10 Palung Laut Terdalam di Dunia dengan Kedalaman Ribuan Meter

Pernahkah anda berfikir, berapakah kedalaman laut terdalam di dunia? Seperti diketahui bahwa dua-per-tiga wilayah bumi adalah perairan. Banyak lautan yang ada di muka bumi ini membentang di berbagai samudera. Permukaan bumi yang tidak rata memungkinkan adanya relief lautan yang memungkinkan terbentuknya palung lautan.

Secara umum palung adalah jurang yang berada di pasar laut. Palung merupakan depresi topografi sempit yang merupakan bagian terdalam dari lantai samudera. Palung samudra memiliki ciri khas yang berbeda dengan batas konvergen. Bisa diartikan jika sebuah palung merupakan titik terdalam dari suatu laut atau samudera.

Artinya untuk menentukan kedalaman laut terdalam di dunia, maka dihitung dari kedalaman tiap palung laut yang ada di wilayah perairan. Hal ini berbeda dari penentuan laut terluas di dunia yang lebih mudah. Kedalaman palung laut pun beragam, ada yang tidak terlalu dalam namun ada juga yang kedalamannya mencapai 10.000 meter di bawah permukaan laut.

Sebagian besar palung laut terdalam di dunia ini pun masih belum dieksplorasi oleh manusia. Misteri mengenai bawah laut memang masih belum dijamah semuanya, termasuk juga organisme dan makhluk hidup lautan yang diperkirakan hidup di palung laut terdalam.

Saat ini palung laut terdalam di dunia yang tercatat adalah Palung Mariana. Kedalaman palung terdalam di dunia tersebut mencapai 11.034 meter di bawah permukaan laut. Sementara laut terdalam di Indonesia adalah palung Jawa. Dengan kedalaman sejauh 7.725 meter di bawah permukaan laut, palung Jawa menjadi palung terdalam di Indonesia.

Kebanyakan palung terdalam di dunia memang terletak di kawasan Samudera Pasifik dan Samudera Atlantik. Banyak palung laut dalam dengan kedalaman ribuan meter di bawah permukaan laut yang ada di wilayah perairan tersebut.

10 Palung Laut Terdalam di Dunia

10 Palung Laut Terdalam di Dunia


Berikut ini merupakan urutan lautan terdalam di dunia yang didasarkan pada kedalaman palung terdalam di dunia dengan titik kedalaman lebih dari 8.000 meter di bawah permukaan laut lengkap beserta info dan penjelasannya.

1. Palung Mariana


Kedalaman : 11.034 meter
Bagian dari laut : Samudera Pasifik
Titik terendah : Challenge Deep

Palung Mariana merupakan bagian laut terdalam di dunia. Letak palung Mariana berada di sebela timur Kepulauan Mariana dan menjadi bagian dari Samudera Pasifik. Lokasi terdalamnya berada di kerak bumi dengan kedalaman sejauh 11.034 meter. Bahkan kedalaman palung ini lebih jauh dari ketinggian gunung tertinggi di dunia, Mount Everest di atas permukaan laut. Titik terdalam dari palung ini bernama Challenge Deep. Belakangan peneliti pun mengklaim bahwa terdapat kehidupan organisme makhluk hidup di palung Mariana ini.

2. Palung Tonga


Kedalaman : 10.882 meter
Bagian dari laut : Samudera Pasifik
Titik terendah : Horizon Deep

Palung Tonga menjadi palung yang ada di Samudera Pasifik yang berada di bagian barat daya. Bagian lautan ini menjadi laut terdalam di dunia yang kedua setelah Palung Mariana. Kedalaman palung Tonga ini sejauh 10.882 meter di bawah permukaan laut. Titik terdendah dari palung Tonga bernama Horizon Deep.

3. Palung Filipina


Kedalaman : 10.545 meter
Bagian dari laut : Samudera Pasifik
Titik terendah : Galathea Depth

Palung Filipina menempati peringkat tiga laut paling dalam di dunia. Kedalaman palung ini mencapai 10.545 meter di bawah permukaan laut. Letaknya berada di perairan bagian timur wilayah Filipina di Asia Tenggara. Titik terendahnya disebut Galathea Depth. Palung Filipina memiliki beberapa nama lain seperti Palung Mindanao dan Philippine Deep.

4. Palung Kuril-Kamchatka


Kedalaman : 10.542 meter
Bagian dari laut : Samudera Pasifik
Titik terendah : Vitiaz Deep

Palung Kuril-Kamchatka (biasa disebut Palung Kuril saja) merupakan salah satu palung di perairan Samudera Pasifik. Kedalaman palung ini adalah 10.542 meter, menjadikannya sebagai laut terdalam keempat di dunia. Letaknya di dekat pulau Kuril di dekat wilayah perairan Jepang.

5. Palung Kermadec


Kedalaman : 10.047 meter
Bagian dari laut : Samudera Pasifik

Palung Kermadec terletak di selatan Samudera Pasifik membentang di perairan dekat wilayah Selandia Baru. Kedalaman palung Kermadec sejauh 10.047 meter dan menjadi salah satu bagian lautan terdalam di dunia. Palung ini membentuk sistem kesatuan dengan palung Tonga menjadi subduksi sistem Tonga-Kermadec dengan panjang 2000 kilometer dari utara ke selatan.

6. Palung Jepang


Kedalaman : 10.375 meter
Bagian dari laut : Samudera Pasifik
Titik terendah : Tuscarora Deep

Palung Jepang terletak di bagian utara Samudera Pasifik dekat wilayah perairan Jepang. Kedalamannya mencapai 10.375 meter menjadi salah satu palung terdalam di dunia. Palung Jepang juga menjadi bagian dari sirkum api lautan Pasifik. Aktivitas di palung ini kerap menjadi penyebab bencana gempa bumi atau tsunami yang melanda Jepang.

7. Palung Izu-Ogasawara


Kedalaman : 9.810 meter
Bagian dari laut : Samudera Pasifik

Palung Izu-Ogasawara juga disebut sebagai palung Izu-Bonin. Bagian palung ini terdiri dari palung Izu di sebelah utara serta palung Bonin atau Ogasawara di sebelah selatan. Letaknya di perairan Jepang di sebelah barat Samudera Pasifik. Kedalaman palung ini sedalam 9.810 meter di bawah kedalaman laut.

8. Palung Puerto Rico


Kedalaman : 8.800 meter
Bagian dari laut : Samudera Atlantik
Titik terendah : Milwaukee Deep

Palung Puerto Rico menjadi palung terdalam di dunia yang tidak menjadi bagian dari Samudera Pasifik. Palung ini merupakan bagian dari Samudera Atlantik yang terletak di perbatasan Laut Karibia. Kedalaman maksimum palung ini berada 8.800 meter di bawah permukaan laut. Titik terdalamnya disebut Milwaukee Deep.

9. Palung South Sandwich


Kedalaman : 8.428 meter
Bagian dari laut : Samudera Atlantik
Titik terendah : Meteor Deep

Palung South Sandwich terletak di perairan Samudera Atlantik. Kedalaman palung ini sedalam 8428 meter di bawah permukaan laut. Palung ini menjadi palung terdalam kedua di Samudera Atlantik. Letaknya berada 100 km di sebelah timur pulau South Sandwich. Titik terendah dari palung South Sandwich bernama Meteor Deep.

10. Palung Atacema


Kedalaman : 8.065 meter
Bagian dari laut : Samudera Pasifik
Titik terendah : Richards Deep

Palung Atacema juga bisa disebut Palung Peru-Chile karena letaknya yang berdekatan dengan wilayah garis pantai negara Peru dan Chile di Amerika Selatan. Letaknya di sebelah timur Samudera Pasifik. Kedalaman maksimum palung Atacema adalah 8065 di bawah permukaan laut. Titik terendahnya disebut Richards Deep.

Nah itulah daftar 10 palung laut terdalam di dunia dengan kedalaman ribuan kilometer di bawah permukaan laut. Di luar 10 besar juga ada Palung Jawa dengan kedalaman 7.725 meter sebagai palung laut terdalam di Indonesia.

0 Response to "10 Palung Laut Terdalam di Dunia dengan Kedalaman Ribuan Meter"

Posting Komentar