10 Sungai Terpanjang di Dunia Beserta Letak Negaranya

Sungai terpanjang di dunia - Ada banyak daftar sungai di dunia, baik di Afrika, Asia, Eropa, Amerika atau Australia. Namun apakah sungai terpanjang di dunia? Dalam artikel in ini akan dibahas mengenai daftar urutan 10 sungai terpanjang di dunia berdasarkan aliran sungai yang paling panjang update terbaru.

Menentukan urutan sungai terpanjang di dunia tidaklah mudah. Terdapat beberapa perbedaan pendapat mengenai siapa yang menjadi sungai terpanjang. Ada dua sungai yang dikalim sebagai sungai terpanjang di dunia yaitu sungai Nil dan sungai Amazon. Beberapa ahli mengalami perbedaan pendapat mengenai mana yang paling panjang.

Namun berdasarkan kesepakatan paling umum, sungai terpanjang di dunia adalah sungai Nil yang juga menjadi sungai terpanjang di Afrika. Sementara sungai Amazon menjadi sungai terpanjang kedua di dunia, namun dikalim sebagai sungai terbesar di dunia berdasakran volume airnya dan salah satu sungai terluas di dunia berdasakran lebarnya.

Bagaimana dengan sungai terpanjang di Asia? Ada sungai Yangtze dari China yang menjadi sungai terpanjang di benua Asia. Sementara sungai terpanjang di Asia Tenggara adalah sungai Mekong yang menempati peringkat 12 dunia. Adapun sungai terpanjang di Indonesia adalah sungai Kapuas (1143 km) dan hanya menempati urutan 144 sungai paling panjang di dunia.

Berikut ini akan kami bagikan info daftar 10 sungai terpanjang di dunia berdasarkan panjang aliran sungainya. List didasarkan pada data panjang aliran sungai dan mencakup nama nama sungai di seluruh dunia dan disajikan beserta info benua, lokasi dan negara yang dialiri, akhir aliran sungai serta gambar sungai tersebut.

10 Sungai Terpanjang di Dunia


1. Sungai Nil

Sungai Terpanjang di Dunia Sungai Nil

Panjang :6853 km
Benua : Afrika
Negara : Mesir, Sudan, Sudan Selatan, Ethiopia, Uganda, Kongo, Kenya, Tanzania, Rwanda, Burundi, Eritrea
Akhir aliran sungai : Laut Mediterania

Sungai terpanjang di dunia terletak di benua afrika yaitu Sungai Nil (Nile River), meski ada pendapat lain yang mengatakan bahwa Amazon adalah yang terpanjang. Sungai ini dikalim memiliki panjang 6853 kilometer dan juga menjadi sungai terpanjang di Afrika. Terdapat beberapa negara yang dilalui oleh sungai Nil, namun 2 negara dengan sumber aliran yang paling utama adalah Mesir dan Sudan.

2. Sungai Amazon

Sungai Terpanjang di Dunia Sungai Amazon

Panjang : 6400 km
Benua : Amerika Selatan
Negara : Brasil, Kolombia, Peru
Aliran akhir sungai : Samudera Atlantik

Sungai terpanjang di dunia yang kedua adalah sungai Amazon dengan panjang 6400 kilometer. Beberapa sumber menyatakan bahwa Amazon adalah sungai terpanjang di dunia, meski secara umum para ahli sepakat bahwa sungai Nil sedikit lebih panjang. Sungai ini juga menjadi sungai terpanjang di benua Amerika, tepatnya di Amerika Selatan. Sungai Amazon juga menjadi sungai terbesara di dunia berdasarkan volume airnya.

3. Sungai Yangtze


Panjang : 6357 km
Benua : Asia
Negara : China
Aliran akhir sungai : Laut China Timur

Urutan sungai terpanjang di dunia berikutnya adalah sungai Yangtze. Sungai Yangtze ini juga menjadi sungai terpanjang di Asia dengan panjang mencapai 6357 kilometer. Letak keseluruhannya berada di China, menjadikan sungai ini sebagai sungai terpanjang yang ada di 1 negara saja. Aliran sungai ini berakhir di perairan Laut China Timur.

4. Sungai Mississippi


Panjang : 6257 km
Benua : Amerika Utara
Negara : Amerika Serikat
Akhir aliran sungai : Teluk Meksiko

Sungai Mississippi menjadi sungai terpanjang di Amerika Utara, khususnya di negara Amerika Serikat. Panjang sungai Mississippi adalah 6257 kilometer. Keseluruhan sungai ini berada di negara Amerika Serikat dan mengalir melewati beberapa negara bagian seperti Kentucky, Tennesse, Mississippi, Louisiana, Missouri, Arkansas, Wisconsin, Iowa, Minnesota dan Illinois

5. Sungai Yenisei


Panjang : 5539 km
Benua : Asia
Negara : Rusia, Mongolia
Akhir aliran sungai : Laut Kara

Dengan panjang 5539 kilometer, sungai Yenisei merupakan sungai terpanjang di benua Asia yang kedua dan yang terpanjang kelima di dunia. Sungai ini mengalir melalui negara Rusia dan Mongolia. Aliran sungainya berakhir di Laut Kara. Sistem aliran sungainya meliputi sungai Angara dan sungai Selenge.

6. Sungai Kuning (Yellow River)


Panjang : 5464 km
Benua : Asia
Negara : China
Akhir aliran sungai : Laut Bohai

Yellow River atau sungai Kuning menjadi salah satu sungai terpanjang di Asia dan di dunia. Panjang sungai Kuning adalah 5464 kilometer. Sungai ini terletak di negara China. Awalnya sungai ini bernama Huang He, namun kini lebih dikenal sebagai Yellow River. Sungai ini menjadi salah satu sungai bersejarah di China.

7. Sungai Ob


Panjang : 5410 km
Benua : Asia
Negara : Rusia
Akhir aliran sungai : Teluk Ob

Sungai Ob memiliki panjang aliran 5410 kilometer. Letaknya berada di Rusia dan kawasan Siberia. Aliran akhirnya menuju Teluk Ob di Samudera Arktik. Sungai ini menjadi satu sistem aliran dengan sungai Irtysh dan menjadi satu dari 3 sungai terbesar di kawasan Siberia.

8. Sungai Parana


Panjang : 4880 km
Benua : Amerika Selatan
Negara : Argentina, Brasil, Paraguay
Akhir aliran sungai : Samudera Atlantik

Sungai Parana menjadi sungai terpanjang di Amerika Selatan yang kedua setelah sungai Amazon. Panjang sungai Parana adalah 4880 kilometer. Sungai ini mengalir melewati 3 negara yaitu Argentina, Brasil dan Paraguay. Sungai ini mengalir sampai perairan Rio de la Plata di Samudera Atlantik.

9. Sungai Kongo


Panjang : 4700 km
Benua : Afrika
Negara : Republik Demokratik Kongo, Angola, Zambia, Tanzania, Republik Kongo, Kamerun, Burundi, Rwanda, Republik Afrika Tengah
Akhir aliran sungai : Samudera Atlantik

Peringkat sungai terpanjang di dunia berikutnya adalah sungai Kongo (Congo River). Sungai ini memiliki panjang 4700 kilometer dan menjadi sungai terpanjang di benua Afrika kedua setelah sungai Nil. Sungai Kongo juga menjadi sungai terbesar kedua setelah Amazon jika dinilai berdasarkan volume airnya. Catatan lain dari sungai ini adalah sungai terdalam di dunia dengan kedalaman mencapai 220 meter.

10. Sungai Amur


Panjang : 4444 km
Benua : Asia
Negara : Rusia, China, Mongolia
Akhir aliran sungai : Laut Okhotsk

Sungai Amur menjadi salah satu sungai paling panjang di dunia yang terletak di benua Asia. Panjang sungai Amur adalah 4444 kilometer dan mengalir melewati Rusia, China dan Mongolia. Sungai ini juga disebut sebagai sungai Heilo Jiang dan menjadi satu aliran sungai dengan sungai Argun.

Nah demikianlah list daftar sungai terpanjang di dunia beserta letak negaranya yang paling panjang aliran airnya di seluruh dunia. List tersebut juga meliputi sungai terpanjang di Afrika, sungai terpanjang di Asia, sungai terpanjang di Amerika dan sungai terpanjang di Eropa. Sekian info top 10 sungai paling panjang di dunia kali ini.

0 Response to "10 Sungai Terpanjang di Dunia Beserta Letak Negaranya"

Posting Komentar