18+ Film Misteri Terbaik Sepanjang Masa Paling Seru dan Keren

Film misteri terbaik - Film merupakan salah satu media berekspresi. Terdapat banyak genre film yang beredar, mulai dari action, drama, komedi atau horor. Salah satu genre film lain adalah misteri. Banyak film misteri terbaik yang telah beredar dari tahun ke tahun, baik film misteri klasik maupun film misteri terbaru. Unsur pembunuhan dan detektif menjadi tema yang kerap diangkat di tiap film misteri terbaik.

Secara umum, film misteri biasanya dikombinasikan dengan genre lain, seperti action, crime atau horor. Film dengan tema ini biasanya menceritakan tentang suatu hal yang masih tersembunyi dan belum diketahui. Nantinya dalam plot ceritanya akan coba dipecahkan hingga mencapai kemudian mencapai klimaks di akhir durasi film.

Dalam mystery movie, biasanya tokoh antagonis tidak akan langsung diungkap sejak awal, namun akan diberi beberapa petunjuk yang mengarah pada ending. Penonton akan disuruh untuk menebak teka-teki yang ada dalam film. Dalam film misteri barat, biasanya juga erat berkaitan dengan hal-hal seperti puzzle, detektif, pembunuhan atau polisi.

Sepanjang sejarah film terdapat banyak film dengan jenis ini yang cukup populer. Di era klasik misalnya terdapat sutradara Alfred Hitchcock yang gemar membuat film-film suspense misteri atau film misteri pembunuhan terbaik seperti Psycho, North by Northwest, Rear Window atau pun Vertigo. 

Sementara di era perfilman modern juga tidak kalah banyak, mulai dari film misteri terbaru dengan efek CGI canggih seperti Inception atau Sherlock Holmes, hingga film independen low-budget yang tak kalah bagus seperti Memento atau The Usual Suspect.

(baca juga rekomendasi film tentang hacker)

10 Film Misteri Terbaik Sepanjang Masa


Berikut ini akan kami tampilkan rekomendasi 10 film misteri terbaik sepanjang masa di dunia yang paling bagus dan paling populer dengan memperhatikan beberapa aspek tertentu.

1. Memento

Film Misteri Terbaik

Tahun : 2001
Sutradara : Christopher Nolan
Pemain : Guy Pearce, Carrie-Anne Moss, Joe Pantoliano, Mark Boone Junior

Memento layak disebut sebagai film misteri terbaik sepanjang masa. Film ini disutradarai oleh Christopher Nolan. Film ini bercerita tentang seorang yang mengidap masalah lupa ingatan sesaat (short-term memory) dan berusaha menemukan pembunuh istrinya dengan petunjuk di tato tubuhnya. Memento menghadirkan plot cerita yang sangat membingungkan karena dihadirkan dengan alur mundur (reverse chronologically). Untuk bisa memahami film ini sepenuhnya, disarankan menonton film ini minimal 2 kali.

2. Shutter Island

Film Misteri Terbaik

Tahun : 2010
Sutradara : Martin Scorsese
Pemain : Leonardo DiCaprio, Mark Ruffalo, Ben Kingsley, Emily Mortimer

Film ini juga menghadirkan unsur misteri yang nyata di sepanjang film. Shutter Island diarahkan oleh sutradara terkenal Martin Scorses dan dibintangi sejumlah aktor ternama seperti Leonardo DiCaprio dan Mark Ruffalo. Dari awal hingga akhir, penonton akan dibuat bertanya-tanya tentang kebenaran di balik hal-hal misterius yang ada sepanjang film Shutter Island. Film ini juga jadi salah satu film Leonardo DiCaprio terbaik.

3. The Usual Suspects

Film Misteri Terbaik

Tahun : 1995
Sutradara : Bryan Singer
Pemain : Kevin Spacey, Stephen Baldwin, Gabriel Byrne, Benicia Del Toro, Kevin Pollak

Salah satu film barat terpopuler di era 90an, yakni The Usual Suspects. Dengan poster ikonik dan beberapa scene memorable, film arahan Bryan Singer ini memang sangat terkenal bahkan hingga sekarang. Film ini juga menghadirkan karakter terkenal, yakni Keyser Soze serta memiliki beberapa quote populer. Jangan kaget juga dengan twist ending yang disajikan di akhir film The Usual Suspects.

4. Psycho

Film Misteri Terbaik

Tahun : 1960
Sutradara : Alfred Hitchcock
Pemain : Anthony Perkins, Vera Miles, John Gavin, Janet Leigh

Psycho menjadi salah satu film barat terbaik yang paling berpengaruh. Tidak hanya sebagai film misteri, film ini juga menjadi salah satu film horor terbaik. Unsur misteri-horror memang dihadirkan dalam film Psycho. Tak heran mengingat film disutradarai oleh Alfred Hitchcock yang terkenal lewat film suspense thriller-nya.

5. The Girl with the Dragon Tattoo

Film Misteri Terbaik

Tahun : 2011
Sutradara : David Fincher
Pemain : Daniel Craig, Rooney Mara, Christopher Plummer, Stellan Skarsgard

The Girl with the Dragon Tattoo dirilis di tahun 2011 dan merupakan remake dari film Swedia dengan judul yang sama yang dirilis di tahun 2009. Versi Hollywood ini diarahkan oleh David Fincher serta dibintangi oleh Daniel Craig dan Rooney Mara. Sinopsis film misteri ini bercerita tentang aksi detektif dalam mengungkap sebuah kasus pembunuhan di masa lalu.

6. Seven

Film Misteri Terbaik

Tahun : 1995
Sutradara : David Fincher
Pemain : Brad Pitt, Morgan Freeman, Gwyneth Paltrow, Kevin Spacey

Satu lagi film misteri 90an yang sangat terkenal berjudul Seven (biasa ditulis sebagai Se7en). Film ini mengambil tema Seven Deadly Sins sebagai tema dalam pembunuhan berantai yang ada dalam film. Kehadiran David Fincher sebagai sutradara serta Brad Pitt dan Morgan Freeman sebagai 2 cast utama menjadi jaminan kualitas bagus dari film Seven ini.

7. The Sixth Sense

Film Misteri Terbaik

Tahun : 1999
Sutradara : M. Night Shyamalan
Pemain : Bruce Willis, Haley Joel Osment, Toni Collette, Olivia Williams

The Sixth Sense menjadi film barat populer, terutama berkat twist ending mengejutkan yang ada di akhir film. Ya, film arahan M. Night Shyamalan ini memang sempat jadi pelopor twist ending berkat scene 5 menit terakhir dalam film yang begitu mengejutkan. Film ini juga dibintangi oleh Bruce Willis dan aktor cilik saat itu, Haley Joel Osmant.

8. Sherlock Holmes

Film Misteri Terbaik

Tahun : 2009
Sutradara : Guy Ritchie
Pemain : Robert Downey Jr, Jude Law, Rachel McAdams, Mark Strong

Siapa yang tak kenal sosok Sherlock Holmes? Karakter detektif fiksi ini kembali menyemarakkan layar lebar film bioskop lewat kehadirannya di film Sherlock Holmes di tahun 2009. Dalam film ini, Sherlock Holmes dibintangi oleh Robert Downey Jr. dan film ini disutradarai oleh Guy Ritchie.

9. Vertigo

Film Misteri Terbaik

Tahun : 1958
Sutradara : Alfred Hitchcock
Pemain : James Stewart, Kim Novak, Barbara Bel Geddes, Tom Helmore

Satu lagi film arahan Alfred Hitchcock dalam film ini, kali ini berjudul Vertigo. Film ini dibintangi oleh cast terkenal di era tersebut, yakni James Stewart, Kim Novak, Barbara Bel Geddes dan Tom Helmore. Vertigo menjadi salah satu film misteri terbaik sepanjang masa.

10. L.A. Confidential

Film Misteri Terbaik

Tahun : 1997
Sutradara : Curtis Hanson
Pemain : Kevin Spacey, Guy Pearce, Russell Crowe, Danny DeVito, James Cromwell

Menghadirkan nama-nama aktor ternama seperti Kevin Spacey, Guy pearce, Russell Crowe hingga Danny DeVito sudah menjadi kelebihan tersendiri dari film L.A. Confidential. Unsur misteri dalam film begitu terasa hingga bisa membuat penonton penasaran. Tak heran jika film tahun 1997 ini menjadi salah satu film misteri terbaik.

Film Misteri Terbaik lainnya :  

  • Gone Girl (2014)
  • The Maltese Falcon (1941)
  • Chinatown (1974)
  • Dial M for Murder (1954)
  • Zodiac (2007)
  • North by Northwest (1964)
  • The Third Man (1949)
  • Rear Window (1958)

Itulah info tentang rekomendasi film misteri terbaik yang paling seru dan paling populer. List tersebut ditentukan berdasarkan beberapa aspek, seperti jalan cerita, misteri yang ada, tokoh dan karakter, twist yang diberikan dan lain-lain. Sekian artikel film kali ini. Jika punya pendapat yang lain atau ada film misteri bagus lain yang tidak masuk dlaam list di atas, silahkan tulis di kolom komentar di bawah ini.

Belum ada Komentar untuk "18+ Film Misteri Terbaik Sepanjang Masa Paling Seru dan Keren"

Posting Komentar