10+ Rekor Manusia Tertinggi di Dunia Sepanjang Sejarah dan Fotonya

Manusia tertinggi di dunia - Menjadi tinggi merupakan idaman bagi setiap orang dan penduduk di seluruh dunia. Dengan postur tubuh dan badan yang tinggi, maka otomatis seseorang akan memiliki suatu daya tarik yang lebih dari orang-orang yang lainnya yang mungkin lebih pendek. Selain itu tinggi badan yang ideal juga turut membantu seseorang dalam kehidupan sehari-hari, seperti dalam hal pekerjaan.

Namun apa jadinya jika tinggi badan seseorang tersebut menjadi sangat tinggi bahkan hingga melampaui batas normal kewajaran manusia pada umunya? Tentunya hal ini akan menjadi hal yang aneh dan unik. Di dunia, ada beberapa orang yang memiliki tinggi badan yang bisa dibilang ekstrem hingga mencapai lebih dari 2,5 meter.

Orang-orang ini memiliki tinggi badan yang tidak normal sehingga sering dijuluki manusia raksasa. Dengan postur yang telah kelewat batas tentu membuat orang-orang ini menjadi berbeda dari sekelilingnya. Umumnya orang-orang dengan tinggi super ini karena terkena gangguan gigantisme yang langka.

Sepanjang sejarahnya ada banyak orang-orang tertinggi di dunia. Beberapa di antaranya pun dicatat dan diakui oleh Guinness World Record. Namun banyak juga manusia tertinggi yang tidak dikenal dan tidak dicatat secara resmi. Selain itu banyak orang-orang tertinggi dari masa lalu yang tidak diketahui karena kurangnya dokumentasi yang tersedia.

(baca juga mobil terbesar di dunia)

Rekor Manusia Tertinggi di Dunia


Berikut ini akan kami tampilkan rekor 5 orang tertinggi di dunia sepanjang sejarah dengan postur super tinggi seperti raksasa yang pernah dicatat.

1. Robert Wadlow


Manusia Tertinggi di Dunia

Robert Wadlow mencatatkan namanya sebagai manusia paling tinggi di dunia dengan tinggi badan mencapai 272 cm atau 2,72 meter. Wadlow berasal dari kota Alton, Illinois, Amerika Serikat. Ia lahir pada tahun 1918 dan meninggal pada tahun 1940 di usia yang sangat muda, yaitu 22 tahun. Dengan postur tinggi besar menjulang, Robert Wadlow mencatatkan namanya dalam buku sejarah.

2. John Rogan



Posisi kedua ditempati oleh seorang pria bernama John Rogan. Dengan tinggi badan mencapai 267 cm atau 2,67 meter, ia sempat dinobatkan sebagai manusia tertinggi yang pernah ada sebelum kemudian dipecahkan oleh Robert Wadlow. John Rogan sendiri lahir pada tahun 1868. Ia kemudian meninggal pada tahun 1905 di usia yang ke 37 tahun.

3. John F. Carroll



Posisi tiga list ini ditempati oleh seorang laki-laki bernama John F. Carroll. Ia memiliki postur tubuh dengan tinggi 264 cm atau 2,64 meter. Ia dikenal sebagai salah satu orang tertinggi yang hidup di era 1960-an. John F. Carroll kemudian meninggal. Penyebab kematiannya diduga akibat menderita sakit yang dikarenakan adanya kelainan pada bagian tulang belakangnya.

4. Leonid Stadnyk



Tinggi badan Leonid Stadnyk mencapai 257 cm atau 2,57 cm. Pria asal Ukraina ini lahir pada tanggal 5 Agustus 1970 di Ukraina. Tingginya yang tidak normal ini awalnya disebabkan setelah dirinya menjalani sebuah operasi otak ketika umurnya baru 14 tahun. Operasi otak tersebut mengakibatkan munculnya tumor di kelenjar otaknya sehingga menghasilkan hormon pertumbuhan yang tidak terkontrol hingga ia menderita Acromegalic Gigantism. 

5. Edouard Beaupre



Edouard Beaupre dikenal sebagai salah satu orang tertinggi di dunia dengan total postur tubuh mencapai 252 cm atau 2,52 meter. Ia juga dikenal sebagai pegulat paling tinggi dan kuat di eranya. Beaupre juga sempat bergabung dengan tim sirkus Barnum and Bailey's Circus dimana ia menjadi pusat atraksi dari sirkus tersebut. Beaupre meninggal pada 3 Juli 1904.

6. Vaino Myllyrinne



Vaino Myllyrinne adalah salah satu manusia dengan postur luar biasa berikutnya. Ia memiliki tinggi badan sekitar 251 cm atau 2,51 meter. Myllyrinne dilahirkan pada tahun 1909. Ia kemudian wafat di usia 53 tahun pada tahun 1963. Sepanjang hidupnya, pria ini dikenal berkat postur fisik yang tinggi menjulang dan menjadi salah satu rekor di era hidupnya.

7. Sultan Kosen



Sultan Kosen merupakan pria yang menderita gangguan gigantisme sehingga tinggi badannya menjadai sangat tinggi. Tinggi badan Sultan Kosen mencapai 251 cm atau 2,51 meter. Pria kelahiran Turki ini juga memiliki tumor di dalam otaknya namun berhasil diangkat oleh para dokter. Sultan memegang predikat manusia tertinggi di dunia berdasarkan Guiness World Records pada 2011.

8. Vikas Uppal



Vikas Kumar Uppal merupakan pria asal India kelahiran 1986. Ia memiliki postur tinggi mencapai 251 cm atau 2,51 meter. Vikas Uppal pun dinobatkan sebagai orang tertinggi di India. Meski data ini bisa dibilang tidak valid, karena belum ada perhitungan resmi, namun nama Vikas Uppal sudah terkenal di seantero India.

9. Don Koehler


Manusia Tertinggi di Dunia

Posisi lima list ini ditempati oleh seorang bernama Don Koehler. Pria yang satu ini memiliki tinggi badan nyaris mencapai dua setengah meter atau lebih tepatnya sebesar 249 cm atau 2,49 meter. Don Koehler dilahirkan pada tahun 1925. Ia lalu meninggal pada tahun 1981 di usia 56 tahun. Postur tubuh Don Koehler yang tidak wajar dan ekstrem tersebut diduga karena adanya syndrome genetis yang menyerangnya.

10. Bernard A. Coyne



Bernard A. Coyne merupakan pria asal Amerika Serikat yang lahir pada tahun 1897. Postur tubuhnya mencapai 294 cm atau 2,49 meter. Hal ini diakibatkan karena ia menderita penyakit gigantisme infantile eunuchoidal, yang merupakan kondisi sangat langka yang biasa disebut sebagai sindrom kaki panjang. Ia lalu meninggal di usia 23 tahun karena pengerasan hati dan demam kelenjar.

Itulah info tentang list rekor 10 manusia tertinggi di dunia yang pernah tercatat sepanjang sejarah manusia. Kelima orang itu memiliki tinggi yang luar biasa ekstrem sehingga mereka tercatat masuk dalam sejarah dan rekor. Robert Wadlow masih tercatat sebagai orang tertinggi di dunia hingga kini dengan postur mencapai nyaris 3 meter. 

1 Komentar untuk "10+ Rekor Manusia Tertinggi di Dunia Sepanjang Sejarah dan Fotonya"

  1. kalo bandannya tinggi-tinggi gitu kebayang bikin rumah harus yang setinggi apa,

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel