10+ Gedung Tertinggi di Dunia | Bangunan Pencakar Langit Paling Tinggi

Gedung tertinggi di dunia - Terdapat banyak bangunan dan gedung tertinggi di dunia dengan ketinggian mencapai ratusan meter. Beberapa bangunan tertinggi di dunia biasanya berupa gedung perkantoran, hotel, penginapan, atau menara tertinggi yang terkenal dan berada di negara-negara maju dunia, baik di Eropa, Asia atau pun Amerika.

Negara-negara maju di dunia terus berlomba-lomba untuk memajukan infrastruktur yang ada di negara mereka. Tak heran jika tiap tahun banyak dibangun gedung-gedung pencakar langit. Beberapa jenis gedung yang dibangun juga bervariasi, seperti hotel, perkantoran, bisnis, pariwisata, hingga bangunan multi-fungsi lainnya.

Terdapat banyak bangunan-bangunan tinggi terkenal di dunia, sebut saja seperti Menara Eiffel di Prancis atau Gedung Empire State di Amerika. Beberapa menara tertinggi di dunia juga banyak dikenal. Namun nyatanya banyak bangunan lain yang jauh lebih tinggi dibanding bangunan-bangunan yang populer tersebut.

Predikat bangunan tertinggi di dunia saat ini masih disandang oleh Burj Khalifa. Burj Khalifa terletak di Dubai, Uni Emirat Arab yang memiliki ketinggian mencapai 828 meter dengan total jumlah 163 lantai. Selain itu ada juga banyak gedung tertinggi di dunia yang berasal dari China, dari kota-kota bisnis seperti Shanghai, Tianjin, Guangzhou, dan Beijing.

(baca juga 10 negara terkaya di dunia)

10 Gedung Tertinggi di Dunia dan Gambarnya


Lantas apa saja bangunan yang masuk dalam daftar bangunan tertinggi di dunia terbaru saat ini? Berikut akan kami tampilkan list 10 gedung pencakar langit tertinggi di dunia beserta gambar dan keterangannya, dengan memperhitungkan tinggi keseluruhan.

1. Burj Khalifa


Tinggi : 828 meter
Kota : Dubai
Negara : Uni Emirat Arab
Jumlah lantai : 163
Tahun diresmikan : 2010

Burj Khalifa masih dinobatkan sebagai bangunan tertinggi di dunia saat ini. Letaknya ada di kota Dubai, Uni Emirat Arab dan diresmikan pada tahun 2010 lalu. Ketinggian Burj Khalifa adalah 828 meter, dengan jumlah lantai sebanyak 163 lantai.

Bangunan ini didesain oleh arsitek Adrian Smith dan dibangun dengan biaya sebesar 1,5 miliar US dollar. Burj Khalifa pun digunakan dalam berbagai kegiatan dan keperluan, mulai dari perkantoran, bisnis, hotel, penginapan, pariwisata, industri, dan sebagainya.

2. Shanghai Tower


Tinggi : 632 meter
Kota : Shanghai
Negara : China
Jumlah lantai : 128
Tahun diresmikan : 2015

Bangunan tertinggi kedua di dunia adalah Shanghai Tower. Lokasi gedung ini terletak di kota Shanghai, China. Ketinggian Shanghai Tower adalah 632 meter, dengan jumlah lantai sebanyak 128 lantai. Bangunan ini diresmikan pada tahun 2015 lalu.

Shanghai Tower pun menjadi gedung tertinggi di China dan di kawasan Asia Timur. Arsitek bangunan ini adalah Jun Xia dan dibandung dengan biaya sebesar 15,7 miliar yen. Gedung ini digunakan untuk aktivitas bisnis dan perkantoran.

3. Abraj Al-Bait Clock Tower


Tinggi : 601 meter
Kota : Mekkah
Negara : Arab Saudi
Jumlah lantai : 120
Tahun dibangun : 2012

Abraj Al-Bait Clock Tower menjadi gedung tertinggi di Arab Saudi, dan menempati peringkat ketiga di dunia. Ketinggiannya mencapai 601 meter, dengan jumlah lantai sebanyak 120 lantai. Letaknya ada di kota Mekkah, Arab Saudi, dekat dengan Ka'bah dan diresmikan pada tahun 2012.

Menara ini merupakan bagian dari kompleks King Abdulaziz Endownment Project dengan gaya arsitektur post-modern dan new classical. Di tengah bangunan, juga terdapat Makkah Royal Clock Tower yang menjadi bangunan tertinggi dengan jam dinding raksasa.

4. Ping An Finance Center


Tinggi : 599 meter
Kota : Shenzhen
Negara : China
Jumlah lantai : 115
Tahun dibangun : 2017

Urutan empat peringkat gedung tertinggi di dunia adalah Ping An Finance Center. Ketinggiannya mencapai 599 meter dan diresmikan sejak tahun 2017. Gedung ini terletak di kota Shenzhen, China dengan jumlah lantai sebanyak 115 lantai.

Gedung ini memiliki tempat observasi paling tinggi dibanding gedung lainnya. Ping An Finance Center dimiliki oleh pihak perusahaan Ping An Life Insurance dan membutuhkan biaya 1,5 miliar US dollar untuk membangunnya.

5. Goldin Finance 117


Tinggi : 597 meter
Kota : Tianjin
Negara : China
Jumlah lantai : 128
Tahun dibangun : 2020

Goldin Finance 117 merupakan gedung tertinggi ke-5 di dunia, dan yang ke-3 di China. Letaknya di kota Tianjin, China. Ketinggian Goldin Finance 117 adalah 597 meter dengan jumlah lantai sebanyak 128 lantai. Bangunan ini diresmikan tahun 2020.

Gedung ini juga dikenal dengan sebutan China 117 Tower, dengan desain arsitektur yang unik. Kegunaan bangunan ini untuk aktivitas industri, bisnis, dan perkantoran, layaknya gedung pencakar langit tertinggi di dunia lainnya.

6. Lotte World Tower


Tinggi : 554 meter
Kota : Seoul
Negara : Korea Selatan
Jumlah lantai : 123
Tahun dibangun : 2016

Lotte World Tower merupakan gedung tertinggi di Korea Selatan, dan yang tertinggi ke-6 di dunia. Ketinggian bangunan ini adalah 554 meter dengan jumlah lantai sebanyak 123 lantai. Lotte World Tower terletak di kota Seoul, Korea Selatan dan diresmikan tahun 2016.

Bangunan ini menjadi bangunan tertinggi yang terletak di ibukota suatu negara. Lotte World Tower digunakan untuk keperluan perkantoran, retail, hotel, penginapan, perumahan, restoran, bisnis, industri, dan sebagainya.

7. One World Trade Center


Tinggi : 541 meter
Kota : New York City
Negara : Amerika Serikat
Jumlah lantai : 104
Tahun dibangun : 2014

One World Trade Center merupakan gedung tertinggi di Amerika Serikat serta menjadi gedung tertinggi selain di Asia. Jika ditotal, gedung ini menempati urutan ke-7 gedung tertinggi di dunia, dengan ketinggian 541 meter dan jumlah lantai sebanyak 104 lantai.

Lokasinya ada di kota New York City, Amerika Serikat, dan pertama diresmikan pada tahun 2014. Gedung ini juga dikenal sebagai Freedom Tower. One World Trade Center menjadi pengganti dari gedung World Trade Center (WTC) yang hancur akibat peristiwa September 2001.

8. Guangzhou CTF Finance Center


Tinggi : 530 meter
Kota : Guangzhou
Negara : China
Jumlah lantai : 111
Tahun dibangun : 2016

Peringkat 8 bangunan tertinggi di dunia adalah Guangzhou CTF Finance Center, dengan ketinggian sebesar 530 meter dan jumlah lantai sebanyak 111 lantai. Lokasi gedung ini ada di kota Guangzhou, China, dan pertama diresmikan pada tahun 2016.

Lokasi bangunan ini dekat dengan pusat bisnis di Guangzhou, dan dimiliki oleh Chow Tai Fook Enterprises. Hal unik lain dari bangunan ini adalah memiliki elevator tercepat di dunia, dengan kecepatan 20 meter per detik.

9. Tianjin CTF Finance Center


Tinggi : 530 meter
Kota : Tiajin
Negara : China
Jumlah lantai : 98
Tahun dibangun : 2018

Berikutnya ada Tianjin CTF Finance Center, yang terletak di kota Tianjin, China. Ketinggian Tianjin CTF Finance Center adalah 530 meter dengan jumlah lantai sebanyak 98 lantai. Bangunan ini pertama kali diresmikan pada tahun 2018.

Lokasi gedung ini cukup strategis karena ada di area teknologi dan ekonomi di Binhan New Area, Tianjin. Arsitektur gedung ini juga unik dan sangat futuristik. Gedung ini digunakan untuk keperluan perkantoran, penginapan, dan bisnis.

10. China Zun


Tinggi : 528 meter
Kota : Beijing
Negara : China
Jumlah lantai : 108
Tahun dibangun : 2018

Urutan gedung tertinggi di dunia yang ke-10 kembali ditempati gedung di China, yakni China Zen. Bangunan ini terletak di ibukota Beijing, China dan diresmikan sejak tahun 2018. Ketinggian China Zen adalah 528 meter dengan jumlah lantai sebanyak 108 lantai.

China Zen menjadi gedung tertinggi di Beijing. Terdapat 60 lantai untuk perkantoran, 20 lantai untuk apartemen mewah, dan 20 lantai untuk perhotelan dengan 300 kamar. Selain itu terdapat rooftop dengan area perkebunan di ketinggian 524 meter.

Bangunan Tertinggi di Dunia Lainnya : 


  • Taipei 101 (508 meter, terletak di Taipei, Taiwan)
  • Shanghai World Financial Center (492 meter, terletak di Shanghai, China)
  • International Commerce Centre (484 meter, terletak di Hong Kong)
  • Lakhta Center (462 meter, terletak di Saint-Petersburg, Rusia)
  • Landmark 81 (461 meter, terletak di Ho Chi Minh City, Vietnam)
  • Changsha IFS Tower T1 (452 meter, terletak di Changsha, China)
  • Petronas Twin Tower (451 meter, terletak di Kuala Lumpur, Malaysia)
  • The Exchange 106 (451 meter, terletak di Kuala Lumpur, Malaysia)
  • Zifeng Tower (450 meter, terletak di Nanjing, China)
  • Suzhou IFS (450 meter, terletak di Suzhou, China)
  • Willis Tower (442 meter, terletak di Chicago, Amerika Serikat)
  • KK100 (442 meter, terletak di Shenzhen, China)

Nah itulah info mengenai 10 bangunan dan gedung tertinggi di dunia saat ini update terbaru. Burj Khalifa masih memegang predikat bangunan tertinggi saat ini. Sementara itu juga banyak terdapat skyscrapper atau gedung pencakar langit di China atau Amerika Serikat. Sementara gedung tertinggi di Indonesia masih belum masuk dalam list di atas.

3 Responses to "10+ Gedung Tertinggi di Dunia | Bangunan Pencakar Langit Paling Tinggi"

  1. god job , menambah ilmu pengetahuan lagi nih thanks yah

    www.kedaisepatuku.com

    BalasHapus
  2. WTC bukannya udah runtuh ya...

    BalasHapus
  3. Anonim21/8/18

    menara eiffel ga masuk

    BalasHapus