25+ Negara Termiskin di Dunia 2018 Saat Ini [Update Terbaru]

10 negara termiskin di dunia 2018 - Untuk menentukan urutan negara termiskin di dunia, bisa dilihat dari kondis ekonominya. Indikator utama keadaan ekonomi suatu negara adalah pendapatan per kapita. Saat ini ada beberapa negara miskin dengan pendapatan per kapita, yang didominasi oleh negara-negara di benua Afrika.

Secara umum, negara-negara di dunia bisa dibedakan menjadi negara maju dan negara berkembang. Negara-negara maju merupakan negara dengan tingkat ekonomi finansial yang tinggi. Beberapa negara terkaya di dunia seperti Amerika Serikat, Jepang, Qatar, Prancis atau Singapura termasuk kategori negara maju.

Sementara negara berkembang merupakan negara yang masih dalam tahap perkembangan pembangunan dan infrastruktur. Negara-negara ini memiliki kondisi ekonomi yang relatif rendah, bahkan beberapa di antaranya masuk kategori negara miskin.

Negara-negara miskin ini memiliki pendapatan perkapita per tahun yang kecil. Tentu ada sederet faktor yang mungkin bisa mempengaruhinya, mulai dari kurangnya sumber daya (baik sumber daya alam maupun manusia), masalah konflik politik internal dalam negeri yang terjadi, negara dalam kawasan perang hingga faktor-faktor lain.

Di era modern masih banyak negara-negara miskin yang ada di dunia. Kebanyakan mungkin berasal dari benua Afrika dimana tingkat ekonomi dan infrastruktur yang masih kurang jika dibandingkan dengan negara asal benua Eropa.

(baca juga mata uang negara dunia)

10 Negara Termiskin di Dunia 2018


Apa sajakah negara termiskin di dunia? Berikut kami bagikan list 10 negara termiskin di dunia saat ini di tahun 2018 serta tambahan 15 negara miskin lain yang dihitung berdasarkan pendapatan per kapitanya update terbaru.

1. Republik Afrika Tengah


Pendapatan per kapita : US$ 652
Ibukota : Bangui
Benua : Afrika

Negara termiskin di dunia saat ini adalah Republik Afrika Tengah. Negara ini juga menjadi negara termiskin di Afrika. Pendapatan per kapita Republik Afrika Tengah diperkirakan sekitar 652 US dollar saja. Kebanyakan penduduk di negara ini hidup di daerah kumuh dan pedesaan.

Sektor penghasilan utama negara ini berasal dari ekspor berlian. Namun karena banyaknya aktivitas ilegal dari penjualan berlian ke luar negeri membuat pemerintah Republik Afrika Tengah hanya mendapat keuntungan kecil.

2. Republik Demokratik Kongo


Pendapatan per kapita : US$ 773
Ibukota : Kinshasa
Benua : Afrika

Peringkat 2 daftar negara termiskin di dunia adalah Republik Demokratik Kongo. Pendapatan per kapita negara ini diperkirakan hanyalah 773 US dollar saja, terendah kedua setelah Republik Afrika Tengah yang jadi negara termiskin.

Padahal Republik Demokratik Kongo memiliki sumber daya alam yang cukup melimpah. Namun ketidakmampuan pemerintah memanfaatkannya secara maksimal ditambah konflik militer membuat warga tidak mendapat keuntungan dari sumber daya yang ada.

3. Burundi


Pendapatan per kapita : US$ 814
Ibukota : Bujumbura
Benua : Afrika

Burundi menjadi negara termiskin ketiga di benua Afrika dan juga di dunia. Pendapatan per kapita dair Burundi adalah 814 US dollar saja. Bahkan menurut data IMF, diperkirakan sekitar 80% penduduk di Burundi hidup di bawah garis kemiskinan.

Sektor utama yang diandalkan di Burundi adalah sektor pertanian. Dalam beberapa tahun terakhir sebenarnya ada perkembangan ekonomi di negara Burundi, namun adanya konflik politik pemerintahan membuat ekonom Burundi seakan jalan di tempat saja.

4. Liberia


Pendapatan per kapita : US$ 855
Ibukota : Monrovia
Benua : Afrika
Liberia memiliki pendapatan per kapita sebesar 855 US dollar dan termasuk salah satu negara paling miskin di dunia. Negara di kawasan Afrika Barat ini memiliki tingkat pengangguran yang tinggi hingga mencapai 15% total penduduk.

Wabah penyakit ebola yang menyerang Liberia membuat ekonomi negara ini kian jatuh. Sektor pertanian yang diandalkan Liberia malah mengalami kemerosotan harga, membuat ekonomi di Liberia semakin terpuruk dari tahun ke tahun.

5. Niger


Pendapatan per kapita : US$ 1.107
Ibukota : Niamey
Benua : Afrika

Niger menempati urutan lima negara paling miskin di dunia jika melihat pendapatan per kapita negara ini sebesar 1.107 US dollar. Meski negara ini termasuk negara dengan wilayah yang luas, namun sebagian besar adalah wilayah gurun. 

Belum lagi ditambah fakta bahwa Niger tidak memiliki wilayah perairan yang bisa menjadi sumber daya. Kurangnya sumber daya alam jika dibandingkan negara lain menjadi faktor penting tingginya angka kemiskinan di Niger.

6. Malawi


Pendapatan per kapita : US$ 1.134
Ibukota : Lilongwe
Benua : Afrika

Malawi juga termasuk negara miskin di Afrika. Pendapatan per kapita Malawi adalah 1.134 US dollar. Keadaan ekonomi Malawi memang cukup parah dan diperkirakan lebih dari 80% penduduk Malawi merupakan warga miskin.

Negara ini juga cukup korup, bahkan karena itu bantuan dari asing pun sempat dihentikan karena skandal pemerintah dengan negara lain. Wabah penyakit dan bencana banjir pun membuat banyak penduduk yang tidak memiliki tempat tinggal layak.

7. Mozambik


Pendapatan per kapita : US$ 1.215
Ibukota : Maputo
Benua : Afrika

Peringkat 7 negara termiskin ditempati oleh Mozambik. Pendapatan per kapita Mozambik adalah 1.215 US dollar. Faktor utama miskinnya Mozambik adalah tingginya angka korupsi. Bahkan Mozambik termasuk salah satu negara terkorup di dunia.

Rendahnya infrastruktur serta sulitnya akses menuju air bersih menjadi indikator lain miskinnya negara ini. Kurangnya teknologi pertanian juga menyebabkan warga kurang maksimal dalam memanfaatkan lahan pertanian yang ada.

8. Guinea


Pendapatan per kapita : US$ 1.265
Ibukota : Conakry
Benua : Afrika

Dengan pendapatan per kapita sebesar 1.265 US dollar, Guinea termasuk negara miskin pula. Padahal jika melihat sumber daya alam yang tersedia, Guinea memiliki banyak sumber daya melimpah. Namun nyatanya pemerintah tidak bisa memanfaatkannya dengan baik.

Tingkat korupsi dari pejabat publik yang tinggi juga menjadi faktor lain. Belum lagi ditambah minimnya infrastruktur seperti air dan listrik, sehingga investor asing menjadi ragu-ragu untuk mau berinvestasi di Guinea.

9. Eritrea


Pendapatan per kapita : US$ 1.410
Ibukota : Asmara
Benua : Afrika

Satu lagi negara Afrika masuk kategori miskin yaitu Eritrea. Negara ini hanya memiliki pendapatan per kapita sebesar 1.410 US dollar. Meski terjadi pertumbuhan ekonomi dalam beberapa tahun terakhir, namun secara keseluruhan Eritrea tetap masuk deretan negara termiskin.

Sektor pertanian menjadi sektor utama dalam roda perekonomian Eritrea yang begitu dominan. Selain itu, warga Eritrea juga bergantung pada dana bantuan dari keluarga atau kerabat mereka yang ada di luar negeri.

10. Madagaskar


Pendapatan per kapita : US$ 1.505
Ibukota : Antananarivo
Benua : Afrika

Tidak banyak pendapatan per kapita Madagaskar, yaitu hanya 1.505 US dollar saja. Madagaskar sendiri adalah negara pulau yang terpisah dari dataran utama Afrika. Meski sumber daya yang dimiliki cukup, namun pengelolaan yang buruk membuat angka kemiskinan di Madagaskar cukup tinggi pula.

Sektor pertanian Madagaskar menjadi yang paling utama. Madagaskar juga dikenal sebagai penghasil teh, kapas dan padi. Meski begitu ekonomi Madagaskar masih lemah. Konflik politik dan pemerintahan juga berpengaruh pada rendahnya pendapatan Madagaskar.

25 urutan negara termiskin di dunia


  1. Republik Afrika Tengah (US$ 652)
  2. Republik Demokratik Kongo (US$ 773)
  3. Burundi (US$ 814)
  4. Liberia (US$ 855)
  5. Niger (US$ 1.107)
  6. Malawi (US$ 1.134)
  7. Mozambik (US$ 1.215)
  8. Guinea (US$ 1.265)
  9. Eritrea (US$ 1.410)
  10. Madagaskar (US$ 1.505)
  11. Komoro (US$ 1.529)
  12. Togo (US$ 1.550)
  13. Sudan Selatan (US$ 1.657)
  14. Gambia (US$ 1.667)
  15. Sierra Leone (US$ 1.672)
  16. Guinea-Bissau (US$ 1.730)
  17. Burkina Faso (US$ 1.782)
  18. Haiti (US$ 1.784)
  19. Kiribati (US$ 1.823)
  20. Afghanistan (US$ 1.919)
  21. Ethiopia (US$ 1.946)
  22. Zimbabwe (US$ 1.970)
  23. Kepulauan Solomon (US$ 1.973)
  24. Rwanda (US$ 1.977)
  25. Uganda (US$ 2.068)

Nah itulah info tentang list 10 daftar negara termiskin di dunia 2018 saat ini berdasarkan pendapatan per kapita negara terendah. Tentunya negara-negara tersebut masuk dalam daftar dikarenakan kondisi ekonomi yang memprihatinkan dan pendapatan per kapita yang rendah. Dibandingkan negara-negara tersebut, kondisi ekonomi Indonesia tentu masih lebih baik dan lebih stabil.

0 Response to "25+ Negara Termiskin di Dunia 2018 Saat Ini [Update Terbaru]"

Posting Komentar