10 Gunung Tertinggi di Indonesia Beserta Ketinggian dan Gambarnya

10 gunung tertinggi di Indonesia - Gunung merupakan sebuah bentuk dataran yang menonjol ke atas lebih tinggi dari daerah di sekitarnya. Sedangkan kawasan yang terdiri dari beberapa gunung disebut pegunungan. Gunung bisa ada karena adanya aktivitas teknonik atau vulkanik. Gunung banyak ditemui di sejumlah negara di dunia, baik itu gunung berapi yang masih aktif atau pun gunung mati yang sudah tidak aktif lagi.

Negara Indonesia merupakan salah satu negara yang banyak ditemui gunung-gunung. Secara geografis, Indonesia berada pada lempeng Eurasia dan lempeng Indo-Australia. Akibatnya banyak ditemui gunung api di negara Indonesia yang merupakan bagian dari Cincin Api Pasifik (Pacific Ring of Fire).

Sejumlah gunung api di Indonesia yang terkenal karena letusannya sempat menghebohkan dunia antara lain yaitu Gunung Krakatau dan Gunung Tambora. Sementara saat ini, beberapa gunung paling aktif misalnya yaitu Gunung Merapi, Gunung Kelut atau Gunung Sinabung yang dikenal karena aktivitas vulkaniknya sangat tinggi dan tak jarang menimbulkan korban jiwa akibat letusannya.

Terdapat banyak nama-nama gunung di Indonesia. Kebanyakan gunung-gunung di Indonesia terletak di pulau Jawa, Papua, Sumatera, dan Sulawesi. Beberapa memiliki ketinggian yang cukup tinggi dan banyak menjadi sasaran pendakian dari para penjelajah alam dari seluruh dunia.

(baca juga 10 gunung tertinggi di dunia)

10 Gunung Tertinggi di Indonesia


Untuk itu berikut ini akan kami tampilkan list 10 titik puncak tertinggi gunung tertinggi di Indonesia, beserta keterangan, ketinggian, lokasi, dan gambarnya.

1. Puncak Jaya

10 Gunung Tertinggi di Indonesia

Ketinggian : 4.884 meter
Lokasi : Provinsi Papua

Gunung tertinggi di Indonesia adalah gunung Puncak Jaya. Ketinggian Puncak Jaya mencapai 4.884 meter di atas permukaan laut. Lokasinya ada di provinsi Papua. Puncak Jaya termasuk dalam jajaran Barisan Sudirman. Gunung ini juga menjadi satu-satunya gunung di Indonesia yang diselimuti gletser salju.

Gunung ini juga dikenal dengan nama lain yaitu Nemangkawi, Gunung Soekarno atau Carstenz Peak. Pendakian pertama gunung ini tercatat dilakukan pada tahun 1935 oleh Colijn, Dozy dan Wissels asal Belanda. Puncak Jaya juga menjadi salah satu gunung tertinggi di Asia Tenggara.

2. Puncak Mandala


Ketinggian : 4.760 meter
Lokasi : Provinsi Papua

Urutan kedua gunung tertinggi di Indonesia adalah Puncak Mandala. Ketinggian gunung ini mencapai 4.760 meter di atas permukaan laut. Lokasi Puncak Mandala ada di provinsi Papua juga. Puncak gunung ini juga dikenal dengan nama Juliana Peak.

Puncak Mandala menjadi bagian dari jajaran Barisan Jayawijaya yang membentang di provinsi Papua. Adapun pendakian pertama di Puncak Mandala yang tercatat dilakukan pada tahun 1959 oleh Verstappen, Escher, Tissing, dan de Wijn dari Belanda.

3. Puncak Trikora


Ketinggian : 4.750 meter
Lokasi : Provinsi Papua

Peringkat 3 gunung paling tinggi di Indonesia adalah Puncak Trikora, dengan ketinggian gunung ini yang mencapai 4.750 meter di atas permukaan laut. Gunung ini dikenal juga dengan nama Wilhelmina Peak, dan letaknya juga ada di provinsi Papua, sama seperti Puncak Jaya dan Puncak Mandala.

Puncak Trikora termasuk bagian jajaran Pegunungan Maoke di Papua. Pendakian pertama Puncak Trikora dilakukan tahun 1913 oleh Herderschee, Hubrecht, dan Versteeg dari Belanda. Gunung ini dulu sempat dilapisi oleh salju, namun sudah mencair dan tidak ada lagi.

4. Gunung Ngga Pilimsit


Ketinggian : 4.717 meter
Lokasi : Provinsi Papua

Gunung Ngga Pilimist juga termasuk salah satu gunung Indonesia tertinggi. Lokasinya juga ada di provinsi Papua, dengan ketinggian yang mencapai 4.717 meter di atas permukaan laut. Gunung ini memiliki nama lain yakni Gunung Idenburg.

Gunung Ngga Pilimist juga masuk dalam barisan Pegunungan Maoke di Barisan Sudirman Barat. Lokasi gunung ini juga dekat dengan Puncak Jaya. Pendakian pertama gunung ini dilakukan pada tahun 1962 oleh tim asal Austria.

5. Gunung Kerinci

10 Gunung Tertinggi di Indonesia

Ketinggian : 3.805 meter
Lokasi : Provinsi Sumatera Barat dan Jambi

Urutan selanjutnya ada Gunung Kerinci, yang menjadi gunung tertinggi Indonesia selain di Papua. Lokasinya ada di perbatasan provinsi Sumatera Barat dan Jambi, sekaligus menjadikan gunung ini sebagai gunung tertinggi di Pulau Sumatera, dengan ketinggian mencapai 3.805 meter di atas permukaan laut.

Gunung ini juga disebut sebagai gunung Gadang, Berapi Kerinci, dan Puncak Indrapura. Kerinci termasuk bagian Pegunungan Bukit Barisan. Gunung Kerinci masih aktif sampai sekarang, sehingga menjadi gunung berapi tertinggi di Indonesia.

6. Gunung Rinjani

10 Gunung Tertinggi di Indonesia

Ketinggian : 3.727 meter
Lokasi : Lombok, Provinsi Nusa Tenggara Barat

Gunung Rinjani menjadi gunung tertinggi di kepulauan Nusa Tenggara. Ketinggian gunung Rinjani mencapai 3.727 meter di atas permukaan laut. Lokasinya ada di Lombok di provinsi Nusa Tenggara Barat, yang masuk dalam jajaran Kepulauan Sunda Kecil.

Gunung ini dikenal juga dengan istilah Gunung Barujari. Di bagian puncak Rinjani terdapat sebuah kawah danau bernama Segara Anak atau Anak Laut. Gunung Rinjani sering dianggap sebagai gunung terindah di Indonesia dengan pemandangan yang menakjubkan di puncaknya.

7. Gunung Semeru

10 Gunung Tertinggi di Indonesia

Ketinggian : 3.676 meter
Lokasi : Kabupaten Malang dan Lumajang, Jawa Timur

Gunung Semeru menjadi gunung tertinggi di Jawa. Ketinggian Gunung Semeru mencapai 3.676 meter di atas permukaan laut. Lokasi gunung ini ada di Taman Nasional Tengger Semeru yang terletak di perbatasan Kabupaten Malang dan Lumajang di provinsi Jawa Timur.

Gunung ini juga dikenal dengan istilah Mahameru. Terdapat kawah di puncaknya yang dikenal sebagai Jonggring Seloko. Gunung ini sering dikunjungi tiap tahunnya oleh wisatawan lokal dan asing. Pendakian pertama gunung Semeru dilaksanakan pada tahun 1838.

8. Gunung Sanggar


Ketinggian : 3.564 meter
Lokasi : Nusa Tenggara Barat

Peringkat gunung tertinggi di Indonesia kedelapan ditempati oleh Gunung Sanggar. Ketinggian gunung Sanggar ini mencapai 3.564 meter di atas permukaan laut. Letaknya terdapat di provinsi Nusa Tenggara Barat, sama seperti Gunung Rinjani.

Meski begitu berbeda dengan Gunung Rinjani yang terkenal dan banyak dikunjungi, Gunung Sanggar ini relatif masih belum banyak dikenal. Pemandangan di Gunung Sanggar masih relatif asri karena belum banyak dikunjungi.

9. Gunung Latimojong


Ketinggian : 3.478 meter
Lokasi : Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan

Gunung Latimojong memiliki ketinggian mencapai 3.478 meter di atas permukaan laut, menjadikannya gunung tertinggi di Pulau Sulawesi dan tertinggi ke-9 di Indonesia. Lokasinya terdapat di Kabupaten Enrekang, provinsi Sulawesi Selatan.

Gunung ini dikenal juga dengan nama Gunung Rantemario dan masuk dalam jajaran Pegunungan Latimojong di Sulawesi. Tiap tahun banyak pendaki yang mengunjungi gunung Latimojong atau Rantemario ini.

10. Gunung Slamet


Ketinggian : 3.432 meter
Lokasi : Purbalingga dan Banyumas, Jawa Tengah

Urutan gunung tertinggi di Indonesia ke-10 adalah Gunung Slamet. Gunung ini menjadi gunung tertinggi di Jawa Tengah, dan gunung tertinggi kedua di Pulau Jawa setelah Gunung Semeru. Ketinggian Gunung Slamet mencapai 3.432 meter di atas permukaan laut.

Letaknya terdapat di perbatasan 5 kabupaten di provinsi Jawa Tengah, yakni Purbalingga, Banyumas, Brebes, Tegal, dan Pemalang. Gunung ini masuk dalam kawasan wisata Baturraden. Sebutan lain dari Gunung Slamet ini adalah Gunung Agung.

Nah itulah info mengenai daftar 10 gunung tertinggi di Indonesia beserta ketinggian dan lokasinya lengkap. Puncak Jaya di Papua menjadi gunung tertinggi di Indonesia dan juga salah satu yang tertinggi di Asia Tenggara dengan ketinggian 4.884 meter di atas permukaan laut. Sedangkan Gunung Semeru menjadi gunung tertingi di Pulau Jawa.

0 Response to "10 Gunung Tertinggi di Indonesia Beserta Ketinggian dan Gambarnya"

Posting Komentar