu yang paling diingat adalah saat Brooks memutuskan untuk gantung diri. Brook menghabiskan sebagian besar hidupnya dalam penjara sebagai penjaga perpustakaan. Ia kemudian bebas setelah 50 tahun berada di penjara. Brooks tidak mampu beradaptasi dalam dunia luar hingga ia memutuskan bunuh diri.

7. Harry Potter and the Deathly Hallows Part 2 (2011)



Banyak adegan yang mengundang air mata dalam seri film Harry Potter. Mulai dari saat Cedric meninggal dalam Goblet of Fire atau saat Sirius Black meninggal dalam Order of Phoenix. Belum lagi saat Dumbledore meninggal dilanjutkan para siswa dan guru mengangkat tongkat bersamaan ke langit sebagai tribute terakhir dalam Half-Blood Prince. Selain itu juga ada saat Dobby meninggal saat berusaha menyelamatkan Harry Potter dalam Deathly Hallows Part 1. Namun yang paling diingat ada pada Deathly Hallows Part 2 saat cerita asli Severus Snape terungkap, dimana ia mengorbankan dirinya selama ini untuk menyelamatkan Harry Potter hingga akhir hayatnya.

8. E.T The Extra Terrestial (1982)



Film E.T menjadi salah satu film paling berpengaruh dan juga salah satu film sci-fi terbaik. Film ini mengawali tren persahabatan manusia dan Alien yang datang ke Bumi yang banyak ditiru oleh film-film lain setelahnya. Sebuah adegan terakhir yang paling diingat adalah saat sang E.T (alien) berpisah dengan temannya, Eliott dan keluarganya.

9. The Lion King (1994)



Film The Lion King tercatat sebagai salah satu film animasi terbaik dan paling sukses. Kehadiran film ini di tahun 1994 menjadi gebrakan baru dalam film animasi. Salah satu sad moment ada pada film ini saat Simba berusaha membangunkan ayahnya, Mumfasa yang sudah tewas. Simba bahkan dituduh oleh pamannya, Scar bahwa kematian ayahnya akibat dirinya dan menyuruhnya untuk melarikan diri.

10. Toy Story 2 (1997)


Another Toy Story movie. Toy Story 2 menghadirkan salah satu momen paling sedih, yaitu saat menceritakan masa lalu Jessie. Penonton akan diajak melihat saat Jessie menjadi mainan milik seorang anak bernama Emily. Hingga kemudian Emily beranjak dewasa dan Jessie tidak pernah dimainkan lagi. Selang beberapa tahun, Jessie akhirnya disumbangkan dalam kotak donasi amal.

Momen film sedih dan bikin nangis lainnya :


  • Wall-E, scene terakhir Wall-E dan Eve
  • Saving Private Ryan, scene Captain Miller meninggal dan ending film
  • Million Dollar Baby, ending scene
  • Wreck-It Ralph, scene Ralph mengorbankan diri
  • The Pianist, ending scene
  • Harry Potter and the Half-Blood Prince, tribute para siswa kepada Dumbledore
  • Titanic, adegan terakhir Jack dan Rose
  • Grave of Fireflies, ending scene
  • Harry Potter and the Deathly Hallows Part 1, kematian Dobby
  • Armageddon, scene pengorbanan diri

Nah itulah artikel info film mengenai daftar 10 adegan dan scene film tersedih sepanjang masa yang paling menyedihkan. Daftar tersebut bersifat subyektif dan tiap individu tentunya akan memiliki pilihan masing-masing. Semoga info tersebut bisa bermanfaat. Jika punya pendapat lain silahkan tulis di kolom komentar.

3 Komentar untuk "10+ Momen Film Tersedih Sepanjang Masa yang Bikin Nangis"

  1. Anonim31/8/14

    film kingkong termasuk juga film tersedih

    BalasHapus
  2. Film shigatsu wa kimi na uso & kimi no nawa termasuk film sedih sepanjang sejarah...

    BalasHapus
  3. Film kingkong sedih woey!!!

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel