Daftar Negara Maju di Benua Australia dan Oceania Lengkap

Negara maju di benua Australia - Benua Australia adalah benua terkecil di dunia dengan luas wilayah paling kecil. Benua Australia biasanya dianggap sama dengan kawasan Oceania yaitu negara-negara di perairan Samudera Pasifik. Terdapat negara maju di Australia atau Oceania, meski lebih banyak negara berkembangnya. Apa saja contoh negara maju di benua Australia dan kawasan Oceania saat ini?

Benua Australia dan kawasan Oceania adalah dua istilah yang berbeda, namun banyak yang menganggapnya sama karena letak dan lokasinya yang berdekatan. Terdapat banyak daftar negara di benua Australia dan Oceania, kebanyakan adalah negara kepulauan dan negara kecil yang berada di perairan Samudera Pasifik.

Kebanyakan memang hanya negara-negara kecil dengan jumlah penduduk sedikit dan tingkat perekonomian yang rendah, sehingga termasuk kategori negara berkembang di benua Australia. Meski begitu juga ada contoh negara maju di benua Australia.

Negara Maju di Benua Australia

Negara Maju di Benua Australia/Oceania


Secara umum, hanya ada dua negara maju di benua Australia. Keduanya adalah Australia dan Selandia Baru. Negara lain yang ada di kawasan Oseania memang kebanyakan adalah negara kecil yang terletak di pulau di perairan Samudera Pasifik. Karena itu kebanyakan adalah negara berkembang sehingga hanya ada 2 negara maju di Australia.

1. Australia


Ibukota : Canberra
Luas wilayah : 7,69 juta km persegi
Jumlah penduduk : 24 juta jiwa
Mata uang : Dollar Australia

Australia termasuk contoh negara maju di dunia yang terletak di benua Australia dan kawasan Oceania. Negara ini memiliki tingkat perekonomian yang baik dan masuk 20 besar negara dengan ekonomi terbesar. Australia juga memiliki pendapatan per kapita tertinggi ke-10 di dunia. Negara Australia juga menjadi salah satu negara dengan hutan terluas di dunia.

Selain ibukota Canberra, negara ini juga memiliki banyak kota besar yang maju dan canggih seperti Sydney, Melbourne, Perth, Adelaide dan Brisbane. Industri Australia mengandalkan sektor pertanian, peternakan, teknologi dan pertambangan. Bahkan Australia termasuk salah satu negara penghasil emas terbesar di dunia.

2. Selandia Baru


Selandia Baru atau New Zealand juga merupakan negara maju di Oceania. Secara geografis, Selandia Baru terdiri dari banyak pulau dengan 2 pulau utama, yaitu Pulau Utara dan Pulau Selatan. Sektor yang diandalkan dalam perkembangan ekonomi Selandia Baru adalah peternakan, industri dan juga pertanian.

Sektor pertanian memang jadi sektor industri utama dari negara ini, bahkan Selandia Baru bisa disebut sebagai negara agraris. Negara ini memiliki tingkat kesejahteraan tinggi di bidang kesehatan, pendidikan, ekonomi dan kualitas hidup.

Demikianlah penjelasan mengenai daftar negara maju di benua Australia dan zona Oceania lengkap beserta ibukota, penjelasan, alasan dan sektor industri yang diandalkan tiap negara. Sekian info update negara-negara di dunia kali ini.

0 Response to "Daftar Negara Maju di Benua Australia dan Oceania Lengkap"

Posting Komentar