10+ Negara Terkorup di Dunia Terbaru (Update Tahun 2019)

Negara terkorup di dunia - Mungkin banyak yang bertanya-tanya urutan negara terkorup di dunia. Kebanyakan negara paling korup adalah negara berkembang atau negara termiskin di dunia, terutama di benua Asia dan Afrika. Lantas negara mana saja yang termasuk negara paling korup? Apakah Indonesia juga termasuk dalam daftar 10 negara terkorup di dunia saat ini?

Korupsi merupakan tindakan yang dilakukan untuk menyalahgunakan kepercayaan publik secara tidak wajar dan tidak legal untuk mendapatkan keuntungan secara sepihak. Korupsi bukan hanya melibatkan uang, namun juga aspek lain seperti jabatan atau kekuasaan. Di banyak negara, korupsi sudah menjadi suatu hal yang biasa dilakukan.

Tindakan korupsi biasa dilakukan oleh para petinggi negara, seperti presiden, menteri, atau pejabat pemerintahan lain. Indonesia termasuk salah satu negara dengan tingkat korupsi yang tinggi. Hal ini bisa dibuktikan dengan banyaknya kasus korupsi yang terjadi di Indonesia yang melibatkan banyak tokoh politik dalam negeri. Beberapa contoh kasus korupsi di Indonesia yang besar seperti kasus Bank Century, kasus Hambalang, kasus korupsi E-KTP, dan lain-lain.

Meski begitu, tak disangkat ternyata Indonesia bukanlah negara paling korup di dunia, atau bahkan di Asia. Berdasarkan data yang dirilis oleh lembaga Transparency International, terdapat 10 negara terkorup, yang kebanyakan berasal dari benua Afrika dan Asia. Indonesia memiliki indeks korupsi sebesar 38, atau menempati peringkat 91 negara terkorup.

Kebanyakan list negara terkorup di dunia ini ditempati oleh negara yang dalam kondisi konflik atau dalam masa transisi pemerintahan. Beberapa negara termiskin di dunia juga banyak yang masuk dalam urutan negara korupsi terbesar di dunia ini. Dalam peringkat 10 besar, kebanyakan berasal dari benua Asia dan Afrika, hanya Venezuela (benua Amerika) saja yang tidak berasal dari benua Asia atau Afrika.

(baca juga tugas KPK)

Negara Terkorup di Dunia

10 Negara Terkorup di Dunia


Berikut ini merupakan list 10 peringkat negara terkorup di dunia berdasarkan data Transparency International dengan melihat Corruption Perceptions Index (CPI) update terbaru saat ini.

1. Somalia


Negara Terkorup di Dunia

Negara apa yang jadi negara paling korup di dunia? Ternyata Somalia adalah negara terkorup di dunia saat ini. Indeks korupsi negara Somalia adalah 10. Somalia merupakan negara yang terletak di benua Afrika dan beribukota di Mogadishu. Struktur kenegaraan Somalia pun hampir tidak jelas dan dalam proses pembentukan Republik Federal.

2. Sudan Selatan


Negara Terkorup di Dunia

Negara Sudan Selatan merupakan salah satu negara dengan indeks korupsi terendah di dunia. Sudan Selatan terletak di benua Afrika dan beribukota di kota Juba. Sistem negara dari Sudan Selatan adalah republik. Indeks korupsi dari negara Sudan Selatan ini adalah 13.

3. Suriah


Negara Terkorup di Dunia

Suriah menjadi peringkat 10 dari negara terkorup di dunia. Negara yang sedang dilanda oleh perang saudara ini memiliki indeks korupsi sebesar 13, sama dengan Uzbekistan dan Turkmenistan. Suriah terletak di kawasan Asia Barat atau Timur Tengah. Ibukota Suriah ada di kota Damaskus, sementara bentuk pemerintahan Suriah adalah Republik.

4. Korea Utara


Negara Terkorup di Dunia

Urutan negara terkorup di dunia berikutnya adalah Korea Utara yang juga jadi negara terkorup di Asia. Negara ini berada di kawasan Asia Timur. Ibukota Korea Utara ada di kota Pyongnyang. Indeks korups dari negara Korea Utara adalah 14. Negara ini memang terkenal sebagai negara yang terisolasi. Sistem negara Korea Utara mengusung struktur diktator.

5. Yaman



Yaman adalah negara yang terletak di Asia Barat atau kawasan Timur Tengah. Negara ini memiliki indeks korupsi sebesar 14, membuatnya menempati peringkat 5 sebagai negara terkorup di dunia. Dalam beberapa tahun terakhir, Yaman juga dilanda konflik berkepanjangan yang membuat kondisi negara ini menjadi parah.

6. Sudan


Negara Terkorup di Dunia

Sudan termasuk salah satu negara terkorup di Afrika dan di dunia secara keseluruhan. Dengan indeks korupsi sebesar 16 menjadi indikator bahwa Sudan termasuk negara dengan kasus korupsi paling banyak di dunia. Negara ini berada di benua Afrika dan beribukota di Khartoum. Adapun struktur kenegaraan dari Sudan adalah republik federal.

7. Afghanistan


Negara Terkorup di Dunia

Negara lain yang termasuk negara korupsi terbesar di dunia adalah Afghanistan. Indeks korupsi dari negara Afghanistan adalah 16, termasuk cukup rendah. Negara ini mengusung struktur kenegaraan republik Islam. Afghanistan terletak di kawasan benua Asia. Sementara ibukota negara Afghanistan ada di kota Kabul.

8. Libya


Negara Terkorup di Dunia

Satu lagi negara Afrika yang masuk dalam urutan negara terkorup di dunia saat ini yaitu Libya. Negara ini adalah negara di kawasan Afrika Utara. Ibukota Libya adalah Tripoli. Indikator yang menyebabkan Libya termasuk negara paling sering korupsi adalah nilai indeks korupsi dari negara Libya sebesar 17.

9. Burundi



Burundi juga termasuk salah satu negara terkorup di dunia yaitu berada di peringkat 9. Indeks korupsi dari negara Burundi sebesar 17 membuat negara ini termasuk sebagai salah satu negara terkorup. Burundi sendiri merupakan salah satu negara miskin yang ada di benua Afrika.

10. Venezuela



Venezuela merupakan negara yang terletak di Amerika Selatan. Negara ini memiliki indeks korupsi sebesar 18, menjadikannya sebagai satu-satunya negara di peringkat 10 besar negara terkorup yang bukan berasal dari benua Afrika atau Asia. Kondisi negara Venezuela memang sedang dalam kondisi kacau dalam beberapa tahun terakhir.

Negara-negara terkorup lainnya dan indeks korupsinya :


  • Irak (Asia - 18)
  • Angola (Afrika - 19)
  • Republik Kongo (Afika - 19)
  • Chad (Afrika - 19)
  • Republik Demokratik Kongo (Afrika - 19)
  • Haiti (Afrika - 20)
  • Kamboja (Asia - 20)
  • Turkmenistan (Asia - 20)
  • Zimbabwe (Afrika - 22)
  • Uzbekistan (Asia - 23)
  • Mozambik (Afrika - 23)

Itulah info mengenai list peringkat 10 negara terkorup di dunia 2019 lengkap terbaru versi Transparency International. Data diambil dari berbagai aspek dan sumber terpecaya, dan diakumulasikan dalam indeks korupsi. Semakin kecil nilai indeks, maka semakin tinggi tingkat korupsi di suatu negara. Beberapa negara yang kerap dilanda konfilk seperti Somalia, Afganistan, Sudan atau Suriah masuk dalam list di atas.

Belum ada Komentar untuk "10+ Negara Terkorup di Dunia Terbaru (Update Tahun 2019)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel