45+ Jenis-Jenis Kucing Peliharaan Terpopuler dan Gambarnya

Jenis-jenis kucing di dunia - Kucing merupakan salah satu hewan peliharaan favorit di Indonesia. Banyak orang yang memelihara kucing. Kita bisa membeli kucing peliharaan di toko hewan atau langsung mengambil kucing liar di lingkungan dan dijadikan hewan peliharaan.

Cara perawatan kucing memang tidak terlalu susah, mencari makanan kucing pun bisa didapat di toko hewan atau dengan bahan makanan yang ada. Kucing juga termasuk binatang yang lucu dan menggemaskan. Tak heran jika banyak yang memelihara kucing.

Ada banyak jenis-jenis kucing di Indonesia yang jadi favorit. Di antaranya adalah kucing Persia, kucing Angora hingga kucing Siam. Tiap kucing juga memiliki harga yang berbeda-beda dan bisa mencapai jutaan rupiah untuk yang berkualitas.

Jenis-Jenis Kucing Peliharaan di Dunia


Berikut ini merupakan macam-macam kucing peliharaan terlucu dan terpopuler, baik di Indonesia maupun di dunia secara keseluruhan.

Kucing Persia


Jenis kucing Persia menjadi salah satu jenis kucing peliharaan terpopuler di Indonesia dan juga di dunia. Ras kucing ini berasal dari Iran. Karakter kucing Persia adalah pendiam, anggun, tidak terlalu aktif namun setia. Makanan yang dikonsumsi adalah makanan kering dan basah di toko hewan.

Bentuk fisik kucing Persia memiliki wajah yang bulat dan ukuran kaki pendek. Kucing Persia termasuk salah satu jenis kucing tercantik di dunia. Ada banyak jenis jenis kucing Persia seperti Persia Himalaya, Persia Medium, Persie Peaknose dan Persia Flatnose.

Kucing Turkish Anggora


Kucing Turkish Anggora biasa dikenal sebagai Kucing Anggora juga menjadi jenis kucing di Indonesia yang cukup populer. Jenis kucing ini jadi salah satu yang tertua di dunia yang asalnya dari Turki.

Kucing Angora dikenal sebagai kucing yang cantik, anggun dan cukup aktif. Ciri-ciri kucing Angora antara lain bulunya yang lebat serta bentuk kepala segitiga.

Kucing Himalaya


Jenis kucing Himalaya secara umum termasuk bagian dari jenis kucing Persia. Himalaya juga didapat dari persilangan kucing Persia dan Siamese. Ciri khas kucing Himalaya adalah bulunya yang tebal, hidung pesek serta matanya yang berwarna biru.

Kucing Himalaya dikenal sebagai kucing yang aktif, senang bermain dan tidak senang bermalas-malasan. Makanannya pun bisa dibeli di toko hewan terdekat.

Kucing Siam


Kucing Siam atau Siamese cat merupakan macam kucing asal Thailand. Jenis kucing ini dikenal memiliki sifat yang ramah, cerdas, lincah serta memiliki rasa ingin tahu yang besar. Kucing Siam cukup populer di seluruh dunia.

Kucing jenis ini termasuk ras kucing oriental. Ciri fisiknya adalah memiliki pola warna, tubuh yang ramping, ekor yang panjang serta warna mata adalah biru. Kucing Siamese lebih baik diberikan makanan basah.

Kucing Russian Blue


Seperti namanya, kucing Russian Blue asalnya berasal dari Rusia. Jenis kucing Russian blue memiliki ramput pendek dan mata berwarna hijau. Bulu kucing jenis Russian blue berwarna abu-abu kebiruan.

Kucing Russian Blue dikenal sebagai kucing yang cerdas. Ia juga cukup ramah dan gampang penasaran, namun juga cenderung pemalu pada sosok yang belum dikenal.

Kucing American Shorthair


Kucing American Shorthair berasal dari kawasan Amerika Utara. Seperti namanya, kucing American Shorthair dikenal memiliki bulu yang pendek. Ukuran badannya sedang sementara cakarnya cukup kuat.

Meski bulunya pendek, namun cenderung tebal. Hal ini untuk melindungi diri dari cuaca dingin yang sering terjadi di Amerika Utara. American Shorthair menjadi jenis kucing yang kuat, ramah dan pintar berburu pula.

Kucing Domestik/Kampung


Nah kalau jenis ini jelas tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Kucing ini bisa kita lihat lalu lalang di sekitar rumah dan lingkungan kita sehari-hari. Jenis ini disebut kucing domestik atau orang-orang lebih suka menyebutnya kucing kampung.

Kucing domestik umumnya memiliki karakter yang baik, mandiri, aktif dan ingatan tajam. Beberapa kucing mungkin agak liar, namun banyak yang lebih lembut dan jinak. Kucing domestik atau kucing kampung pun banyak dipelihara karena bisa didapatkan secara gratis di lingkungan kita.

Kucing Sphynx


Jenis kucing ini mungkin jadi salah satu jenis kucing terunik di dunia. Kucing Sphynx berasal dari Kanada. Nama Sphynx sendiri diambil dari patung singa-manusia di Mesir, karena bentuk wajah kucing ini mirip dengan patung Sphnyx.

Kucing ini dikenal sebagai kucing yang aktif, cerdas, manja dan setia. Ciri khas kucing Sphynx adalah memiliki leher panjang dan bulu pendek, bahkan seperti tidak memiliki bulu sama sekali meski sebenarnya ada bulu dan rambut halus yang tidak begitu tampak.

Kucing Bengal


Macam-macam kucing berikutnya adalah kucing Bengal. Kucing ini adalah keturunan ketiga dari hasil sebuah persilangan antara kucing ras American Shorthair dengan kucing kucing ras Asian Leopard.

Kucing Bengal cukup digemari di dunia karena sifatnya yang ramah dan jinak. Kucing ini termasuk kucing paling cerdas. Jenis kucing Bengal juga sangat menyukai air, berbeda dengan kebanyakan kucing yang malah benci air.

Kucing Egyptian Mau


Ras kucing Egyptian Mau menjadi salah satu ras kucing tertua di dunia. Sesuai namanya, kucing jenis ini berasal dari Mesir. Ciri khasnya adalah corak tutul yang ada di bulunya serta cukup sensitif pada perubahan suhu.

Kucing Egyptian Mau pun diklasifikasikan sebagai jenis kucing yang cukup langka. Kucing ini cukup bersahabat dengan manusia dan saat senang akan menggerakkan gerakan kaki ke atas dan ke bawah sehingga tampak seperti menari.

Kucing Abyssinan


Kucing Norwegian Forest


Kucing Maine Coon


Kucing Scottish Fold


Kucing Manx


Kucing British Shorthair


Kucing Japanese Bobtail


Kucing Ocicat


Kucing American Curl


Kucing Balinese


Kucing Cornish Rex


Kucing Devon Rex


Kucing Nebelung


Macam-Macam Kucing di Dunia lainnya


  • Savannah
  • Cheetoh
  • Peter Bald
  • Sailan
  • California Spangled
  • Ashera
  • Somalia
  • Chinchilla Longhair
  • Toyger
  • Anatolian
  • Bombay
  • Chausie
  • Asian Smoke
  • Ragdoll
  • Bobcat
  • Aphrodite
  • Nagamuffin
  • Burma
  • American Ringtail
  • Munchkin
  • Tonkinese
  • Exotic Shorthair


Nah itulah info macam-macam kucing berdasarkan ras dan jenisnya yang ada di dunia. Beberapa jenis kucing terpopuler di dunia contohnya adalah kucing Persia, kucing Turkish Angora dan kucing Siam. Sekian penjelasan jenis-jenis kucing di Indonesia dan dunia kali ini.

0 Response to "45+ Jenis-Jenis Kucing Peliharaan Terpopuler dan Gambarnya"

Posting Komentar