Arah Mata Angin dalam Kompas dan Peta Beserta Penjelasannya

Arah mata angin - Mata angin merupakan panduan yang digunakan untuk menentukan arah. Umumnya arah mata angin digunakan dalam kompas, navigasi, peta dan penunjuk arah lainnya. Kali ini akan dijelaskan apa saja arah-arah mata angin beserta keterangan dan penjelasannya.

Total terdapat 16 arah mata angin. Empat arah mata angin yang utama adalah utara (north), timur (east), selatan (south), dan barat (west). Ada 4 mata angin sekunder seperti timur laut, tenggara, barat daya, dan barat laut. Sebagai tambahan juga ada 8 arah mata angin tersier lainnya di sela-sela mata angin lainnya.

Tiap arah mata angin memiliki derajat kemiringan sendiri-sendiri. Ada banyak manfaat arah mata angin ini, misalnya untuk menunjukkan arah suatu lokasi, membantu dalam pelayaran, membantu penerbangan, memprediksi cuaca dan masih banyak lagi yang lainnya.

(baca juga nama-nama zodiak)

Arah Mata Angin

Arah Mata Angin


  1. Utara (0°)
  2. Timur laut (45°)
  3. Timur (90°)
  4. Tenggara (135°)
  5. Selatan (180°)
  6. Barat daya (225°)
  7. Barat (270°)
  8. Barat laut (315°)

Berikut adalah penjelasan lengkap 8 arah mata angin dalam kompas beserta derajatnya, arahnya dalam peta, bahasa Inggrisnya dan keterangan lainnya.

1. Utara

Derajat : 0°
Arah di peta : Atas
Bahasa Inggris : North

Utara merupakan salah satu arah mata angin dalam kompas. Dalam budaya barat, utara dianggap sebagai arah mata angin yang utama. Arah utara selalu menunjuk ke atas dalam peta dan petunjuk lain. Dalam navigasi, utara dinyatakan sebagai titik awal atau 0°. Utara berlawanan dengan arah selatan.

2. Timur Laut


Derajat : 45°
Arah di peta : Kanan atas
Bahasa Inggris : Northeast

Timur laut merupakan salah satu arah mata angin sekunder dalam kompas. Arah timur laut berada di antara arah utara dan timur, sehingga berada di bagian kanan atas dalam peta dan petunjuk lain. Dalam navigasi, timur laut dinyatakan sebagai arah 45°. Timur laut berlawanan dengan arah barat daya.

3. Timur


Derajat : 90°
Arah di peta : Kanan
Bahasa Inggris : East

Timur merupakan salah satu arah mata angin dalam kompas. Arah timur penting dalam perputaran bumi, salah satunya matahari yang terbit dari timur. Arah utara biasanya berada di sebelah kanan dalam peta dan petunjuk lain. Dalam navigasi, timur dinyatakan sebagai arah 90°. Timur berlawanan dengan arah barat.

4. Tenggara


Derajat : 135°
Arah di peta : Kanan bawah
Bahasa Inggris : Southeast

Tenggara merupakan salah satu arah mata angin sekunder dalam kompas. Arah tenggara berada di antara arah selatan dan timur, sehingga berada di bagian kanan bawah dalam peta dan petunjuk lain. Dalam navigasi, tenggara dinyatakan sebagai arah 135°. Tenggara berlawanan dengan arah timur laut.

5. Selatan


Derajat : 180°
Arah di peta : Bawah
Bahasa Inggris : South

Selatan merupakan salah satu arah mata angin dalam kompas. Arah selatan biasanya berada di sebelah bawah dalam peta dan petunjuk lain. Dalam navigasi, selatan dinyatakan sebagai arah 90°. Selatan berlawanan dengan arah utara.

6. Barat Daya


Derajat : 225°
Arah di peta : Kiri bawah
Bahasa Inggris : Southwest

Barat daya merupakan salah satu arah mata angin sekunder dalam kompas. Arah barat daya berada di antara arah selatan dan barat, sehingga berada di bagian kiri bawah dalam peta dan petunjuk lain. Dalam navigasi, barat daya dinyatakan sebagai arah 225°. Barat daya berlawanan dengan arah timur laut.

7. Barat


Derajat : 270°
Arah di peta : Kiri
Bahasa Inggris : West

Barat merupakan salah satu arah mata angin dalam kompas. Kata barat juga identik dengan budaya negara-negara western di bagian barat bumi. Arah barat biasanya berada di sebelah kiri dalam peta dan petunjuk lain. Dalam navigasi, barat dinyatakan sebagai arah 270°. Barat berlawanan dengan arah timur.

8. Barat Laut


Derajat : 315°
Arah di peta : Kiri atas
Bahasa Inggris : Northwest

Barat laut merupakan salah satu arah mata angin sekunder dalam kompas. Arah barat laut berada di antara arah utara dan barat, sehingga berada di bagian kiri atas dalam peta dan petunjuk lain. Dalam navigasi, barat laut dinyatakan sebagai arah 315°. Barat laut berlawanan dengan arah tenggara.

Arah Mata Angin Tersier


Selain 4 arah mata angin primer (utara, timur, barat, selatan) dan 4 arah mata angin sekunder (timur laut, tenggara, barat daya, barat laut), ada juga tambahan arah mata angin tersier sebagai berikut :

  • Utara Timur Laut (berada di antara utara dan timur laut)
  • Timur Timur Laut (berada di antara timur laut dan timur)
  • Timur Menenggara (berada di antara timur dan tenggara)
  • Selatan Menenggara (berada di antara tenggara dan selatan)
  • Selatan Barat Daya (berada di antara selatan dan barat daya)
  • Barat Barat Daya (berada di antara barat daya dan barat)
  • Barat Barat Laut (berada di antara barat dan barat laut)
  • Utara Barat Laut (berada di antara barat laut dan utara)

Nah itulah 8 arah mata angin dalam kompas beserta penjelasannya, derajatnya, arah di peta dan bahasa Inggrisnya. Ada 4 arah mata angin utama dalam kompas (utara, timur, barat, selatan) serta tambahan 4 arah mata angin sekunder tambahan lainnya.

              Belum ada Komentar untuk "Arah Mata Angin dalam Kompas dan Peta Beserta Penjelasannya"

              Posting Komentar

              Iklan Atas Artikel

              Iklan Tengah Artikel 1

              Iklan Tengah Artikel 2

              Iklan Bawah Artikel