5+ Nama-Nama Samudra di Dunia Beserta Luas dan Kedalamannya

Nama-nama samudra di dunia - Samudra merupakan laut yang sangat luas dan merupakan massa air asin yang sambung-menyambung meliputi permukaan bumi. Umumnya samudra dibatasi oleh benua ataupun kepulauan yang besar. Menurut KBBI, definisi samudera secara singkat adalah lautan. Terdapat 5 nama samudra di dunia, dimana samudra terbesar di dunia yang paling luas adalah Samudra Pasifik.

Luas samudra sangat besar, bahkan meliputi 71% luas permukaan bumi atau hampir 3/4 permukaan bumi secara keseluruhan. Total luas samudra mencapai 361 juta kilometer persegi, sedangkan volume atau isi samudra diperkirakan sekitar 1.370 juta km³. Adapun kedalaman rata-rata dari tiap samudra yang ada ada pada kisaran 3.790 meter di bawah permukaan laut.

Berdasarkan Organisasi Hidrologi Internasional, terdapat 5 nama samudra di dunia yang disepakati, di antaranya yakni Samudra Pasifik, Samudra Atlantik, Samudra Hindia, Samudra Arktik, dan Samudra Antartika. Samudra Pasifik menjadi samudra terluas di dunia, sedangkan Samudra Arktik menjadi samudra terkecil di dunia berdasarkan total luas areanya.

Dalam samudra juga terdapat wilayah lautan-lautan yang ada di dalamnya. Ada pula beberapa negara yang memiliki garis pantai di wilayah perairan samudra. Tiap-tiap samudra juga memiliki iklim yang berbeda-beda. Misalnya iklim di Samudra Arktik yang dekat wilayah kutub utara, jelas berbeda dengan iklim di Samudra Atlantik yang dekat wilayah khatulistiwa.

(baca juga 10 laut terluas di dunia)

Nama-Nama Samudra di Dunia


Berikut merupakan daftar 5 nama-nama samudra di dunia beserta luas samudra, letak atau lokasinya serta karakteristik lainnya.

Samudra Arktik


Luas area : 15.558.000 km persegi
Volume : 18.750.000 km³
Kedalaman rata-rata : 1.205 meter
Garis pantai : 45.389 km
Lokasi : Di belahan bumi utara, di wilayah Arktik Kutub Utara

Samudera Arktik merupakan salah satu nama samudra yang terletak di belahan bumi utara, tepatnya di wilayah Arktik, dekat dengan Kutub Utara. Beberapa pihak menganggap bahwa Samudra Arktik masuk kategori lautan. Samudra ini meliputi wilayah sebelah utara kawasan Eropa, Asia, dan Amerika Utara.

Luas area Samudra Arktik adalah 15,58 juta km persegi, menjadikannya sebagai samudra terkecil di dunia. Persentase luas Samudra Arktik hanya 4,3% dari keseluruhan total luas samudra yang ada di dunia. Selain itu dengan kedalaman rata-rata mencapai 1.205 meter, samudra ini juga menjadi samudra terdangkal.

Samudra Arktik memiliki iklim kutub yang ditandai dengan dingin sepanjang tahun dan sempitnya kisaran suhu tahunan. Suhu rata-rata sekitar -2° celsius. Beberapa negara yang berbatasan dan memiliki garis pantai di Samudra Arktik antara lain adalah Amerika Serikat, Kanada, Denmark, Islandia, Norwegia, dan Rusia.

Samudra Atlantik


Luas area : 85.133.00 km persegi
Volume : 310.410.900 km³
Kedalaman rata-rata : 3.646 meter
Garis pantai : 111.866 km
Lokasi : Sebelah timur benua Amerika, sebelah barat benua Eropa dan Afrika

Samudera Atlantik merupakan nama samudra yang memisahkan benua Amerika dengan benua Eropa dan Afrika. Nama Atlantik diambil dari mitologi Yunani 'Atlas'. Samudra ini memanjang dari belahan bumi utara ke belahan bumi selatan, terbagi dua oleh garis khatulistiwa menjadi Atlantik Utara dan Atlantik Selatan.

Luas area Samudra Atlantik adalah 85,13 juta km persegi, menjadikannya sebagai samudra terbesar kedua di dunia. Persentase luas Samudra Atlantik mencapai satu per lima dari keseluruhan total luas samudra yang ada di dunia. Kedalaman rata-ratanya mencapai 3.646 meter dengan total volume mencapai 310 juta km kubik.

Samudra Atlantik memiliki garis pantai yang tidak beraturan. Terdapat banyak negara yang memiliki garis pantai di Samudra Atlantik, yakni negara-negara di benua Afrika, Eropa, dan Amerika, termasuk negara di kawasan Karibia. Umumnya iklim di Samudra Atlantik adalah iklim tropis karena dekat dengan daerah khatulistiwa.

Samudra Pasifik


Luas area : 168.723.000 km persegi
Volume : 669.800.000 km³
Kedalaman rata-rata : 3.970 meter
Garis pantai : 135.663 km
Lokasi : Sebelah timur benua Asia dan Oceania, sebelah barat benua Amerika

Samudera Pasifik merupakan salah satu nama samudra yang memisahkan benua Asia dan Oceania dengan benua Amerika. Luas area Samudra Pasifik adalah 168,72 juta km persegi, menjadikannya sebagai samudra terbesar di dunia dengan total area paling luas. Persentase luas Samudra Pasifik hampir mencapai 50% dari keseluruhan total luas samudra yang ada di dunia, atau sepertiga dari total permukaan bumi. 

Dengan kedalaman rata-rata mencapai 3.970 meter, samudra ini juga menjadi samudera terdalam di dunia. Di samudra ini juga terdapat palung terdalam di dunia, yakni Palung Mariana, yang merupakan titik terendah di bawah permukaan laut yang diketahui. Volume air Samudra Pasifik juga mencakup 50% dari total volume lautan di dunia.

Samudra Pasifik terdiri dari sekitar 25 ribu kepulauan, kebanyakan di sebelah selatan garis khatulistiwa. Terdapat banyak lautan besar yang masuk wilayah samudra ini, seperti Laut China Timur, Laut Sulawesi, dan Laut Jepang. Terdapat banyak negara yang memiliki garis pantai di Samudra Pasifik, salah satunya adalah Indonesia.

Samudra Hindia


Luas area : 70.560.000 km persegi
Volume : 264.000.000 km³
Kedalaman rata-rata : 3.741 meter
Garis pantai : 66.526 km
Lokasi : Sebelah selatan benua Asia

Samudra Hindia merupakan nama samudra yang dibatasi oleh benua Asia di sebelah utara, oleh Semenanjung Malaya dan Australia di sebelah timur, serta oleh benua Antartika di sebelah selatan. Nama Hindia digunakan merujuk nama negara India, karena letak India yang memang berdekatan dengan wilayah Samudra Hindia.

Luas area Samudra Hindia adalah 70,56 juta km persegi, menjadikannya sebagai samudra terluas ketiga di dunia. Persentase luas Samudra Hindia mencapai 20% dari keseluruhan total luas samudra yang ada di dunia. Kedalaman rata-ratanya mencapai 3.741 meter dengan total volume mencapai 264 juta km kubik.

Ada banyak negara yang memiliki garis pantai di Samudera Hindia, termasuk Indonesia, Australia, Selandia Baru, India, Arab Saudi, Qatar dan Malaysia. Garis pantai Samudera Hindia mencapai 66.526 km. Beberapa lautan yang masuk di dalam wilayahnya adalah Laut Andaman, Laut Arab, Teluk Bengal, dan Laut Merah.

Samudra Antartika


Luas area : 21.960.000 km persegi
Volume : 71.800.000 km³
Kedalaman rata-rata : 3.270 meter
Garis pantai : 17.968 km
Lokasi : Di sekitar benua Antartika

Samudera Antartika bisa juga dikenal dengan sebutan Samudera Selatan (Southern Ocean). Samudra Antartika ini mengelilingi wilayah benua Antartika, sehingga dinamai Samudra Antartika. Samudera ini menjadi titik pertemuan dari 3 samudera besar lain, yakni Samudra Pasifik, Samudra Hindia, dan Samudra Atlantik.

Awalnya beberapa pihak pun menganggap bahwa Samudra Antatika merupakan perpanjangan wilayah dari 3 samudra tersebut, dan bukan termasuk samudra yang independen. Namun meski begitu, kawasan ini telah disepakati sebagai salah satu dari 5 samudra yang diakui lewat Organisasi Hidrologi Internasional pada tahun 2000. 

Luas area Samudra Antartika adalah 21,96 juta km persegi, dengan volume air mencapai 71,8 juta km kubik dan rata-rata kedalaman laut mencapai 3.270 meter. Samudra ini menjadi samudera terluas keempat atau terkecil kedua di dunia. Adapun garis pantai yang ada di wilayah perairan Samudra Antartika ini adalah 17.968 km.

Nah itulah penjelasan 5 nama-nama samudra yang ada di dunia beserta keterangan seperti luas area, volume air, kedalaman rata-rata, garis pantai, serta lokasi dan batas-batasnya. Secara umum memang terdapat 5 samudra di dunia yakni Samudra Pasifik, Samudra Atlantik, Samudra Hindia, Samudra Arktik serta Samudra Antartika.

Belum ada Komentar untuk "5+ Nama-Nama Samudra di Dunia Beserta Luas dan Kedalamannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel