10 Komponen Kebugaran Jasmani Beserta Metode Latihannya

Komponen kebugaran jasmani - Kebugaran jasmani merupakan kemampuan melakukan aktivitas tanpa lelah dan masih memiliki sisa energi. Dengan melakukan latihan kebugaran jasmani tubuh akan menjadi sehat. Terdapat 10 komponen dan unsur-unsur kebugaran jasmani yang ada, tiap-tiap komponen memiliki metode latihan dan olahraga yang berbeda-beda pula.

Definisi dan pengertian kebugaran jasmani adalah kemampuan tubuh untuk melakukan berbagai aktivitas dengan baik tanpa mengalami kelelahan yang berarti. Dengan kata lain setelah melakukan kegiatan olahraga secara optimal, masih ada cadangan tenaga untuk melakukan aktivitas sehari-hari lainnya secara normal.

Manfaat kebugaran jasmani penting untuk membuat tubuh tetap sehat dan segar. Kita dapat menjaga berat badan tetap ideal, memperbaiki suasana hati, meningkatkan energi dan stamina, serta mencegah serangan berbagai penyakit, dengan cara melakukan latihan kebugaran jasmani yang rutin, berkala dan sesuai dengan kemampuan tubuh kita.

Dalam konteks kebugaran jasmani, terdapat 10 komponen utama yang harus diperhatikan. Unsur-unsur kebugaran jasmani ini penting dalam membentuk tubuh yang sehat dan bugar. Dibutuhkan metode latihan khusus untuk meningkatkan kemampuan pada tiap komponen kebugaran jasmani.

(baca juga macam-macam nama cabang olahraga)

Komponen Kebugaran Jasmani

10 Komponen Kebugaran Jasmani


Di bawah ini akan dibahas mengenai daftar 10 komponen kebugaran jasmani beserta pengertian dan metode latihannya.

1. Kecepatan (Speed)


Komponen kebugaran jasmani yang pertama adalah kecepatan atau speed. Pengertian kecepatan merupakan kemampuan seseorang dalam melakukan gerakan dalam periode waktu yang telah ditentukan dengan cepat.

Metode latihan kebugaran jasmani untuk meningkatkan kecepatan adalah melakukan sprint atau lari cepat dengan jarak 100 meter atau 200 meter, bisa juga dengan lari naik turun tangga secara berkala.

2. Kekuatan (Strength)


Berikutnya ada juga komponen kekuatan atau strength. Pengertian kekuatan dalam konteks kebugaran jasmani adalah kondisi tubuh dalam menggunakan otot untuk dapat mengeluarkan tenaga secara maksimal saat melakukan aktivitas fisik.

Metode latihan kebugaran jasmani untuk meningkatkan kekuatan adalah melakukan latihan angkat beban, push up, squat jump, back up, dan sebagainya.

3. Daya Tahan (Endurance)


Daya tahan atau endurance juga termasuk salah satu unsur-unsur kebugaran jasmani. Pengertian daya tahan merupakan kesanggupan dan kemampuan otot dalam menghasilkan kekuatan secara semaksimal mungkin dalam waktu yang cepat.

Metode latihan kebugaran jasmani untuk meningkatkan daya tahan adalah melakukan latihan lari jogging rutin, jalan sehat, atau senam secara teratur.

4. Kelenturan (Flexibility)


Unsur-unsur kebugaran jasmani selanjutnya adalah kelenturan atau disebut juga flexibility. Pengertian kelenturan adalah kemampuan tubuh manusia dalam menyesuaikan diri dengan berbagai gerakan yang memerlukan penguluran tubuh atau kelenturan.

Metode latihan kebugaran jasmani untuk meningkatkan kelenturan adalah melakukan latihan senam, yoga dan relaksasi, hip flexor, serta bisa juga dengan latihan berenang.

5. Reaksi (Reaction)

Reaksi atau reaction adalah kemampuan tubuh memberikan tanggapan dengan cepat terhadap rangsangan dari objek atau orang lain. Kemampuan reaksi yang cepat sangat dibutuhkan di beberapa jenis-jenis olahraga profesional.

Metode latihan kebugaran jasmani untuk meningkatkan reaksi adalah melakukan lempar tangkap bola serta permainan olahraga sejenis lainnya.

6. Kelincahan (Agility)


Kelincahan atau agility juga termasuk salah satu komponen kebugaran jasmani. Pengertian kelincahan adalah kemampuan tubuh dalam menyesuaikan gerakan dari satu posisi ke posisi lain seperti dari depan ke belakang atau dari kiri ke kanan.

Metode latihan kebugaran jasmani untuk meningkatkan kelincahan adalah melakukan lari secara zig zag, lari naik turun tangga secara berkala, serta latihan melompat dengan cepat.

7. Keseimbangan (Balance)


Berikutnya ada juga unsur keseimbangan atau balance. Adapun definisi keseimbangan adalah kemampuan tubuh dalam mengontrol syaraf dan organ tubuh sehinggap dapat mengendalikan kegiatan tubuh dengan baik.

Metode latihan kebugaran jasmani untuk meningkatkan keseimbangan adalah melakukan latihan berdiri dengan satu kaki, berdiri terbalik dengan menggunakan tangan serta berjalan di atas balok, kayu atau tali.

8. Ketepatan (Accuracy)


Unsur-unsur kebugaran jasmani selanjutnya adalah ketepatan atau accuracy. Pengertian ketepatan adalah kemampuan tubuh untuk melakukan gerakan dengan tepat. Beberapa aktivitas dan olahraga sangat membutuhkan kemampuan ini seperti menembak, golf, bowling, atau panahan.

Metode latihan kebugaran jasmani untuk meningkatkan ketepatan adalah melakukan latihan lempar bola ke dalam keranjang atau menembak dan memanah dari jarak jauh.

9. Koordinasi (Coordination)


Dalam konteks kebugaran jasmani, koordinasi atau coordination merupakan kemampuan tubuh manusia dalam mengintegrasikan beberapa gerakan cepat secara efektif. Kemampuan ini penting agar bagian-bagian tubuh kita bisa saling terkoordinasi satu sama lain dalam suatu aktivitas.

Metode latihan kebugaran jasmani untuk meningkatkan koordinasi adalah melakukan latihan juggling bola, latihan memantulkan bola ke dinding dan menangkapnya lagi, dan sebagainya.

10. Daya Otot (Muscular Power)


Daya otot atau muscular power adalah kemampuan seseorang untuk memaksimalkan kekuatan dalam periode yang singkat. Unsur ini juga kerap disebut sebagai daya ledak atau explosive power untuk memunculkan kekuatan maksimal dalam waktu tertentu.

Metode latihan kebugaran jasmani untuk meningkatkan daya otot adalah melakukan latihan vertical jump, latihan front jump, latihan side jump, dan sebagainya.

Nah itulah 10 komponen kebugaran jasmani beserta pengertian dan metode latihan yang dibutuhkan. Dengan melakukan metode latihan-latihan yang sesuai, maka kita bisa meningkatkan kemampuan kita di tiap-tiap komponen kebugaran jasmani di atas.

Belum ada Komentar untuk "10 Komponen Kebugaran Jasmani Beserta Metode Latihannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel