30 Stadion Terbesar di Dunia dan Termegah Saat Ini [Update Terbaru]

Daftar 30 Stadion terbesar di dunia - Stadion sepakbola mana yang jadi stadion bola terbesar di dunia? Banyak stadion termegah di dunia dengan kapasitas tempat duduk terbanyak. Bukan hanya di Eropa saja, namun juga stadion terbesar di Asia dan wilayah lainnya. Berikut ini akan ditampikan urutan stadion terbesar di dunia yang paling megah dan mewah saat ini.

Dalam tiap olahraga yang diselenggarakan, terdapat venue khusus sebagai tempat bertanding. Stadion merupakan venue bagi pertandingan sepakbola. Keberadaan stadion sepak bola sangat penting bagi sebuah tim. Beberapa stadion terbaik di dunia juga memiliki fasilitas dan sarana terbaik, selain adanya lapangan sepakbola yang jadi komponen utama.

Stadion berfungsi sebagai markas dan home base klub tertentu. Tiap bermain di lapangan sendiri, tentunya menjadi keuntungan bagi sebuah tim karena akan dipenuhi oleh para fans dan penggemar. Tak heran banyak stadion terbesar dengan kapasitas tempat duduk penonton yang besar. Hal ini berguna untuk menampung banyak fans yang menonton secara langsung.

Terdapat beberapa stadion termegah di dunia dengan kapasitas tempat duduk yang banyak. Bahkan ada beberapa stadion termewah di dunia dengan kapasitas yang mencapai lebih dari 100 ribu. Meski benua Eropa menjadi pusat kekuatan sepakbola dunia, namun dalam list 10 besar, hanya ada 2 stadion saja yang masuk, yaitu Camp Nou (Barcelona) dan Wembley (timnas Inggris). 

Sementara stadion-stadion dari benua Asia, Afrika atau Amerika juga tidak kalah. Bahkan stadion kebanggan Indonesia yang juga menjadi stadion terbesar di Indonesia, yaitu Gelora Bung Karno masuk jajaran 30 stadion paling megah. Total kapasitas Stadion Gelora Bung Karno mencapai 76 ribu kursi, turun dari sebelumnya 88 ribu kursi setelah direnovasi.

Stadion terbesar di dunia saat ini adalah Stadion Rungrado 1 Mei di Korea Utara. Sementara stadion terbesar di Asia Tenggara diraih oleh Stadion Bukit Jalil di Malaysia. Ada juga beberapa stadion terindah di dunia dengan arsitektur bagus dan megah yang masuk dalam peringkat stadion terbesar di dunia berdasarkan total kapasitasnya.

Berikut ini kami tampilkan list 10 stadion terbesar di dunia dengan total jumlah kursi penonton paling banyak, baik di benua Eropa, Asia, Amerika, Afrika atau Australia (update terbaru).

30 Stadion Terbesar di Dunia Saat Ini


1. Stadion Rungrado 1 Mei


Lokasi : Pyongyang, Korea Utara
Kapasitas : 114.000 kursi
Pemilik : Timnas Korea Utara

Stadion Rungrado 1 Mei terletak di kota Pyongyang, Korea Utara. Nama lainnya adalah stadion May Day. Kapasitas tempat duduk stadion ini mencapai 114.000 kursi. Stadion ini digunakan oleh timnas Korea Utara. Selain itu stadion ini sering digunakan untuk pentas budaya dan festival kebangsaan di Korea Utara.

2. Melbourne Cricket Ground


Lokasi : Melbourne, Australia
Kapasitas : 100.024 kursi
Pemilik : Timnas Australia

Secara teknis, stadion ini utamanya digunakan untuk pertandingan olahraga cricket. Namun sesekali stadion ini juga digunakan untuk pertandingan sepak bola. Total kapasitasnya mencapai lebih dari 100.000 tempat duduk. Tim yang menggunakan stadion Melbourne Cricket Ground adalah timnas Australia.

3. Camp Nou


Lokasi : Barcelona, Spanyol
Kapasitas : 99.354 kursi
Pemilik : FC Barcelona

Camp Nou (dalam ejaan Inggris disebut Nou Camp) merupakan salah stadion terkenal di dunia. Stadion ini memiliki kapasitas tempat duduk 99.354 kursi, menjadikan Camp Nou sebagai stadion terbesar di Eropa. Stadion ini merupakan miliki Barcelona yang menjadi salah satu klub terbaik di dunia sebagai peserta La Liga Spanyol.

4. Soccer City Stadium


Lokasi : Johannesburg, Afrika Selatan
Kapasitas : 95.000 kursi
Pemilik : Timnas Afrika Selatan, Kaizer Chiefs

Soccer City stadium adalah stadion terbesar di benua Afrika. Letaknya ada di Johannesburg, Afrika Selatan. Nama lainnya adalah FNB Stadium dengan kapasitas sebesar 95 ribu kursi. Stadion yang pertama diresmikan pada tahun 1989 ini juga digunakan sebagai venue final Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan.

5. Stadion Rose Bowl


Lokasi : Pasadena, California, Amerika Serikat
Kapasitas : 92.542 kursi
Pemilik : Event Piala Dunia 1994

Dengan kapasitas sebesar 92.542 kursi, stadion Rose Bowl adalah stadion terbesar di benua Amerika. Lokasinya ada di Pasadena di negara bagian California di Amerika Serikat. Stadion ini bertipe multi-sport, artinya bisa digunakan pada berbagai jenis olahraga seperti sepak bola, atletik, american football dan lain-lain.

6. Wembley Stadium


Lokasi : London, Inggris
Kapasitas : 90.000 kursi
Pemilik : Timnas Inggris

Wembley memiliki kapasitas 90.000 menjadi stadion terbesar di Inggris dan terbesar kedua di Eropa. Stadion ini juga dijuluki New Wembley, karena dibangun menggantikan stadion Wembley yang lama yang dirobohkan di tahun 2003. Stadion Wembley yang baru ini diresmikan tahun 2007 dan rutin digunakan sebagai venue final Piala FA, final Piala Liga dan laga timnas Inggris.

7. Bukit Jalil


Lokasi : Kuala Lumpur, Malaysia
Kapasitas : 89.411 kursi
Pemilik : Timnas Malaysia

Stadion Bukit Jalil menjadi stadion terbesar di Asia Tenggara dengan kapasitas tempat duduk 89.411 kursi. Lokasinya berada di National Sport Complex di Kuala Lumpur, Malaysia. Pertama kali dibangun pada tahun 1998, stadion ini menjadi venue pertandingan timnas Malaysia dan klub Selangor FA.

8. Estadio Azteca


Lokasi : Mexico City, Meksiko
Kapasitas : 87.000 kursi
Pemilik : Timnas Meksiko, Club America

Estadio Azteca menjadi salah satu stadion paling bersejarah. Stadion ini terletak di Mexico City, Meksiko dengan total kapasitas tempat duduk sebanyak 87.000 kursi. Estadio Azteca menjadi stadion pertama yang dua kali menjadi venue pertandingan final Piala Dunia, yakni final Piala Dunia 1970 dan final Piala Dunia 1986.

9. Stadion Borg El Arab


Lokasi : Alexandria, Mesir
Kapasitas : 86.000 kursi
Pemilik : Timans Mesir

Stadion Borg El Arab ini terletak di kota Alexandria di negara Mesir. Kapasitasnya sebesar 86 ribu dan termasuk salah satu stadion termegah di dunia. Stadion ini sendiri baru diresmikan pada tahun 2007 lalu. Dengan view yang bagus, stadion Borg El Arab juga sering dianggap sebagai salah satu stadion terindah di dunia.

10. Salt Lake Stadium


Lokasi : Kolkata, India
Kapasitas : 85.000 kursi
Pemilik : Timnas India, East Bengal

Urutan stadion terbesar yang ke-10 ditempati oleh Salt Lake stadium. Stadion ini terletak di India, tepatnya di daerah Kolkata. Salt Lake stadium pertama dibangun pada tahun 1984 dan kini memiliki kapasitas tempat duduk 85.000 kursi, setelah sebelumnya sempat memiliki 110.000 kursi sebelum direnovasi. Stadion ini kini digunakan oleh timnas India dan East Bengal.

11. ANZ Stadium


Lokasi : Sydney, Australia
Kapasitas : 84.000 kursi
Pemilik : Western Sydney Wanderers

12. Signal Iduna Park


Lokasi : Dortmund, Jerman
Kapasitas : 81.360 kursi
Pemilik : Borussia Dortmund

13. Stade de France


Lokasi : Paris, Prancis
Kapasitas : 81.338 kursi
Pemilik : Timnas Prancis

14. Santiago Bernabeu


Lokasi : Madrid, Spanyol
Kapasitas : 81.044 kursi
Pemilik : Real Madrid

15. Stadion Luzhniki


Lokasi : Moscow, Rusia
Kapasitas : 81.006 kursi
Pemilik : Timnas Rusia

16. Stadion Shah Alam


Lokasi : Shah Alam, Malaysia
Kapasitas : 80.372 kursi
Pemilik : Selangor FA

17. Estadio Monumental


Lokasi : Lima, Peru
Kapasitas : 80.093  kursi
Pemilik : Club Universitario de Deportes

18. Stadio Giuseppe Meazza (San Siro)


Lokasi : Milan, Italia
Kapasitas : 80.018 kursi
Pemilik : AC Milan, Inter Milan

19. Guangdong Olympic


Lokasi : Guangzhou, China
Kapasitas : 80.012 kursi
Pemilik : Guangzhou Evergrande

20. Stade de Maryts


Lokasi : Kinshasa, Kongo DR
Kapasitas : 80.000 kursi
Pemilik : Timnas Kongo DR, Vita Club

21. Beijing National Stadium


Lokasi : Beijing, China
Kapasitas : 80.000 kursi
Pemilik : Beijing, China

22. Maracana Stadium


Lokasi : Rio de Janeiro, Brasil
Kapasitas : 78.838 kursi
Pemilik : Timnas Brasil, Flamengo, Fluminense, Botafogo, Vasco da Gama

23. Azadi Stadium


Lokasi : Tehran, Iran
Kapasitas : 78.116 kursi
Pemilik : Timnas Iran, Persepolis, Esteghlal

24. Stadion Gelora Bung Karno


Lokasi : Jakarta, Indonesia
Kapasitas : 76.127 kursi
Pemilik : Timnas Indonesia, Persija Jakarta

25. Ataturk Olympic


Lokasi : Istanbul, Turki
Kapasitas : 76.092 kursi
Pemilik : Timnas Turki

26. Old Trafford


Lokasi : Manchester, Inggris
Kapasitas : 75.731 kursi
Pemilik : Manchester United

27. Allianz Arena


Lokasi : Munich, Jerman
Kapasitas : 75.024 kursi
Pemilik : Bayern Munchen, TSV 1860 Munich

28. Jawaharlal Nehru Stadium


Lokasi : Kochi, India
Kapasitas : 75.000 kursi
Pemilik : Kerala Blasters

29. Stadion Naghsh-e-Jahan


Lokasi : Isfahan, India
Kapasitas : 75.000 kursi
Pemilik : Sepahan

30. Millennium Stadium


Lokasi : Cardiff, Wales
Kapasitas : 74.500 kursi
Pemilik : Timnas Wales

Nah itulah daftar 10 stadion terbesar di dunia dengan total kapasitas tempat duduk yang paling banyak saat ini. Selain itu banyak stadion lain dengan arsitektur yang bagus dan mewah. Tentunya venue di atas biasa digunakan untuk menyelenggarakan pertandingan-pertandingan level internasional, seperti Piala Dunia, turnamen kontinental atau liga domestik. Sekian berita bola terbaru kali ini.

0 Response to "30 Stadion Terbesar di Dunia dan Termegah Saat Ini [Update Terbaru]"

Posting Komentar